Tips Hebat yang Bisa Membantu Anda Menjadi Pembicara Luar Biasa - Mungkin Anda merasa bingung tentang bagaimana seseorang bisa memberikan presentasi yang menarik di hadapan ratusan orang dengan mudah.

Kunci untuk membuat banyak orang tertarik adalah kemampuan Anda menceritakan sebuah kisah.

Kisah atau cerita yang disampaikan harus selaras dan berhubungan dengan semua orang. Pesan dan emosi yang disampaikan melalui sebuah cerita tidak akan pernah dilupakan oleh seseorang yang mendengarkannya.

Nah, sebelum Anda menceritakan kisah menarik di hadapan banyak orang dan menjadi pembicara yang hebat. Sebaiknya, lakukan 4 tips di bawah ini.

4 Tips Membantu Anda Menjadi Pembicara Luar Biasa

1. Mengetahui Siapa Audiens Anda

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan siapa saja yang menjadi audiens atau orang yang akan memperhatikan cerita Anda. Pertanyaan seperti ini harus menjadi yang pertama sebelum Anda mulai menyusun apa saja yang akan disampaikan.

Tidak mengetahui siapa yang akan dihadapi adalah jaminan bahwa Anda akan gagal saat berbicara.

Jangan sampai setelah di atas panggung dan berada di hadapan banyak orang, Anda baru mengetahui bahwa apa yang diberikan tidak selaras dengan audiens.

2. Menentukan Tema yang Akan Disampaikan

Memiliki tema adalah salah satu kiat yang banyak diabaikan saat akan melakukan presentasi.

Namun, saat Anda akan menceritakan sebuah kisah di hadapan banyak orang, penentuan tema menjadi kunci yang perlu dilakukan.

Tema adalah emosi yang ingin disampaikan kepada para audiens dan berhubungan dengan mereka.

Kombinasikan ide dan pesan yang akan disampaikan untuk menentukan tema yang akan dibicarakan kepada banyak orang.

3. Menggunakan Alat yang Tepat

Pembicara yang tidak efektif seringkali terus melihat ke arah laptop untuk memperbaiki sesuatu, atau demo yang mereka sampaikan memerlukan banyak kontrol manual, dan mereka terlalu sering menatap layar.

Ketahuilah bahwa apa yang Anda lakukan di atas sangat mengganggu audiens yang mendengarkan.

Jika Anda terus melakukan cara di atas, maka hal ini bisa mengurangi tingkat efektivitas cerita dan pesan yang akan disampaikan.

Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat saat akan berbicara di hadapan banyak orang. Jangan sampai alat yang digunakan mengganggu jalannya presentasi.

4. Ajak Orang Untuk Bertindak

Pembicara yang buruk adalah mereka yang mengakhiri kalimat tanpa adanya ajakan untuk bertindak dan melakukan sesuatu.

Sebaliknya, Anda harus bisa menceritakan kisah dengan baik dan menarik untuk selanjutnya melibatkan para pendengar agar mau melakukan apa yang Anda sampaikan kepada mereka.

Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa teknik komunikasi yang Anda lakukan berhasil adalah banyak orang yang bersedia untuk melakukan apa yang baru saja Anda sampaikan kepada mereka.

Menggunakan teknik storytelling dan menyampaikan pesan kepada para audiens adalah teknik komunikasi yang bisa membantu Anda menjadi seorang pembicara yang luar biasa.

Selain menerapkan 4 teknis di atas, Anda juga bisa meningkatkan skill komunikasi dengan beberapa cara tambahan.

Salah satu cara yang sangat kami rekomendasikan adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan di bidang public speaking dan komunikasi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: