Banyak masyarakat Indonesia dari berbagai kota di luar Jakarta berlomba untuk bermigrasi ke ibu kota. Hal ini terjadi sehubungan dengan anggapan bahwa ibu kota akan selalu memiliki masa depan yang lebih baik.

Sebagai ibu kota dari Indonesia, Jakarta tentunya memang memiliki banyak peluang yang ditawarkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ternyata hidup di ibu kota Jakarta tidaklah mudah, karena tentunya biaya hidup juga tergolong tinggi.

Maka dari itu, diperlukan pola hidup hemat yang wajib dimulai sejak kini agar penghasilan yang Anda dapat masih dapat ditabung untuk masa depan. Untuk cara berhemat, berikut adalah 4 tips hidup hemat di Jakarta yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari:

4 Tips Hidup Hemat di Jakarta

1. Menghemat Biaya Transportasi

Tips hidup hemat di Jakarta yang pertama berkaitan dengan transportasi. Banyak pilihan transportasi yang ditawarkan di ibu kota seperti; taksi, transportasi online, mikrolet, busway, kereta, bus umum, dan pilihan transportasi lainnya.

Jika Anda ingin berhemat mulailah untuk mencoba menaiki semua transportasi umum yang murah dan nyaman.

Dalam hal ini, kereta dapat menjadi pilihan pertama sebagai pilihan murah dan nyaman, karena selain cepat kereta juga terbilang cukup aman.

Contoh: jika bertempat tinggal di Jakarta Barat dan kemudian kantor Anda berada di Jakarta Pusat, maka Anda dapat menaiki kereta dari salah satu stasiun di Jakarta Barat kemudian turun di stasiun Jakarta Pusat.

Anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp5.000,00 untuk perjalanan pulang pergi. Lalu saat tiba di stasiun kemudian Anda dapat menaiki mikrolet untuk menuju ke kantor Anda.

Biasanya tarif mikrolet berkisar Rp2.000,00 – Rp5.000,00 tergantung seberapa jauh jarak yang akan dituju.

2. Menghemat Anggaran untuk Makanan

Biasanya makanan adalah salah satu hal yang akan menghabiskan porsi besar dari budget Anda.

Tentunya karena banyak sekali kuliner enak di ibu kota yang terkadang sangat disayangkan jika tidak dicicipi. Namun jika ingin hidup hemat di Jakarta, cobalah untuk menahan nafsu makan Anda kali ini.

Untuk berhemat, Anda dapat memasak makanan Anda sendiri dari rumah dan membawanya ke kantor.

Hal ini akan membuat budget makan dapat dihemat dengan mudah. Dengan memasak makanan sendiri, Anda mungkin hanya akan mengeluarkan sekitar Rp50.000,00 dalam sehari untuk biaya makan.

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah ada. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi yang menyediakan diskon untuk berbagai tempat makan.

Melalui voucher yang ditawarkan maka Anda dapat menikmati makan enak tanpa mengeluarkan budget yang berlebih. Dengan begitu, Anda bisa lebih hidup hemat di Jakarta, deh!

3. Tempat Tinggal

Jika Anda adalah seorang anak ranatu dan membutuhkan tempat tinggal di ibu kota, maka Anda dapat menghemat budget dengan memilih tempat tinggal berupa kost yang banyak tersedia di ibu kota. Pilihlah tempat kost yang cukup bagi Anda.

Cukup dalam artian di sini adalah sebuah tempat kost yang menyediakan sebuah ruangan dengan kasur, lemari, dan pendingin ruangan. Untuk fasilitas lain seperti Wi-Fi Anda dapat memanfaatkan fasilitas dari kantor Anda.

Gunakan tempat kost ini hanya sebagai tempat beristirahat pada malam hari, dan isi kegiatan Anda ditempat lain pada saat pagi hingga sore hari.

Di usia muda, jika Anda ingin menggapai sukses maka hal yang harus dilakukan adalah mencari berbagai peluang, koneksi, dan ilmu sebanyak mungkin.

Terkait dengan hal ini, maka Anda tidak perlu memiliki sebuah tempat kost dengan banyak fasilitas, karena Anda tentunya tidak akan menghabiskan banyak waktu hanya bersantai-santai di tempat kost bukan?

Memilih tempat kost yang hanya standard akan membantu Anda dalam menghemat budget.

4. Shopping

Jakarta memang menawarkan banyak sekali tempat-tempat pusat perbelanjaan yang dapat dikunjungi.

Apapun yang Anda cari, mungkin dalam sekejap akan Anda dapatkan dengan mencarinya di salah satu pusat perbelanjaan yang tersedia.

Namun, jika Anda ingin hidup hemat di Jakarta, tentunya sangat perlu untuk diketahui beberapa tips penting untuk dapat menghemat budget saat berbelanja.

Pertama, ketahuilah musim-musim dimana kebanyakan brand akan memberikan diskon yang besar untuk produknya. Biasanya akan sering sekali diadakan diskon besar-besaran menjelang lebaran maupun akhir tahun.

Musim-musim seperti inilah musim yang tepat jika Anda ingin berbelanja. Anda akan dapat menghemat budget dalam berbelanja dengan adanya diskon yang ditawarkan.

Kedua, mungkin belum Anda ketahui bahwa terkadang berbelanja online sekarang ini biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan berbelanja di toko offline.

Tips kedua jika Anda ingin menghemat budget dalam berbelanja, maka Anda dapat mulai kebiasaan untuk berbelanja online melalui platform-platform belanja online yang telah ada.

Nah, saat ini Anda sudah tahu bagaimana tips hidup hemat di Jakarta. Setelah menerapkan tips berhemat seperti di atas, maka tentunya akan lebih banyak uang yang dapat Anda tabung.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: