4 Tips Aman Bertransaksi Online Banking - Mudah dan nyaman, kira-kira hal inilah yang selalu menjadi pertimbangan bagi banyak orang dalam memilih sebuah layanan perbankan. Semua orang ingin melakukan segala hal dengan sangat simpel dan efisien, itu faktor penyebabnya.
4 Tips Aman Bertransaksi Online Banking
4 Tips Aman Bertransaksi Online Banking

Semakin banyak jumlah bank, tentu akan membuat semakin tingginya persaingan di antara bank-bank yang terdapat di Indonesia. Hal ini juga membuat semakin banyak fasilitas yang diberikan dan layanan yang cukup bersaing diantara mereka. Dengan begitu, Anda sebagai nasabah akan memiliki banyak pilihan dan juga pertimbangan dalam memilih layanan terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda  sendiri.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk tetap melakukan segala macam kegiatan perbankannya dengan cara “tradisional”, dimana untuk setiap kegiatan tersebut mereka akan mendatangi langsung bank dan melakukan serta menyelesaikan segala urusannya secara langsung. Namun bagi sebagian besar orang, hal ini tentu saja tidak efisien dan akan memakan banyak waktu serta tenaga. Hal ini terutama dirasakan oleh mereka yang memiliki kesibukan dan aktivitas yang sangat tinggi, dimana waktu menjadi sangat penting dan harus digunakan dengan se-efisien mungkin, sehingga mereka membutuhkan sebuah layanan perbankan yang cepat, dan mudah.

Orang-orang dengan kategori terakhir inilah yang kemudian menjadi nasabah produktif dan membutuhkan kemudahan dalam segala aktivitas perbankan mereka, untuk itu bank memberikan layanan online banking yang akan memungkinkan segala kemudahan itu bisa terjadi.

Online Banking dan Manfaatnya

Online banking atau internet banking merupakan sebuah fasilitas keuangan yang diberikan oleh bank sebagai bentuk layanan untuk mendukung kelancaran berbagai macam kegiatan perbankan yang akan dilakukan oleh nasabahnya. Hal ini tentu saja harus didukung oleh jaringan internet yang memadai, sehingga transfer data bisa berlangsung dengan cepat dan lancar.

Online banking memungkinkan Anda  untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dengan mudah, seperti: pengecekan saldo, transfer dana, pembelian atau belanja secara online, dan bahkan membayar berbagai tagihan secara online. Dengan fasilitas online banking, semua kegiatan tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat, di mana Anda bisa menghemat waktu dan juga tenaga untuk mendatangi bank atau mesin ATM terdekat.

Di Indonesia penggunaan online banking telah cukup tinggi, hal ini menunjukkan bagaimana masyarakat pada umumnya akan membutuhkan kemudahan dan kenyamanan yang cukup terjaga untuk memenuhi berbagai kegiatan transaksi yang mereka lakukan. Pemerintah cukup serius dalam mendukung layanan ini, hal ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No.9/15/PBI/2007 Tahun 2007, tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.

Meski belum semua bank di Indonesia menyediakan layanan online banking, namun penerapannya di beberapa layanan bank besar di Indonesia cukup membantu dan efektif dalam perkembangan dunia perbankan itu sendiri. Ada banyak nasabah yang pada akhirnya memilih dan beralih pada layanan online banking karena layanan ini dianggap bisa membantu dan mempermudah segala bentuk aktivitas perbankan yang mereka butuhkan. Berikut ini adalah beberapa bank yang menyediakan layanan online banking:

  • Bank BCA di http://www.klikbca.com
  • Bank Mandiri di https://ib.bankmandiri.co.id
  • Bank BNI di http://ibank.bni.co.id
  • Bank BRI di https://ib.bri.co.id/

Saat berbicara mengenai sebuah layanan, maka akan sangat penting untuk mengerti mengenai manfaat dan keuntungan yang akan diberikan oleh layanan tersebut. Hal ini tentu akan menjadi tolak ukur mengenai seberapa efektif sebenarnya layanan tersebut dalam memenuhi berbagai kepentingan dan kebutuhan orang banyak. Sebagai calon nasabah, Anda tentu saja tidak ingin menggunakan sebuah layanan yang tidak efisien dan hanya memiliki keunggulan yang minim bukan?

Di dalam perkembangannya, bank telah menerapkan berbagai layanan standar dalam fasilitas online banking yang mereka miliki, sehingga nasabah merasa nyaman dan mudah untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk menambah daya jual pada berbagai produk perbankan yang mereka keluarkan, karena semakin canggih dan efektif layanan yang diberikan maka akan semakin banyak nasabah yang berkeinginan untuk menggunakan layanan tersebut.

Tips Bertransaksi Efektif Dengan Online Banking

Sebagai layanan yang menggunakan jaringan internet, maka akan sangat penting untuk memastikan bahwa penggunaan layanan online banking yang Anda gunakan telah sesuai dengan ketentuan dan standar keamanan yang diterapkan oleh bank. Hal ini sangat penting untuk dicermati sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai macam hal merugikan yang bisa terjadi kapan saja dan menimpa Anda di mana saja.

Sebagian besar orang akan mengalami kekhawatiran atau bahkan ketakutan tersendiri pada saat menggunakan layanan online banking, hal ini karena adanya risiko pembobolan data atau dana yang bisa saja terjadi dan menimbulkan kerugian bagi mereka. Namun pada dasarnya, layanan online banking telah memiliki sejumlah pengamanan dan juga penerapan sistem yang ketat dan mampu mendukung keamanan dari setiap transaksi yang Anda  lakukan, sehingga segala bentuk resiko yang merugikan tersebut bisa diminimalisir dan bahkan dihindarkan. Jika Anda  melakukan segala transaksi dengan berhati-hati dan sesuai dengan aturan serta standard penggunaan yang telah ditetapkan oleh bank, maka Anda  bisa melakukan aktivitas online banking dengan nyaman dan aman.

Sebagaimana fasilitas lainnya, Anda juga tentu mengharapkan manfaat yang maksimal dari penggunaan online banking yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja online banking, agar transaksi bisa berjalan dengan efektif:

1. Manfaatkan Tautan Antar Rekening


Memiliki sejumlah kewajiban perbankan dan juga berbagai fasilitas perbankan lainnya sering kali membuat Anda kewalahan dan kebingungan untuk mengelola akun tersebut dengan efektif, Sehingga pada akhirnya Anda akan membuang banyak waktu untuk menangani satu per satu tagihan dan juga rekening lainnya yang Anda  miliki

Saat ini layanan online banking telah memungkinkan Anda mengaitkan semua akun dan berbagai macam fasilitas kredit perbankan yang Anda miliki, hal ini tentu saja bisa dilakukan pada semua layanan yang Anda gunakan di dalam satu bank yang sama. Dengan adanya tautan tersebut, maka Anda bisa mudah untuk mengelola dan melakukan tindakan yang ingin Anda lakukan terkait dengan berbagai layanan perbankan tersebut. Anda juga akan sangat menghemat waktu untuk membuka satu persatu akun milik Anda bisa melakukan pembayaran secara online dengan cara transfer internal, di mana semua kegiatan tersebut bisa berjalan dengan cepat dan mudah.

2. Lunasi Tagihan Secara Online

Fasilitas online banking juga memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan secara online, sekaligus dapat menerima laporan yang rinci mengenai transaksi pembayaran yang Anda lakukan. Hal ini akan menjamin Anda untuk bisa melakukan pencatatan dengan mudah dan rapi, karena semua transaksi yang Anda lakukan akan tercatat dengan detail melalui fasilitas online banking yang digunakan.

3. Kelola Laporan Keuangan dengan Mudah dan Praktis


Laporan yang diberikan oleh online banking, akan memudahkan Anda untuk mengelola semua informasi mengenai transaksi perbankan yang Anda lakukan dengan mudah. Lupakan penggunaan laporan atau catatan berbentuk kertas yang seringkali merepotkan dan tidak efisien, online banking akan memberi Anda kemudahan mengelola laporan dengan memberi fasilitas laporan dalam bentuk elektronik, sehingga Anda dengan mudah bisa memeriksa dan mengawasi berbagai kegiatan dalam keuangan Anda dengan mudah.

Laporan dalam bentuk elektronik dianggap efisien, karena Anda tidak perlu menyimpan banyak arsip dalam bentuk kertas setiap bulannya. Ini juga akan memudahkan Anda dalam mengelola data dan juga menemukannya dengan mudah jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

4. Manfaatkan Fasilitas Alat Bantu Gratis


Di dalam prakteknya, ada beberapa bank yang memberikan fasilitas yang memungkinkan Anda  untuk melihat transaksi pengeluaran Anda dalam kelompok, di mana semua transaksi keuangan yang Anda lakukan telah dikelompokkan dalam berbagai kategori, seperti: pembayaran kartu kredit, pembayaran hipotek, bahan makanan, serta berbagai kelompok lainnya. Bank-bank tersebut juga memberikan alat bantu gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat grafik dan spreadsheet berdasarkan kategori pengeluaran Anda tiap bulannya.

Maksimalkan Kegunaan

Fasilitas online banking akan memberikan Anda kenyamanan dan berbagai kemudahan dalam mengelola keuangan, di mana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan efisien. Online banking akan sangat membantu dan bisa memberi Anda manfaat yang maksimal, jika digunakan dengan benar dan sesuai dengan standar penggunaan serta keamanan yang diterapkan oleh bank.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: