Tips Agar Mudik Naik Pesawat Jadi Murah - Menjelang Hari Raya Lebaran, banyak orang yang sudah mulai mencari cara untuk bisa pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudaranya. Bagi kamu yang bekerja di luar kampung halaman, kamu pasti mengerti betul rasa bahagia yang akan terasa pada saat mudik nanti. Momen setahun sekali ini memang merupakan salah satu momen indah yang ditunggu-tunggu setiap orang, karena akhirnya mereka bisa bertemu dengan keluarganya yang sudah lama ditinggalkan untuk mencari nafkah. Namun ada satu hal yang sering menjadi masalah pada masa menjelang lebaran ini, yaitu biaya tiket transportasi yang mahal. Setiap orang pasti ingin sampai di kampung halaman secepat mungkin dan dengan ongkos semurah mungkin.

Salah satu transportasi yang bisa mengantar kamu dengan cepat adalah dengan naik pesawat, tapi cara ini juga seringkali ditolak karena harganya cenderung paling mahal dibanding jenis transportasi lainnya. Tapi sebenarnya kamu bisa loh mudik naik pesawat dan malah biayanya murah. Mau tau caranya? Baca terus ya.

1. Pesan Tiket Pesawat Dari Jauh Hari

Aktivitas mudik yang sudah kamu tunggu-tunggu ini hanya terjadi satu tahun sekali, kan. Jadi, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari terutama tentang transportasinya. Jangan membeli tiket pesawat ke kampung halamanmu ketika waktu mudik sudah hampir tiba. Segera beli minimal 1 setengah bulan sebelumnya kalau mau dapat tiket murah.

Tips yang satu ini memang sudah terbukti ampuh untuk membuat kamu mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Biasanya ketika masih jauh dari tanggal-tanggal high season atau musim liburan, maskapai penerbangan banyak memberikan promo-promo potongan harga untuk tiket pesawat. Jadi, kamu bisa mendapatkan harga yang murah untuk mudik nanti.

2. Pilih Rute Alternatif

Harga tiket pesawat ke kotamu mahal? Jangan khawatir, kamu masih tetap bisa pulang dengan harga murah kok. Caranya, pilih penerbangan ke kota lain yang harganya lebih murah dan pastinya terletak tak jauh dari kotamu. Dengan memilih rute alternatif ini, kamu memang harus menambah ekstra usaha, karena harus 2 kali atau lebih berganti transportasi, tapi jika harganya jadi lebih murah, mengapa tidak?

Biasanya hal ini terjadi jika kota kelahiranmu adalah kota tujan wisata. Jadi harga menuju ke kota itu dipatok lebih mahal dari kota-kota lainnya. Jika hal ini terjadi, ingat untuk memilih rute alternatif ya. Tapi kamu juga harus cerdik dalam melakukan ini, jangan sampai malah dengan cara ini, ongkos pulang kampungmu malah jadi semakin mahal.

3. Pilih Penerbangan Malam Atau Subuh

Nah, untuk tips yang satu ini pasti sudah gak asing lagi. Cara ini sangat ampuh kalo kamu mau pergi dengan harga tiket yang murah. Umumnya, maskapai penerbangan akan memberikan harga yang lebih murah untuk penerbangan pada jam-jam yang sangamalam atau bahkan subuh, karena tidak banyak orang yang mau pergi pada jam-jam itu, jadi harganya jadi lebih murah. Cara ini juga berlaku terutama pada saat musim mudik nanti. Meskipun jam berangkatnya tidak strategis, tapi ongkosmu bisa ditekan. Sepadan lah ya?

4. Rajin Mengecek Harga Di OTA

OTA atau Online Travel Agent adalah agensi perjalanan yang berbasis online. Saat ini, OTA sudah sangat menjamur, jadi kamu bisa mendapatkan banyak referensi harga hanya dengan menggunakan internet. Supaya bisa mendapatkan harga termurah, kamu harus sering mengecek beberapa OTA sekaligus, karena harga tiket pesawat bisa berubah-ubah kapan saja. Ketika harga tiket sedang murah dan pas kamu sedang mengecek, kamu tinggal klik dan segera lakukan pemesanan. Jadi murah deh harga tiketnya.

5. Pakai Penerbangan Full Service

Penerbangan full service biasanya menjadi pilihan terakhir ketika kita mau naik pesawat, karena harganya biasanya lebih mahal jauh dari penerbangan tarif rendah. Namun pada saat mudik, kamu harus ubah pola pikir itu dan jadikan penerbangan full service sebagai pilihan utama, karena harganya hampir sama atau bahkan sama dengan tiket tarif rendah.

Perbedaan antara penerbangan full service dan tarif rendah cukup signifikan. Umumnya, ketika naik pesawat, kita akan mendapatkan main service saja, yaitu kursi pesawat, bagasi, dan bagasi dalam kabin. Namun dengan penerbangan full service, kamu akan mendapatkan pelayanan tambahan berupa bacaan, entertainment, jumlah kilogram bagasi yang lebih besar, pokoknya lebih nyaman. Jadi, jika kamu memilih penerbangan full service, kamu bisa merasakan penerbangan yang ekstra nyaman dengan harga yang hampir atau benar-benar sama dengan harga penerbangan tarif rendah.

Tetap Hemat Di Saat Mudik

Harga segala sesuatu yang semakin mahal menjelang dan pada saat mudik nanti, kamu harus tetap bisa berhemat supaya kamu tidak kesusahan nantinya. Minimalisir pengeluaranmu dengan cara rajin membandingkan harga. Kamu harus lebih berusaha dan bersabar ketika akan mengeluarkan uangmu, sebelum kamu mengeluarkan uang, pastikan kamu sudah membandingkan harga tiket atau barang apapun itu ke berbagai tempat. Jika kamu sudah yakin bahwa itu yang paling murah, barulah kamu lakukan transaksi. Meski terkesan menyusahkan, namun dengan cara ini kamu jadi bisa tetap hemat di saat mudik. Kalau mau hemat, harus cermat.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: