5 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan - Gajian merupakan hal yang paling dinantikan oleh hampir seluruh karyawan. Bagaimana tidak, kerja keras selama sebulan akhirnya terbayarkan oleh pundi-pundi uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Masalah waktu gajian juga bervariasi. Ada yang menerima gaji bulanan di awal bulan, akhir bulan, atau tengah bulan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering terlena saat memegang uang gaji tersebut. Membayar seluruh tagihan, menyisihkan untuk investasi, memberikan sebagian untuk orang tua, membeli kebutuhan sehari-hari, atau menuruti keinginan berbelanja yang tidak bisa ditahan. Tanpa terasa, gaji sudah habis di tengah bulan. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Berikut ini merupakan 5 tips jitu mengatur gaji selama 30 hari yang bisa diterapkan.
5 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan
5 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan 

1. Membuat Perencanaan Anggaran Belanja 

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya. Catat juga keperluan di luar kebutuhan pokok seperti membeli baju atau makan di luar. Setelah itu, buat sebuah perencanaan anggaran belanja ketika menerima gaji. Dialokasikan untuk apa saja uang tersebut. Perencanaan ini nantinya bisa membuat kita menjadi tahu, uang tersebut kita gunakan untuk apa saja. Anda juga bisa memilah-memilah lagi, keperluan mana saja yang penting dan tidak terlalu penting. Buatlah rencana anggaran belanja yang realistis dengan pola hidup Anda yang sesungguhnya. Setelah itu, Anda juga perlu membuat catatan pengeluaran harian yang berisikan nama barang atau jasa yang dibeli atau dipakai, jumlahnya, waktu pembelian, nominal transaksi, serta tempat membeli.

2. Melunasi Utang dan Cicilan

Apabila Anda memiliki utang maupun cicilan, lunasi terlebih dulu setelah menerima gaji. Jangan pernah ditunda sekalipun. Menunda hanya akan membuat Anda menjadi susah di kemudian hari. Selain itu, hal ini juga dapat membantu perhitungan anggaran untuk jangka panjang. Sebisa mungkin sebaiknya hindari berutang atau menyicil sesuatu. Anda boleh saja mencicil atau berutang sesuatu barang, tapi lihat dulu kegunaan barang tersebut. Misalnya saja, lebih baik berutang untuk membeli sebuah rumah atau apartemen, daripada berutang untuk membeli barang-barang elektronik dengan kartu kredit. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menyesuaikan utang dengan penghasilan Anda. Sebaiknya Anda berutang maksimal 30% dari pendapatan Anda.

3. Mempunyai Dua Rekening Bank

Agar bisa semakin mudah mengatur uang gaji Anda, sebaiknya Anda memiliki dua rekening bank sekaligus. Nantinya rekening pertama dipakai untuk seluruh transaksi, seperti menerima gaji dari kantor, dan membayar seluruh tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung. Sebisa mungkin, sisihkan uang untuk menabung di awal-awal saat menerima gaji. Lebih tepatnya bersamaan dengan membayar utang atau cicilan.

Untuk rekening pertama, Anda bisa memilih bank yang paling sering digunakan oleh kantor-kantor, agar Anda bisa dengan mudah saat melakukan akses menerima uang maupun mentransfer uang. Pilih juga bank yang memiliki banyak ATM maupun fasilitas transfer melalui internet banking. Sedangkan untuk rekening kedua, Anda bisa memilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah serta fasilitas yang minim. Jika perlu, pilih bank yang tidak mempunyai banyak jaringan ATM di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Sehingga Anda tidak akan mudah tergiur untuk mengambil uang tersebut. Anda juga bisa memilih bank yang tidak mengeluarkan kartu ATM untuk rekening.

4. Membandingkan Pengeluaran Dengan Anggaran

Setelah itu, Anda perlu membandingkan rencana anggaran pengeluaran yang telah dibuat dengan catatan harian pengeluaran yang sudah terjadi. Jika rencana anggaran sudah sesuai atau tidak terlalu beda jauh, maka Anda perlu menerapkannya kembali di bulan depannya. Namun jika rencana anggaran tersebut berbeda jauh dengan kenyataan, maka Anda perlu merevisi anggaran pengeluaran tersebut. Perhatikan pengeluaran apa saja yang bisa membuat tidak sesuai dengan anggaran.

5. Berbelanja Sesuai dengan Kebutuhan

Langkah kelima ialah dengan cara menerapkan belanja sesuai dengan kebutuhan. Kendalikan atau buang jauh-jauh sifat konsumtif Anda yang tidak ada hentinya itu. Sebaiknya Anda juga tidak membawa uang tunai terlalu banyak saat berbelanja. Hal ini bisa membuat Anda tidak mudah tergoda berbelanja.

Banyak Cara Untuk Berhemat

Kelima hal di atas merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kehidupan finansial Anda selama 30 hari, bahkan untuk seterusnya juga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain untuk mengelola uang gaji, seperti berinvestasi dan menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: