Semua orang pasti menginginkan liburan yang menyenangkan, di dalam maupun di luar negeri. Menikmati waktu bersama dengan teman-teman, keluarga, bahkan pasangan Anda.

Apalagi untuk mengusir penat setelah bekerja keras selama ini. Namun, kendala dana sering menjadi penghalang Anda untuk berlibur.

Eitss… Jangan sampai hal itu menjadi penghalang Anda untuk menikmati liburan yang sudah Anda idam-idamkan.

Anda harus pintar-pintar mengatur dana sekaligus menyusun rencana perjalanan liburan Anda secara matang. Nah, untuk itu berikut ini adalah 5 tips jitu untuk liburan hemat yang dapat Anda ikuti.

5 Tips Jitu Liburan Hemat

1. Rencanakan Liburan yang Diinginkan

Sebelum Anda memulai liburan Anda, sebaiknya Anda rencanakan dulu kemana, kapan, dengan siapa, berapa lama. Jika Anda sudah tahu lokasi liburan yang akan dituju sebaiknya Anda juga mencari tahu wisata apa saja yang terdapat disana.

Jangan lupa, Anda juga perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda juga perlu mencari tahu mengenai kuliner yang ada di lokasi tertuju.

Dan susun rencana perjalan Anda dari hari pertama sampai hari terakhir, manfaatkan semaksimal mungkin perjalanan Anda.

2. Hindari Tanggal Merah

Jika ingin liburan hemat, Anda harus menghindari high season. Karena tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal dibanding hari biasa.

Dan biasanya di masa-masa liburan, tempat wisata pun akan lebih penuh. Sehingga Anda beresiko kurang menikmati perjalanan Anda.

3. Persiapkan Akomodasi

Pilihlah penginapan yang nyaman dan sesuaikan dengan budget Anda. Sudah banyak pemesanan hotel secara online, dari aplikasi tersebut terdapat foto kamar, lokasi serta alamat, review orang-orang yang pernah singgah di penginapan tersebut, dan harganya pun sudah tertera.

Pilihlah penginapan yang tak jauh dari pusat kota dan dekat dengan lokasi transportasi umum. Agar memudahkan Anda untuk berwisata.

Cari di beberapa website berbeda, temukan harga yang sesuai dengan liburan hemat Anda, dan jangan lupa kenyamanan yang sesuai dengan Anda. Tak lupa manfaatkan promosi untuk memotong biaya.

4 Cari Tiket Promo

Jangan lupa manfaatkan promo tiket dan travel fair. Harga tiket perjalanan bisa jauh lebih murah, sehingga pengeluaran untuk tiket perjalanan dapat Anda alokasikan ke bagian yang lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Latihan Yoga Bisa Mengajarkan Anda tentang Uang? Ini 5 Bocorannya

Tak ada salahnya membeli tiket setahun sebelum perjalanan liburan Anda karena bisanya tiket tersebut akan lebih murah. Dan untungnya bagi Anda, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari tahu lokasi wisata dan kuliner di tempat tertuju.

5. Gunakan Transportasi Umum

Manfaatkan transportasi umum seperti kereta, bus, atau pun transportasi umum lainnya yang terdapat pada lokasi tersebut.

Karena Anda melakukan liburan hemat, sebisa mungkin hindari penggunaan taksi karena harga yang ditawarkan akan lebih mahal dibandingkan kereta ataupun bus.

Sebelumnya, Anda mencari tahu dulu rute dan transportasi apa saja yang harus Anda gunakan untuk menuju tempat wisata yang dituju sebisa mungkin Anda catat agar memudahkan selama perjalanan liburan hemat Anda.

Siapa bilang liburan hemat itu tidak mungkin dan tidak menyenangkan? Anda bisa kok menikmati liburan hemat asalkan Anda mengikuti tips-tips di atas. Dan semua terencana dengan matang.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Jika memang traveling adalah hobi Anda, perencanaan dana pun harus benar agar hobi Anda tersalur dan tetap bisa berjalan-jalan ke destinasi yang di impikan. Untuk itu Anda perlu menabung dan menyisihkan uang Anda untuk di investasikan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: