Sekarang ini sudah cukup banyak Marketplace yang memang di khususkan untuk desainer grafis, baik di Indonesia hingga sampai website Marketplace internasional dan ini cocok sebagai kerja sampingan desainer grafis.

Di mana  sistem yang biberlakukan seperti sebuah sayembara. Jadi, seseorang atau badan usaha yang mebutuhkan desain membuka sayembara untuk para desainer grafis membuat desain sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

Kemudian para desainer grafis yang memang sudah tergabung dalam website tersebut berlomba-lomba membuat desain yang terbaik dan sesuai dengan keinginan klien. Desain yang terpilih pun akan dibayar sesuai dengan perjanjian awal.

Atau pun terdapat juga Marketplace yang memang khusus untuk mengunggah desain Anda.

Kemudian setiap orang yang sudah berlangganan di website tersebut dapat mengunduh desain Anda dan sang desainer pun akan mendapat imbal sesuai dengan perjanjian.

Namun, biasanya pertanyaan para desainer Marketplace adalah, ‘Bagaimana caranya untuk meningkatkan peluang penjualan di Marketplace?’.

Dengan begitu banyaknya desainer grafis seluruh dunia yang berada di Marketplace tersebut, kemungkinan untuk desain Anda terpilih dan dilihat memang tak begitu besar.

Jika Anda memang salah seorang yang tertarik atau bahkan sudah menjalani kerja sampingan desainer grafis di Marketplace, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk lebih meningkatkan peluang penjualan. Berikut ini adalah 5 tips sukses kerja sampingan desainer grafis di Marketplace.

5 Tips Sukses Kerja Sampingan Desainer Grafis di Marketplace


1Membuat Konsep dengan Matang


Cobalah menciptakan ciri khas disetiap desain Anda, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian para klien atau pencari desain.

Bingung bagaimana cara untuk membentuk ciri khas disetiap desain Anda? Cobalah mulai menjelajahi website, carilah refrensi desain yang cocok untuk Anda.

Dan mulai eksplorasi terhadap desain Anda, temukan ciri khas yang memang sesuai dengan kemampuan. Ciri khas tersebut bisa berupa paduan warna, karakter, hingga tema disetiap desain Anda

Contohnya, Anda menyukai bunga dan warna yang cenderung cerah, dengan konsep paint brush. Maka, perkuatlah dan masukan unsur tersebut di setiap desain Anda.

Hingga pada akhirnya semua orang tahu bahwa desain dengan ciri khas tersebut adalah buatan Anda. Jika sudah begitu, akan banyak klien yang memang minat dan tertarik dengan desain Anda.

2. Gunakan Software Sesuai Kebutuhan Anda

Sekarang, begitu banyak perangkat lunak untuk desian yang bisa dipergunakan untuk membantu permudah pekerjaan desain Anda, ada yang memang geratis, ada pula yang berbayar.

Dan itu semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Contohnya, untuk menghilangkan latar belakang, memberikan efek, memanipulasi foto Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop, Affinity Photo atau Gimp.

Dan jika Anda ingin membuat file grafik vektor seperti ilustrasi, logo atau simbol, dapat menggunakan Adobe Illustrator, Affinity Designer atau Inkscape. Semua program tersebut berbasis vektor dan mendukung grafik vektor yang dapat diskalakan (SVG).

Aplikasi desain- Sukses Kerja Sampingan Desainer Grafis di Marketplace

Nah, Anda dapat membuat vektor desain Anda dalam waktu singkat dengan salah satu program di atas. Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan filter efek untuk memperindah desain Anda.

3. Memberi Judul, Penjelasan, dan Memberi Tag

Segera setelah desain Anda dibuat dan diunggah ke Marketplace, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik mengenai nama atau judul, deskripsi desain, dan tag yang digunakan.

Tiga elemen ini adalah cara untuk mempermudah pelanggan menemukan desain Anda melalui Marketplace dan pencarian Google.

Pastikan Anda memberi nama, jelaskan, dan beri tag pada desain Anda dengan tepat agar mudah ditemukan.

Mengapa tag untuk desain Anda itu penting? Karena, itu sangat berpengaruh dalam pencarian Google.

Jika tag desain Anda sesuai dengan kata pencarian yang dimasukkan pelanggan, maka desain Anda akan muncul di halaman hasil pencarian. Itulah mengapa penting memilih kata tag atau kata kunci yang sesuai untuk menjelaskan desain Anda.

4. Bergabung dengan Komunitas 

Cobalah untuk memanfaatkan media sosial yang Anda punya seperti Facebook dan Instagram. Jadikan media sosial sebagai galeri dan tempat untuk mempromosikan hasil karya Anda.

Hal ini dapat mempermudah untuk mendapatkan klien dan karya Anda pun akan semakin dikenal oleh orang-orang.

Jangan lupa, berikan penjelasan bahwa jika ingin membeli karya Anda dapat melalui Marketplace dan sertakan linknya.

5. Proaktif dan Cekatan

Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam desain grafis cobalah terus eksplorasi dan mencari blog yang membahas mengenai tips, trik, tutorial.

Dan jangan lupa ikut serta dalam kontes desain juga mencari refrensi gaya desain yang selalu berubah setiap tahunnya.

Mengikuti lomba ataupun sayembara juga dapat menambah pengsailan Anda, karena hadiah yang ditawarkan juga cukup besar dan menguntungkan.

Hasil uang tersebut juga dapat Anda kumpulkan dan gunakan untuk upgrade segala kebutuhan untuk menunjang karier sebagai desainer grafis.

Karena dengan berkembangnya karier Anda sebagai desainer grafis semakin banyak juga tools yang dibutuhkan seperti leptop atau pc, pen tool, aplikasi desain berbayar dan lain-lain.

Ketika, semakin  banyak kebutuhan Anda semakin besar pula uang yang dibutuhkan. Cobalah untuk mengumpulkan uang hasil lomba atau penjualan desain Anda untuk di tabung.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: