Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent - Menjadi seorang single parent tentu akan membuat Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan, terutama bagi Anda yang memang sangat memperhatikan berbagai hal terkait dengan keuangan keluarga yang Anda miliki saat ini. Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat sumber penghasilan hanya akan berasal dari Anda sendiri saja. Bagi yang telah terbiasa dengan kondisi tersebut, maka bukan sebuah hal yang sulit untuk menjalankannya, namun bagaimana dengan Anda?
Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent
Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent 

Berbagai pos pengeluaran yang harus ditutupi setiap bulannya, akan menjadi kewajiban yang ditanggung oleh Anda sendiri selaku single parent. Secara keseluruhan, ini akan menjadi sebuah pekerjaan yang tidak mudah, apalagi jika ternyata Anda memiliki beberapa orang anak yang tentu saja akan selalu membutuhkan sejumlah dana di dalam perawatan mereka.

Anda mungkin akan menjalankan beberapa kebijakan keuangan yang tentu saja berbeda dengan pasangan lainnya yang memiliki dua pos pendapatan sekaligus, di mana jumlah penghasilan yang mereka peroleh dan bisa gunakan masih utuh untuk menutupi berbagai kebutuhan di dalam rumah tangga yang mereka jalankan.

Di lain sisi, sebagai seorang single parent Anda tentu akan memiliki kendali penuh dan bisa menerapkan berbagai kebijakan sendiri di dalam keuangan yang Anda miliki. Hal inilah yang akan menghasilkan berbagai keputusan-keputusan yang terbaik yang akan Anda ambil dan lakukan untuk keluarga Anda, di mana kebebasan Anda dalam menerapkan berbagai kebijakan dan juga pengelolaan keuangan tersebut akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya Anda dalam mengatur keuangan keluarga. Simak beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda terapkan dalam mengatur keuangan keluarga:

1. Miliki Rencana yang Tepat


Rencana selalu menjadi sebuah langkah awal yang tepat di dalam keuangan, di mana berbagai keinginan dan juga kebutuhan Anda terhadap keuangan keluarga bisa Anda susun dengan matang dan tepat pada sasaran. Dalam menyusun sebuah rencana keuangan, Anda akan membutuhkan berbagai pertimbangan terlebih dahulu, sehingga berbagai pos di dalam keuangan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan keluarga secara keseluruhan.

Jangan menyusun sebuah rencana yang tidak masuk akal dan membebani keuangan Anda secara berlebihan, sebab hal ini hanya akan menjadi sebuah target arau poin yang besar kemungkinan sangat mustahil untuk Anda capai. Buatlah sebuah rencana keuangan yang realistis, di mana berbagai pos yang terdapat di dalamnya tetap seimbang dan bisa memberikan imbas positif di dalam keluarga dan juga keuangan itu sendiri. 

2. Terapkan Kebijakan dan Jalankan dengan Disiplin

Di dalam sebuah rencana keuangan, Anda juga wajib untuk menerapkan berbagai kebijakan, hal ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan juga kebutuhan keuangan tersebut. Jangan tunda untuk mempertimbangkan dan mengambil berbagai kebijakan, terutama yang berkaitan dengan pos pengeluaran yang terdapat di dalam keuangan. Selalu awasi pos pengeluaran Anda, agar berbagai keputusan pengeluaran keuangan tersebut bisa diambil dengan tepat dan efektif. Berbagai kebijakan ini tentu hanya akan berguna jika Anda menerapkannya dan menjalankannya dengan disiplin di dalam keuangan, dan bukan hanya membuatnya sebagai sebuah wacana dan rencana yang akan datang.

3. Prioritaskan Kebutuhan Pokok dan Masa Depan

Selalu bedakan dengan baik, antara: keinginan, kebutuhan, dan juga kewajiban. Hal ini akan membuat Anda memahami apa saja dan bagaimana cara Anda dalam memenuhi berbagai pos di dalam keuangan Anda. Pemahaman ini juga akan sangat membantu Anda untuk bisa memilih dan mendahulukan berbagai kebutuhan di dalam keuangan, termasuk untuk menentukan berbagai pos lainnya yang harus dipenuhi untuk kebutuhan masa depan.

Hidup bukan hari ini saja, sehingga sangat penting untuk memikirkan dan merencanakan sebuah masa depan di dalam keuangan. Jangan menghabiskan penghasilan Anda hanya untuk berbagai hal yang terlihat “penting” saat ini, sementara Anda melupakan berbagai keputusan dan persiapan keuangan untuk masa depan Anda dan juga anak-anak. Selalu upayakan untuk memikirkan masa depan sejak awal, misalnya dengan mempersiapkan: asuransi kesehatan, asuransi pensiun, dana pendidikan, atau bahkan dana liburan ketika Anda sudah pensiun nanti.

4. Tentukan Tujuan yang Akan Dicapai

Keuangan harus memiliki tujuan yang jelas, inilah yang akan menjadi sebuah titik penting dalam pencapaian keuangan yang Anda kelola selama ini. Susun dan tetapkan berbagai tujuan di dalam keuangan Anda, sehingga rencana keuangan bisa disesuaikan untuk tujuan tersebut.

Lakukan hal ini dengan selalu mempertimbangkan kondisi keuangan saat ini, sehingga berbagai pos pengeluaran rutin dan juga penting lainnya tidak akan mengalami gangguan. Tetapkan porsi yang tepat untuk semua tujuan keuangan dan juga kebutuhan Anda, agar berbagai pos di dalam keuangan tetap bisa berjalan dengan seimbang dan sehat.

5. Menabung Secara Rutin


Lakukan hal ini begitu Anda mendapatkan penghasilan bulanan atau yang lainnya, di mana Anda akan selalu menyisihkan minimal 10% dari total penghasilan tersebut. Disiplin dalam menabung adalah sebuah tindakan yang baik dan berguna di dalam keuangan, di mana sejumlah dana tabungan ini kelak bisa dimanfaatkan sebagai dana cadangan darurat atau bahkan menjadi sejumlah dana investasi bagi masa depan.

Biasakan menabung secara teratur dan disiplin, agar keuangan tetap memiliki jaminan / dana darurat yang memadai di saat-saat sulit. Perkenalkan dan biasakan juga hal ini kepada anak-anak Anda, sehingga mereka melek dan memiliki keinginan untuk mengatur keuangan sejak dini.

6. Belanjakan dengan Cerdas

Pos pengeluaran adalah hal yang paling riskan dan seringkali menjadi penyebab gagalnya seseorang di dalam mengelola keuangan, sehingga sangat penting bagi Anda untuk selalu mengantisipasi dan mempertimbangkan berbagai hal di dalam pos pengeluaran tersebut. Selalu hitung dan pertimbangkan pengeluaran Anda dengan cerdas, termasuk berbagai pembelanjaan yang Anda lakukan secara rutin untuk kebutuhan keluarga.

 Jangan mengeluarkan sejumlah uang belanja tanpa membuat sebuah perhitungan yang jelas, di mana Anda justru akan mengalami berbagai masalah keuangan setelah melakukannya. Selalu rencanakan dan pertimbangkan dengan matang pembelanjaan yang akan dilakukan, baik itu yang bersifat rutin atau sesekali saja. Hal ini akan membuat Anda memiliki kebiasaan belanja yang cerdas dan sehat di dalam keuangan. 

7. Miliki Pola Hidup Hemat

Penghasilan yang Anda miliki tentu harus mencukupi untuk berbagai kebutuhan di dalam keluarga Anda, karena itu sangat penting untuk selalu menggunakannya dengan hemat dan terencana. Jangan menghambur-hamburkan uang untuk berbagai hal yang tidak begitu penting, atau bahkan cukup penting namun bukan sebuah hal yang wajib, di mana ini justru bisa saja menjadi sebuah pemborosan di dalam keuangan.

8. Segera Berinvestasi

Lakukan investasi di dalam keuangan, agar keluarga memiliki jaminan masa depan di masa yang akan datang. Tidak harus dalam jumlah yang besar saja, Anda juga bisa melakukan investasi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, tentunya yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

Namun sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam memilih instrumen investasi, terutama bagi Anda yang belum terbiasa dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal ini. Berinvestasilah dalam berbagai instrumen yang jelas dan memiliki risiko yang rendah, agar uang tidak hilang dan menguap dengan percuma. Jangan lupa untuk melakukan investasi dalam beberapa instrumen, agar risiko dapat terbagi dan keuangan tetap memiliki jaminan yang baik di dalam investasi yang Anda lakukan tersebut.

9. Mencari Penghasilan Tambahan


Tidak ada salahnya untuk mencari dan menemukan sebuah pekerjaan sampingan yang dapat menambah penghasilan Anda, terutama jika Anda memang memiliki sejumlah kebutuhan yang tidak terpenuhi dengan hanya mengandalkan penghasilan dari pekerjaan yang ada saat ini. Namun selalu ingat bahwa ini hanyalah penghasilan tambahan, di mana pekerjaan saat ini masih tetap menjadi sumber penghasilan utama di dalam keuangan Anda.

Jalankan dengan Terencana dan Disiplin

Meski terbilang cukup berat dan membutuhkan sebuah usaha yang lebih, namun menjadi seorang single parent akan membantu Anda untuk menemukan berbagai kebijakan di dalam keuangan. Jalankan dan kelola keuangan Anda dengan mengandalkan berbagai kebijakan yang tepat, sehingga semua pos di dalam keuangan tetap stabil dan berjalan lancar. Selalu kelola keuangan dengan disiplin, agar berbagai pos dan rencana di dalamnya bisa menjadi sesuatu yang menjamin hidup dan masa depan Anda bersama dengan anak-anak.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: