Bosan ke Mal? Ajak Saja Anak-Anak Berlibur ke Sini - Musim liburan sekolah telah tiba. Anda tentu memiliki segudang rencana liburan bersama pasangan dan anak-anak. Berlibur menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak sehingga sangat wajar jika Anda menginginkan tempat liburan yang istimewa dan berbeda dari biasanya. Meskipun hanya menikmati liburan di Jakarta, bukan berarti Anda hanya bisa membawa anak-anak berlibur ke tempat yang sama.
Ajak Saja Anak-Anak Berlibur ke Sini
Ajak Saja Anak-Anak Berlibur ke Sini

Selalu menghabiskan waktu liburan di mal sudah pasti akan terasa membosankan dan membuat liburan kurang berkesan. Sesekali rencanakan liburan ke tempat-tempat yang berbeda dari biasanya. Apalagi jika Anda menginginkan anak-anak menikmati liburan mereka. Beberapa tempat bermain di wilayah Jakarta dan kota-kota sekitarnya ini bisa dijadikan sebagai tempat alternatif liburan bagi anak-anak.

1. Monas

Liburan ke Monumen Nasional (Monas) mungkin tidak terbersit di benak Anda selama ini. Bisa jadi karena Anda menganggap tempat ini bukan lagi tempat liburan yang istimewa. Yang jadi pertanyaan, apakah Anda pernah mengajak anak-anak berlibur ke sana?

Monas kini telah banyak berubah dibanding beberapa tahun sebelumnya. Sekarang Monas lebih tertata rapi dan bersih sehingga pengunjung merasa betah saat berada di sana. Di Monas, anak-anak juga bisa belajar sejarah dan mengenal Jakarta dari sisi yang berbeda. Anda juga bisa mengajak anak-anak menikmati pemandangan Jakarta dari puncak tugu Monas.

2. Kampung Horta

Ini khusus bagi anak-anak yang memang menginginkan sebuah suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Di Kampung Horta, anak-anak dapat menikmati liburan di tengah-tengah hutan yang hijau dan teduh. Mereka bisa ikut serta dan terlibat secara langsung dalam berbagai kegiatan bertemakan alam dan lingkungan hidup di sana, seperti mengenal tanaman obat, menanam padi di sawah, membuat telur asin, melihat proses daur ulang kertas, menangkap ikan, dan juga berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Bogor.

3. Pelita Desa

Pelita Desa akan memberikan suasana liburan yang unik dan menarik bagi anak-anak. Mereka bisa melihat dan juga ikut serta dalam pembuatan berbagai kerajinan dari tanah liat. Selain itu, mereka dapat melakukan beragam kegiatan menarik lainnya di Pelita Desa, seperti memerah sapi, membajak sawah, memanen dan menumbuk padi, menampi beras, menanam padi, membuat kompos, serta berbagai kegiatan mendidik lainnya. Pelita Desa terletak di Desa Tajur, Pasirmukti dan Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Bogor.

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Di tempat ini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk menikmati suasana pedesaan yang asri dan masih sangat alami. Kampoeng Wisata Cinangneng memberikan suasana liburan yang berbeda bagi anak. Di sini terdapat tiga paket liburan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan minat anak-anak. Beragam kegiatan lainnya juga tersedia di sini, seperti kegiatan belajar memainkan angklung, menanam padi, memandikan sapi, belajar main gamelan, mewarnai caping, memakai pakaian tradisional, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Kampoeng Wisata Cinangneng terletak di Jl. Babakan Kemang RT 01/RW 02 Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor.

5. Galeri Indonesia Kaya

Tempat bermain ini sangat sesuai bagi anak-anak yang memiliki minat tinggi terhadap berbagai hal mengenai kebudayaan Indonesia. Galeri Indonesia Kaya memiliki ruang pertunjukan multimedia yang bisa dimanfaatkan untuk belajar dan lebih mengenal beragam kebudayaan Indonesia. Di sini Anda dan keluarga akan disuguhi dengan pertunjukan kebudayaan gratis melalui multimedia.

6. Mekar Sari

Taman buah Mekar Sari juga bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan dan bermain bagi anak-anak. Di sini Anda bisa menikmati sensasi memetik sendiri buah-buahan dari pohonnya. Tempat ini juga menyediakan program wisata edukasi khusus bagi anak-anak. Mereka bisa belajar menanam di dalam pot, memberi makan ikan, membuat beragam kreasi dari tanah liat, dan juga berbagai kegiatan unik lainnya. Taman Buah Mekar Sari terletak di Jl. Raya Cileungsi, Jonggol KM. 3, Kabupaten Bogor.

7. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Bukan hanya bermain saja, di taman ini anak-anak juga bisa belajar untuk mengenal dunia lalu lintas dan berbagai ketentuan serta rambu yang digunakan di sana. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara juga memiliki mobil-mobilan dan juga sepeda yang bisa digunakan untuk mengelilingi taman dengan lebih menyenangkan. Taman ini cukup luas untuk area bermain anak-anak sehingga mereka akan betah dan senang bermain di sini. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara terletak di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur.

8. Taman Budaya

Taman Budaya memiliki fasilitas outbound khusus bagi anak-anak. Beragam peralatan di sana memang sangat aman untuk digunakan anak-anak. Taman ini memiliki program Kids Army yang akan membuat liburan anak-anak semakin menyenangkan. Taman Budaya berlokasi di Jl. Siliwangi, Sentul City, Bogor.

9. The Playground

Meski terletak di tengah-tengah Kota Jakarta, The Playground tetap menjadi tempat bermain anak yang patut Anda pertimbangkan. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang menyenangkan bagi anak-anak, seperti area bermain air, flying fox, tempat khusus untuk merayakan ulang tahun yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung, serta berbagai fasilitas lainnya. The Playground terletak di Jl. Kemang Dalam 3B No. B6, Jakarta Selatan.

10. Pinisi Edutainment Park

Ini menjadi tempat bermain dan liburan yang tepat bagi Anda yang berniat untuk mengenalkan beragam budaya Indonesia kepada anak-anak. Pinisi Edutainment Park akan membuat anak-anak Anda betah. Di sana mereka bisa mempelajari berbagai hal mengenai kebudayaan Indonesia, seperti belajar membatik, memainkan wayang, dan menari tradisional dengan dibantu para pendamping yang profesional. Tempat ini berlokasi di Pasaraya Blok M, 9th & 10th Floor, Jl. Iskandarsyah II No. 2

11. Planetarium

Planetarium menjadi tempat yang sangat tepat bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk menikmati keindahan angkasa. Di sini anak-anak bisa lebih mengenal ilmu astronomi dan menikmati teater bintang untuk memahami dunia astronomi. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling disukai anak-anak. Planetarium berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No.73.

12. Museum Layang-Layang

Bukan cuma menikmati keindahan berbagai layangan cantik dan menarik di sini, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk belajar mewarnai dan menerbangkan layang-layang sekaligus. Ini akan menjadi tempat bermain yang menarik bagi anak-anak Anda. Sebab bukan hanya layangan lokal saja, tempat ini juga memiliki koleksi layangan dari luar negeri. Museum layangan berlokasi di Jl. H. Kamang No. 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

13. Museum Wayang

Museum ini juga memiliki beragam koleksi wayang dan juga boneka dari berbagai negara di dunia sehingga sangat tepat jika Anda mengajak anak-anak berlibur ke tempat ini. Di sini anak-anak bisa mengenal berbagai macam wayang dan juga boneka yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Lokasi Museum Wayang ini terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 27.

14. Taman Suropati

Taman Suropati memiliki kawasan yang rimbun dan hijau. Sangat tepat untuk menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Taman ini begitu sejuk dan nyaman sehingga menjadi salah satu tempat bermain favorit di Jakarta. Pada akhir pekan, di taman ini sering diadakan latihan kelompok musik. Taman Suropati terletak di Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta.

15. Museum Bahari

Museum Bahari menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi bersama anak-anak. Sebab di sini Anda bisa mengenal berbagai hal mengenai kekayaan budaya Indonesia. Museum ini terletak di Jl. Pasar Ikan No.1 Jakarta Utara.

Yang Dekat, Berbeda, dan Menyenangkan

Berwisata dan bermain tidak harus pergi jauh-jauh sampai ke Bali atau Singapura. Anda bisa mengajak anak-anak untuk sekadar menikmati beragam tempat bermain di wilayah Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Ada banyak tempat wisata yang ramah lingkungan dan bisa memberikan suasana liburan yang berbeda bagi anak-anak. Rencanakan liburan Anda dan ajak si kecil untuk menikmati berbagai tempat bermain yang menyenangkan dan berbeda dari biasanya pada hari libur mereka.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: