Alasan Mengapa Pulang Tepat Waktu Saat Bekerja itu Penting - Lembur kerja bukanlah hal aneh lagi. Banyak dari pekerja memilih untuk lembur demi sesuap nasi. Uang yang didapatkan lumayan untuk menambah penghasilan buat kebutuhan sehari-hari. Sadar atau tidak, lembur membuatmu tidak memiliki waktu untuk keluarga. Jangankan untuk keluarga, bahkan untuk dirimu sendiri saja tidak bisa. Kamu jadi sering lupa makan, minum, tidur, apalagi memanjakan diri.
Alasan Mengapa Pulang Tepat Waktu Saat Bekerja itu Penting
Alasan Mengapa Pulang Tepat Waktu Saat Bekerja itu Penting

Mencintai pekerjaan boleh-boleh saja, justru sangat baik karena kamu akan senang hati untuk menyelesaikannya. Tapi ingat, jangan terlalu memporsir diri hingga kamu tidak punya waktu untuk diri sendiri. Hidup ini hanya satu kali. Kamu perlu melakukan hal indah dan menikmatinya.

Pekerjaan menumpuk memang membuatmu tidak tenang. Tapi tenang saja, masih ada hari esok untuk menyelesaikannya. Bukan berarti kamu harus terus menerus mengorbankan diri demi pekerjaan tersebut. Lanjutkan pekerjaan tersebut esok hari, dan pulang ke rumah dengan tepat waktu. Mengapa?

Berikut adalah alasan mengapa kamu perlu pulang tepat waktu:

1. Hidup Itu Bukan Hanya Kerja dan Kerja


Hal ini perlu dicamkan, terutama bagi anak muda. Janganlah terlalu memaksakan diri dengan lembur terus-menerus. Mencari uang untuk bekal tua nanti memang bagus, tapi jangan keterlaluan. Lagipula, kamu belum memiliki tanggungan yang harus dibiayai. Jadi, masalah lembur tidak perlu diambil pusing. Badanmu bukanlah mesin yang mampu bekerja 24 jam non-stop. Kamu perlu beristirahat dan tidur dengan lelap. Apa kamu tidak bosan kalau melakukan hal yang sama 24 jam setiap harinya?

2. Tidak Maksimal Keesokan Hari karena Kelelahan


Jika kamu sudah lelah, hentikan pekerjaan tersebut dan pulanglah ke rumah. Badanmu butuh istirahat. Jika kamu tetap memaksakan diri untuk lembur, yang ada pekerjaan keesokan harinya menjadi tidak maksimal. Kamu akan merasakan kantuk yang tak tertahan dan ingin tidur ketika sampai di kantor. Bagaimana kalau hal ini diketahui oleh atasan? Bisa-bisa kamu ditegur dan mendapat malu. Ingat, semakin banyak kamu beristirahat, semakin produktif pula dirimu keesokan harinya.

3. Kamu Bukan Mesin, Kamu Juga Butuh Istirahat


Kesehatan itu berharga. Sebanyak apapun uangmu kalau badan tetap saja sakit maka uang yang kamu cari selama ini akan habis untuk biaya pengobatan. Apalagi biaya pengobatan saat ini sangatlah mahal. Semakin kamu memaksakan diri, semakin rentan pula tubuhmu untuk diserang penyakit. Kalau sudah begini, rumah sakit menjadi pertolongan utama. Benar, tidak?

Gejala penyakit tersebut tidak kamu rasakan di usia 25 tahun, namun 40 tahun ke atas. Jika kamu ingin stay healthy, beristirahatlah dengan cukup. Ingatlah pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati.”

4. Keluarga Itu Penting! Jangan Pernah Diabaikan

Demi lembur, kamu rela mengorbankan family time bersama orang-orang tercinta. Kalau dipikir-pikir “apalah arti uang tanpa dikelilingi orang-orang terkasih?” Pertanyaan tersebut cocok kamu jadikan bahan perenungan. Jika kamu sudah bekerja dari pagi hingga sore, luangkan waktu bersama keluarga di malam harinya. Lagipula berkumpul bersama keluarga jauh lebih asyik ketimbang duduk di depan komputer. Benar, tidak?

5. Agar Dirimu Tidak Jatuh Sakit

Semakin lama berada di kantor dapat menimbulkan stress, apalagi kalau melihat kertas yang menumpuk di meja kerja. Percaya atau tidak, kepenatan bisa meningkatkan stres dan akhirnya jatuh sakit. Kalau sudah sakit, lantas bagaimana dong? Kamu pasti tidak bisa bekerja secara maksimal. Malahan kamu akan meminta izin untuk beristirahat satu hingga dua hari. Kalau sudah seperti ini, pekerjaan jauh lebih menumpuk, bukan?

Jatuh sakit adalah hal yang harus dihindari saat bekerja. Hal ini berakibat tidak terselesaikannya tugas sesuai deadline. Alhasil, performa atau kinerjamu di depan atasan akan buruk. Untuk menghindarinya, pulanglah ke rumah tepat pada waktunya

Kesehatan Mental Tetap Prioritas Utama

Mencari uang itu penting, bahkan sangat penting. Tanpa uang, kita tidak bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan diri. Tapi ingat, jangan sampai uang membeli kebahagiaanmu. Apalagi kalau sampai menyita waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Sebagai karyawan yang bijak, pintar-pintarlah membagi waktu antara pekerjaan, diri sendiri, dan keluarga.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: