6 Langkah Belanja Murah Saat Ada di Bazar - Tidak perlu malu mengakui kalau Anda tipe orang yang sangat gemar berbelanja. Ya, belanja memang sebuah aktivitas yang menyenangkan dan menjadi idola terutama bagi kaum hawa. Konon katanya, berbelanja bisa melepaskan stress dan merupakan obat psikologis yang cukup ampuh dibanding harus membayar jasa psikolog maupun psikiater. Dalam kegiatan berbelanja sendiri, Anda mungkin memiliki tempat-tempat favorit yang selalu didatangi untuk mendapatkan berbagai keperluan dan keinginan.
6 Langkah Belanja Murah Saat Ada di Bazar
6 Langkah Belanja Murah Saat Ada di Bazar

Selama ini kita mungkin hanya mengenal mall maupun department store sebagai tujuan belanja kita. Namun, seiring dengan berkembangnya tren di masyarakat, aktivitas belanja pun juga bisa Anda lakukan ketika terdapat event bazar. Bazar merupakan sebuah event temporer yang menyediakan cukup banyak tenant. Adanya berbagai macam tenant ini tentu saja akan menyediakan lebih banyak pilihan bagi Anda ketika berbelanja. Sayangnya, hal seperti ini terkadang justru memicu kita untuk berbelanja lebih boros. Untuk membantu Anda mengendalikan pengeluaran selama berbelanja di bazar, kami memiliki tips yang bisa Anda lakukan.

1. Sebelum Berbelanja, Isi Perut Anda Hingga Penuh


Jangan lupakan makan sebelum pergi. Ketika kita pergi dalam keadaan lapar, kita kerap tidak fokus pada apa yang seharusnya kita lakukan dan hanya fokus mencari sesuatu yang bisa mengenyangkan perut. Anda mungkin bisa membeli beberapa makanan yang dijual di bazar tapi tentunya ada beberapa konsekuensi yang harus Anda tanggung. Pertama, harga produk di bazar pasti lebih mahal sekalipun hanya air minum. Kedua, makanan yang dijual di bazar rata-rata hanya sebagai pengganjal perut. Ketiga, dengan melakukan pengeluaran untuk makan ini sebenarnya Anda sudah melakukan pemborosan.

Keuntungan pergi ke bazar dalam keadaan kenyang adalah Anda sudah bertenaga untuk melancarkan aksi belanja di bazar yang dikenal relatif luas. Kalau Anda sadar bahwa Anda harus makan sedikit namun sering, jangan ragu untuk membawa sendiri bekal makan dan minum Anda selama berbelanja di bazar.

2. Hanya Gunakan Uang Tunai


Rata-rata tenant yang mengisi acara bazar ini adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Biasanya, mereka belum menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu, apa lagi jika tenant tersebut termasuk UKM yang baru saja berdiri. Untuk memudahkan Anda dan pedagang dalam melakukan transaksi, gunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Sisi lain yang harus Anda perhatikan dari hal ini adalah bahwa pembayaran menggunakan kartu debit maupun kredit cenderung akan merangsang Anda berbelanja lebih banyak dan melakukan pemborosan karena Anda tidak merasa uang Anda habis padahal sistem pada rekening Anda mencatat semua transaksi itu. Jangan sampai niat belanja murah Anda di bazar berubah menjadi malapetaka karena Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran dengan kartu.

3. Bawa Daftar Barang Belanja yang Ingin Anda Beli


Kesalahan lain yang sering menjadikan seseorang boros dalam berbelanja adalah tidak mempersiapkan daftar barang yang akan didapatkan. Kalau Anda tipe orang yang tidak mampu mengingat cukup banyak hal, lebih baik luangkan waktu sejenak sebelum pergi berbelanja dan tulis apa saja yang hendak Anda dapatkan dari belanja di bazar itu. Membawa catatan belanja akan mengurangi niat untuk membeli barang yang tidak menjadi prioritas dalam daftar tersebut. Usahakan untuk memenuhi semua barang kebutuhan sesuai dengan yang ada di daftar, ketika ada sisa, baru Anda bisa menggunakannya untuk berbelanja barang lain yang menjadi incaran.

Perlu Anda ketahui, membawa catatan belanja pun sesungguhnya tidak bisa menjamin pengeluaran belanja Anda terkontrol. Anda tetap harus mengendalikan diri untuk tidak berbelanja di luar jalur yang sudah Anda buat sendiri. Berlatihlah mendisiplinkan diri sendiri, termasuk ketika Anda berbelanja.

4. Pakai Alas Kaki yang Paling Nyaman Selama Berbelanja di Bazar


Biasanya, bazar diadakan pada area terbuka atau outdoor dan banyaknya tenant yang ingin Anda lihat satu per satu sama saja dengan meminta kaki Anda cukup kuat untuk melangkah. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik hindari menggunakan high heels ketika berbelanja di bazar. Tren belanja di bazar tidak sama dengan tren belanja di mall sekarang ini. Anda tidak perlu berdandan terlalu rapi dengan pakaian resmi dan sepatu mahal yang siap dipamerkan. Anda hanya perlu membuat diri Anda senyaman mungkin. Tidak perlu malu belanja menggunakan sandal jepit, selama itu membuat Anda nyaman dan tidak memiliki risiko yang membahayakan diri sendiri.

5. Jangan Ragu untuk Datang dan Berbelanja Sendiri


Berbelanja bersama teman terkadang membuat pengeluaran kita lebih banyak. Alih-alih kita bisa lebih hemat karena teman berusaha mengontrol kita, kebanyakan kasus yang terjadi adalah teman justru memotivasi kita berbelanja lebih banyak dan boros. Memang terkadang belanja itu membutuhkan saran dan masukan, akan tetapi jika Anda merasa selama berbelanja bersama teman justru membuat Anda ingin membeli semua barang yang ditawarkan di bazar, tidak ada salahnya Anda pergi sendiri dan mempertimbangkannya berdasarkan kebutuhan Anda.

“Ah, tapi kalau bersama teman berarti ada yang siap menalangi kalau uangku tidak cukup untuk membeli barang incaranku?”

Justru ini yang harus Anda waspadai. Teman yang bersedia meminjamkan uangnya untuk Anda membeli sebuah barang incaran bisa menjadi candu. Utang Anda bertambah sementara kecenderungan untuk mengulangi hal yang sama semakin tinggi. Jangan sampai hal ini akhirnya menjadikan pertemanan Anda hancur karena tidak mampu melunasi utang sebelumnya.

6. Tidak Perlu Gengsi untuk Menawar


Anda boleh saja merasa warga sosialita karena memiliki kebiasaan berbelanja di toko mewah. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga Anda mencoba belanja murah di bazar. Di acara ini, Anda memiliki kesempatan untuk menawar harga produk yang ditawarkan. Berbeda dengan department store yang tidak memperbolehkan Anda mendapatkan produk mereka dengan harga yang disepakati bersama karena proses tawar-menawar. Proses ini akan membuat Anda bisa mengeluarkan dana belanja dengan lebih hemat. Siapa tahu, sisanya bisa digunakan untuk membelanjakan barang keinginan yang jadi incaran.

Kuatkan Kontrol Diri Anda

Dalam berbelanja, di mana pun tujuan belanja Anda, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kontrol diri yang kuat. Pastikan Anda benar-benar berbelanja untuk memenuhi kebutuhan lalu setelahnya Anda boleh memenuhi keinginan Anda. Jangan lupa untuk menyamankan diri Anda dulu ketika akan berbelanja di bazar karena lokasi penyelenggaraan acara ini biasanya di luar ruangan (outdoor). Terakhir, selalu gunakan uang tunai untuk mengantisipasi pemborosan dan juga tidak adanya fasilitas pembayaran dengan kartu oleh para pedagang.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: