10 Ide Bisnis yang Menguntungkan dan Ramah Lingkungan - Saat menjalankan sebuah bisnis, keuntungan kerap menjadi tujuan utama dalam bisnis tersebut. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat bisnis hanya akan berjalan baik jika didukung oleh sistem keuangan yang sehat, salah satunya dengan adanya sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan secara berkala.

Semua lini di dalam bisnis membutuhkan biaya, itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari kegiatan bisnis tersebut. Namun, bagaimana jika ternyata Anda memiliki tujuan istimewa lainnya di dalam bisnis yang akan dijalankan nanti?

Berbisnis sekaligus bisa ikut serta menyelamatkan lingkungan, ini tentu tujuan yang sangat baik. Anda tidak semata-mata hanya memikirkan keuntungan saja, namun juga memiliki keinginan yang positif untuk memperbaiki atau bahkan sekedar mengurangi berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini akan sangat menyenangkan, terutama bagi yang memang memiliki kepedulian khusus akan hal-hal yang membuat lingkungan menjadi lebih baik dan nyaman.

Tidak selalu sulit, ada banyak ide bisnis ramah lingkungan yang bisa dijadikan pilihan. Simak 10 ide bisnis ramah lingkungan berikut ini, yang bisa Anda jalankan dengan mudah:

1. Vermak dan Jual Furniture Lama

Banyak orang yang menumpuk furniture lama mereka di gudang, bahkan yang masih layak pakai sekalipun. Alih-alih dirawat, di dalam gudang berbagai furniture ini justru menumpuk dan berpotensi menjadi sampah. Perubahan model, bahan dan banyak hal lainnya, kerap menjadi alasan mengapa seseorang mengganti furniture mereka dengan yang baru. Namun di lain sisi, ada banyak sekali orang yang juga menyukai barang-barang antik dan lama seperti ini, dan Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang baru.

Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga akan ikut serta mengurangi masalah penumpukan barang yang akan mengganggu kebersihan lingkungan.

2. Produksi dan Menjual Kompos

Memilah sampah menjadi sampah organik dan non organik mungkin belum menjadi sebuah kebiasaan yang baik bagi kebanyakan orang. Padahal jika dilakukan, hal ini bahkan akan sangat membantu mempermudah proses pengolahan sampah itu sendiri. Anda bisa mengolah sampah non organik menjadi kompos, sehingga sampah-sampah ini akan lebih berguna lagi. Bukan hanya melakukan kegiatan produksi, kompos ini kelak bisa dijual kepada mereka yang membutuhkannya, harganya juga terbilang tinggi di pasaran.

3. Mengolah Sampah Elektronik

Masih terkait dengan sampah yang kerap menimbulkan masalah akibat pengolahannya yang tidak tepat. Di antara berbagai jenis sampah, sampah elektronik menjadi salah satu yang tersulit untuk diatasi, sebab sampah ini memang sulit terurai kembali. Inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis, yakni dengan ikut serta mengolah sampah elektronik yang jumlahnya semakin lama memang semakin banyak. Anda bisa mengumpulkan sampah-sampah ini dan menjualnya langsung kepada mereka yang berminat untuk mengolahnya kembali, atau bisa juga mengolahnya menjadi berbagai macam hiasan yang menarik.

4. Konsultan Lingkungan Hidup

Jika memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan pemeliharaan lingkungan dan yang lainnya, maka bisa mengambil bisnis ini. Anda bisa ikut serta memberikan kampanye mengenai lingkungan, memberikan saran mengenai pentingnya kondisi ramah lingkungan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan pemahaman yang baik terkait dengan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan bagi banyak orang. Jika memang memiliki kemampuan yang baik, maka kegiatan ini juga akan mendatangkan uang sekaligus dampak yang baik bagi banyak orang.

5. Membuat dan Menjual Kosmetik Organik


Bukan hanya makanan saja, namun sebagian orang juga sudah begitu tertarik untuk ikut menggunakan beragam kosmetik organik yang ramah lingkungan. Hal ini akan sangat baik bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam meracik berbagai bahan organik tersebut menjadi kosmetik yang tepat. Pelajari cara mengolah bahan-bahan ini dengan baik melalui informasi internet atau yang lainnya, sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari kosmetik tersebut benar-benar maksimal.

6. Event Organizer Istimewa


Bukan hanya keuntungan saja, namun di dalam bisnis Event Organizer (EO) Anda juga bisa sekaligus ikut serta menjaga lingkungan sekitar. Pengaturan acara serta pemilihan tema yang berbau alam, bisa membuat EO Anda begitu istimewa, apalagi jika ditambah dengan lokasi yang memang mendukung untuk hal tersebut.

Anda bisa menggunakan beragam ornamen yang ramah lingkungan, cendramata yang juga ramah lingkungan, seperti: satu pot kaktus lucu, sebungkus kecil bibit bunga, dan yang lainnya. Hal ini akan membuat EO Anda berbeda dari EO kebanyakan, sebab konsepnya memang istimewa.

7. Pengembang Aplikasi Hijau


Jika memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan aplikasi yang ramah lingkungan, maka bisa memilih bisnis yang satu ini. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap baik, namun mengenalkannya kepada masyarakat umum adalah tantangan utama yang tidak mudah untuk dilakukan. Inilah yang akan menjadi pekerjaan Anda, di mana Anda mengembangkan dan membuat aplikasi hijau dikenal dan memberikan manfaat positif bagi banyak orang.

8. Membuat Aksesoris dari Barang Bekas

Dengan mengandalkan kemampuan dalam mengolah berbagai barang bekas, maka Anda bisa memulai bisnis aksesoris daur ulang ini. Ada banyak benda bekas yang bisa dimanfaatkan, misalnya: botol plastik, sisa kain perca atau flanel, sisa potongan kayu, atau bahkan dengan menggunakan batok kelapa. Buat dan jual barang-barang ini secara online, selain menguntungkan, Anda turut ikut serta menjaga lingkungan sekitar.

9. Membuka Salon Kecantikan yang Ramah Lingkungan


Bagi yang tertarik dengan dunia kecantikan, maka pilihan bisnis yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa meracik berbagai kosmetik dan bahan kecantikan lainnya yang berbahan organik dan ramah lingkungan. Saat ini, jumlah pengguna kosmetik berbahan organik juga telah cukup tinggi, sehingga salon tidak akan sepi dari pelanggan.

10. Membuka Katering Ramah Lingkungan


Bisnis ini masih terbilang jarang, meskipun ada, hanya di kota-kota besar seperti Jakarta saja. Bisnis katering ramah lingkungan bisa dibuka dengan menggunakan bahan-bahan makanan organik, tentunya tetap dengan rasa yang lezat. Terapkan juga penggunaan kemasan ramah lingkungan, agar tujuan bisa tercapai dengan maksimal.

Pilih yang Paling Sesuai dengan Minat Anda

Menjalankan bisnis ramah lingkungan mungkin akan terasa sulit, meski pada dasarnya kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik. Rencanakan dan pilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat, agar kelak Anda lebih mudah dalam menjalankannya. Bukan hanya keuntungan, namun bisa ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: