10 Cara Efektif Untuk Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan - Bagi Anda yang telah memiliki penghasilan sendiri, menggunakan dan membelanjakan sejumlah uang tentu seharusnya dilakukan dengan sangat penuh pertimbangan, mengingat kerja keras yang telah dibutuhkan untuk menghasilkan sejumlah uang tersebut. Meski tidak memiliki sebuah kemampuan khusus dalam mengelola keuangan, namun pada umumnya setiap orang akan memiliki trik tersendiri dalam membatasi sejumlah pengeluaran yang akan dilakukan di dalam keuangan. Hal ini menjadi sangat penting, sebab setiap orang harus memiliki sebuah kebijakan yang tepat untuk mengatur keuangan mereka sendiri, termasuk Anda juga.
10 Cara Efektif Untuk Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan
10 Cara Efektif Untuk Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan 

Mengatur keuangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membatasi sejumlah keinginan belanja yang Anda miliki, di mana ini bisa saja terkait dengan kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama ini. Jika Anda termasuk satu di antara sekian banyak orang yang sulit dalam menahan hasrat belanja yang begitu besar, maka mulailah untuk melakukan 10 cara di bawah ini yang efektif untuk mengatasi hal tersebut:

1. Perhitungkan Jumlah Pekerjaan yang Akan Anda Lakukan


Anda tentu akan sangat setuju, jika dikatakan bahwa semua barang yang dibeli tentu akan dibayar dengan sejumlah keringat dan kerja keras Anda. Bayangkan berapa jam kerja yang akan Anda lakukan untuk membawa pulang sebuah barang belanjaan ke rumah, hal inilah yang kemudian bisa dijadikan sebagai sebuah pemikiran cemerlang untuk mempertimbangkan layak atau tidaknya pengeluaran yang akan Anda lakukan untuk barang tersebut.

Jika ternyata sejumlah uang yang Anda bayarkan akan sesuai dengan manfaat dan juga masa pakai barang yang Anda beli, maka pembelanjaan tersebut tepat dan bisa dilakukan. Namun jika ternyata barang yang Anda beli hanya memiliki manfaat sesaat dan kemudian menjadi seonggok “sampah” setelahnya, maka hal ini adalah keputusan belanja yang salah, sebab Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk barang yang tidak sebanding nilai dan juga manfaatnya bagi kebutuhan Anda sendiri.

2. Jangan Bawa Serta Semua Kartu Kredit Ketika Belanja

Memiliki beberapa kartu kredit, bisa menjadi sebuah fasilitas pendukung yang memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, termasuk berbelanja. Namun sangat penting untuk memiliki kebijakan dalam penggunaan uang plastik ini, terutama terkait penggunaannya yang dikhususkan dalam masa darurat saja. Jangan membawa serta semua kartu kredit ketika ke mall atau berbelanja, hal ini bisa memicu sejumlah pengeluaran yang tidak terkendali di dalam keuangan.

Bawa satu kartu kredit ketika akan berbelanja dan buat catatan belanja sebelum Anda meninggalkan rumah untuk kegiatan tersebut. Periksa limit kartu kredit Anda sebelumnya dan pastikan jumlahnya mencukupi, sehingga pembelanjaan yang dilakukan sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Membatasi penggunaan kartu kredit, dapat membantu Anda juga dalam membatasi hasrat berbelanja.

3. Hindari Terapi Belanja


Kegiatan ini merupakan salah satu kebiasaan yang dijalankan oleh banyak orang, barangkali Anda juga pernah melakukannya. Ketika sedang dalam kondisi tertekan atau stres, jangan melakukan kegiatan belanja sebagai terapi untuk kembali kepada kondisi normal Anda.

Ini tidak akan efektif, sebab dalam kondisi stres tersebut Anda justru memiliki peluang yang sangat besar untuk kehilangan kontrol dan justru membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Ini akan menjadi masalah di dalam keuangan. Anda dapat mengatasi stres dengan sekedar berjalan-jalan, mendengarkan musik atau menonton sebuah film yang menurut Anda cukup menarik.

4. Blok Semua Situs Belanja di Komputer

Kegiatan belanja menjadi lebih mudah belakangan ini, Anda juga tentu merasakannya, di mana kita bisa dengan mudah melakukan kegiatan belanja secara online. Kemudahan ini bisa saja menjadi sebuah musibah, jika ternyata Anda tidak memiliki kontrol yang baik dalam mengatur keuangan dan juga hasrat belanja yang cukup besar.

Jika berbagai situs belanja tersebut terasa mustahil untuk dihindari sebab Anda tidak bisa mengontrol diri, maka tidak ada salahnya Anda memblokir sementara berbagai situs tersebut dari komputer. Dengan begitu, maka Anda bisa berkonsentrasi untuk mengerjakan berbagai pekerjaan lainnya di komputer tersebut.

5. Hindari Belanja Bersama


Saat berbelanja dengan orang lain, baik itu pasangan atau teman, maka seringkali kita akan membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar kita butuhkan. Akan menjadi terasa lebih sulit untuk membatasi diri, termasuk untuk berkonsentrasi pada barang-barang belanjaan yang memang telah direncanakan sejak awal.

Hal ini bahkan menjadi lebih sulit daripada ketika kita berbelanja sendiri, meskipun kita telah menanyakan kepada mereka mengenai sesuatu yang akan kita beli tersebut, maka seringkali kita justru selalu mendapatkan dukungan untuk membeli berbagai barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan tersebut, karena itu ada baiknya Anda menghindari kegiatan berbelanja bersama dengan orang lain.

6. Jangan Minum Sambil Belanja

Toko online seperti sebuah mesin yang tidak ada lelahnya untuk selalu melayani Anda, sekalipun Anda mengunjungi mereka di tengah malam atau subuh sekalipun, mereka akan tetap terjaga. Hal ini patut menjadi pertimbangan bagi Anda, seperti ketika anda menghindari berbagai hal lainnya yang tidak datang tepat waktu dan bahkan tidak begitu penting bagi Anda.

Jangan menghabiskan tenaga dan waktu Anda yang berharga untuk selalu mengunjungi mereka, sebab mereka bukanlah teman minum bagi Anda, hingga Anda mungkin melakukannya sambil minum karena terlalu lama bersama.

7. Tabung Uang Anda Daripada Dibelanjakan


Ini mungkin akan menjadi sebuah kebiasaan yang tidak mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang belum terbiasa menabung. Namun ada baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk melakukannya dari sekarang, daripada Anda selalu menghabiskannya untuk membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Agar lebih mudah, Anda bisa mulai melakukan ini dengan sebuah motivasi di dalam diri Anda, misalnya dengan merencanakan sebuah liburan di akhir tahun. Hal ini akan cukup membantu Anda dalam menyisihkan sebagian uang tersebut, meskipun kemungkinan Anda tidak bisa memenuhinya nanti karena uang tersebut tidak mencukupi, namun setidaknya Anda bisa melakukan berbagai hal menyenangkan lainnya dengan uang tersebut di akhir tahun nanti.

8. Donasikan untuk Amal

Jangan selalu bepikir untuk membeli sesuatu hanya karena Anda melihat orang lain menggunakan barang tersebut. Hal ini akan sangat mubazir, terutama jika ternyata Anda masih memiliki barang sejenis lainnya yang bisa dipergunakan saat ini. Daripada melakukan hal tersebut, maka ada baiknya uang yang Anda miliki diberikan kepada mereka yang lebih membutuhkannya.

Beramal atau menyumbangkan sejumlah uang tersebut kepada seseorang yang benar-benar membutuhkannya, akan jauh lebih baik dan tepat daripada Anda membelanjakannya untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting.

9. Belanjakan untuk yang Lainnya


Terkadang kita akan membeli berbagai barang yang tidak kita butuhkan, sementara hal tersebut justru akan membuat barang-barang tersebut menumpuk dan memenuhi berbagai sudut di rumah kita. Hal tidak berguna ini sebaiknya dihentikan. Jika memiliki sejumlah uang, maka tidak ada salahnya Anda berbelanja untuk orang-orang yang Anda cintai, baik itu teman atau keluarga yang Anda miliki saat ini. Berbagilah kebahagiaan dengan mereka, sebab Anda juga akan ikut bahagia dengan hal tersebut.

10. Belanjakan untuk Pengalaman, Bukan Barang

Daripada membeli berbagai barang yang tidak begitu dibutuhkan, maka akan jauh lebih baik jika uang Anda tersebut dibelanjakan untuk berbagai hal yang menyenangkan seperti sebuah perjalanan di akhir pekan bersama dengan orang-orang tercinta. Hal ini akan jauh lebih menyenangkan dan memiliki makna di dalam kehidupan Anda. Menabung sejumlah uang selama beberapa waktu, sangat mungkin bisa memberi Anda sebuah kesempatan untuk bisa menikmati kegiatan atau perjalanan yang membahagiakan dengan berbagai pengalaman berharga bersama dengan orang-orang tercinta.

Belanjakan dengan Bijak

Berapapun penghasilan yang Anda miliki, tentu harus sebanding dengan sejumlah pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya di dalam keuangan tersebut. Hal ini bahkan bisa menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit untuk dilakukan, jika ternyata Anda tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur pembelanjaan. Kelola keuangan Anda dengan bijak, selalu hindari hasrat belanja yang besar dan tidak terkontrol, sehingga sejumlah uang yang Anda miliki tersebut bisa bermanfaat dengan baik di dalam kehidupan Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: