Bagi Pecinta Diving, Inilah 5 Spot Terbaik di Karimunjawa - Karimunjawa, kepulauan yang memiliki luas perairan berkisar 110.000 hektar ini mempunyai daya Tarik tersendiri. Di kelilingi pulau dengan total luas daratannya sekitar 1500 hektar, karimun jawa menjadi obyek wisata di Jawa Tengah yang tidak boleh di lewatkan. Pemerintah Jepara menetapkan Karimunjawa sebagai objek wisata dan Taman Nasional pada tanggal 5 Maret 2001.
Bagi Pecinta Diving, Inilah 5 Spot Terbaik di Karimunjawa
Bagi Pecinta Diving, Inilah 5 Spot Terbaik di Karimunjawa 

Karimunjawa kaya akan habitat terumbu karang yang tersebar d bawah perarian laut yang terletak di laut Jawa tersebut. Kurang lebih terdapat 400 spesies fauna laut dan 242 ekor jenis ikan hias yang bisa ditemukan di perairan Karimunjawa. Kaya akan keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya membuat wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung untuk menikmati objek wisata bawah air Karimunjawa.

Wisatawan akan dihibur dengan wisata bawah laut, wisata bawah laut dapat dinikmati dengan cara menyelam atau diving. Bagi pecinta olah raga diving. Karimunjawa merupakan salah satu obyek wisata yang tidak akan dilewatkan. Ada lima titik dari ribuan hektar perairan di Karimunjawa yang menyimpan daya tarik yang menawan.

1. Menjangan Besar

Titik wisata Menjangan Besar sudah tidak asing lagi bagi para pecinta diving. Selain objek wisata terumbu karangnya yang banyak menyimpan keindahan. Para wisatawan juga akan disuguhkan dengan penangkaran ikan hiu, bahkan yang lebih menarik lagi pengunjung juga dapat berpose foto dengan ikan hiu. Walaupun memang terdengar sedikit menyeramkan. Pulau kecil yang ada di Menjangan Besar dengan hamparan pasir putih yang menawan akan menambah keindahan dari titik wisata menjangan kecil di Karimunjawa.

2. Pulau Cemara

Letak dari kepulauan Cemara ini agak sedikit jauh dari lokasi Karimunjawa, akan tetapi keindahan alamnya sangat menawan. Keindahan alam yang ada di kepulauannya dan alam bawah lautnya telah banyak memberikan keindahan tersendiri. Ada dua pulau Cemara di Karimunjawa, pulau Cemara kecil dan Cemara Besar.  Kedua pulau tersebut mempunyai keindahan terumbu karang yang indah.

3. Pulau Cilik


Pulau cilik berada di sebelah timur kepulauan Karimunjawa. Kata “cilik” berarti kecil dalam Bahasa jawa, namun keindahan alamnya tidak dapat dianggap remeh. Kepulauan ini mempunyai indahnya terumbu karang dan juga keindahan dari kepulauannya yang sangat menawan. Banyak wisatawan asing dan lokal yang juga tidak melewatkan waktu untuk menikmati keindahan alam bawah laut dengan menyelam.

Terdapat dermaga yang terbuat dari kayu, yang menjorok ketengah. Para wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut dari pulau ini walau tidak menyelam akan tetapi dengan melihat dari sisi tepi dermaga tersebut. Walaupun dermaga tersebut tidak terlalu jauh menjorok ke laut akan tetapi, dapat sedikit mewakili keindahan alam dari alam bawah laut pulau cilik karimunjawa.

4. Pulau Tengah

Pulau yang satu ini bisa dikatakan favorit di perairan Karimunjawa, pulau yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari pulau cilik ini mempunyai keindahan alam bawah laut yang terkenal dengan tipe hard coral dan sea anemone. Sehingga banyak wisatawan pecinta diving yang berkunjung dan berburu ikan-ikan kecil seperti clown fish dan ikan-ikan kecil lainnya yang lucu dan menawan.

Pulau yang mempunyai luas 4 hektar ini mempunyai daya Tarik tersendiri. Dan berbeda dengan daerah-daerah yang lain di Karimunjawa. Pulau Tengah menawarkan keindahan coral bawah lautnya.

5. Tanjung Gelam


Keindahan Tanjung Gelam memberikan nuansa pantai yang hangat bagi para wisatawan, banyak pohon kelapa yang belajar dibibir pantai dan hamparan pasir putih yang menyambut setiap pengunjung yang datang. Wisatawan yang datang ke pulau ini juga akan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan.

Sebagai wisata alam pantai Karimunjawa mempunyai musim yang terkadang menjadi hal yang membuat wisatawan harus mengurungkan niatnya. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu akan membuat wisatawan tidak dapat menikmati indahnya Karimunjawa.

Datang Pada Waktu yang Tepat

Ada dua musim menurut angin laut, yaitu musim baratan dan musim timuran. Menurut penduduk setempat musim baratan adalah musim dimana waktu yang tepat untuk mengunjungi Karimunjawa. Musim baratan atau juga biasa disebut dengan musim pancaroba atau musim kemarau yang datang antara bulan Maret sampai dengan Juli.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: