Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi - Anda mungkin merasa kesulitan untuk menyampaikan sudut pandang kepada pimpinan perusahaan atau rekan kerja.
Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi
Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi

Atau merasa sulit menghubungi teman dan berbicara dengan mereka tentang masalah yang penting. Hal yang Anda rasakan adalah membuat orang lain sulit memahami apa yang sedang dikatakan.


Hal yang perlu dipahami di sini adalah komunikasi yang terjadi harus diperlakukan sebagai dialog, bukan monolog. Itu artinya, bukan hanya Anda yang berpartisipasi dalam percakapan tersebut.

Ada pertukaran informasi yang melibatkan kedua belah pihak secara setara. Anda juga harus bisa mengkombinasikan sinyal verbal dan non-verbal untuk memastikan ide-ide disampaikan secara efisien.

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi membutuhkan latihan dan kemauan untuk menjadi lebih baik.

Berikut ini 5 tips penting yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi

1. Memberikan Waktu dan Perhatian dalam Percakapan Penting

Komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan Anda lakukan.

Misalnya saja seperti ini, jika Anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama.

Solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan Anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.

Kapan saja Anda ingin menyampaikan pesan yang penting, maka berikan waktu dan perhatian yang pantas sebelum berkomunikasi.

2. Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Hal yang tidak Anda pahami adalah akan ada banyak informasi dan emosi yang bisa disampaikan hanya dengan menatap mata seseorang.

Menatap mata tidak dengan cara yang menakutkan, tetapi untuk memastikan Anda tetap terhubung dengan orang lain selama percakapan sedang berlangsung.

Menatap lawan bicara akan membuat Anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.

3. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik Selama Berbicara

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencerminkan perawakan orang yang sedang Anda ajak berbicara.

Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.

Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika Anda harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara Anda.

4. Mendengarkan Itu Perlu

Terkadang bentuk komunikasi yang terbaik adalah tidak mengatakan apapun dan hanya mendengarkan apa yang sedang disampaikan. Anda bisa memvalidasi apa yang sedang dikatakan oleh lawan bicara dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbicara.

Hal di atas sangat penting untuk dilakukan karena komunikasi adalah percakapan dua arah yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan dan mendengarkan secara timbal balik.

Dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara dan jangan hanya sekedar menunggu giliran untuk berbicara saja. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan Anda informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya.

5. Teruslah Belajar Berkomunikasi Melalui Berbagai Sumber dan Pengalaman

Dalam proses belajar berkomunikasi tidak ada orang yang bisa sempurna dan langsung menjadi seorang komunikator yang andal.

Tidak masalah dengan hal ini, jadikan pengalaman Anda untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah teruslah belajar untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi agar lebih baik dari sebelumnya.

Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan tentang komunikasi atau public speaking.

Jangan lupa mempersiapkan dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Jangan sampai biaya pendidikan menjadi kendala dan halangan saat Anda berusaha untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: