Cara Cerdas Manfaatkan Uang Rp100.000 Agar Bermanfaat - Tingginya harga berbagai barang dan kebutuhan di pasaran, seringkali membuat sebagian orang menjadi begitu sepele dan tidak mengetahui dengan jelas apa saja manfaat lain yang dapat diberikan uang seratus ribu rupiah yang mereka miliki, di luar untuk kegiatan berbelanja tentunya. Hal ini terjadi karena mudahnya kita menghabiskan sejumlah uang tersebut, bahkan meski hanya untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu mendesak sekalipun.
Cara Cerdas Manfaatkan Uang Rp100.000 Agar Bermanfaat
Cara Cerdas Manfaatkan Uang Rp100.000 Agar Bermanfaat 

Pola pikir seperti ini tentu akan sangat merugikan, sebab jika kita lebih jeli dan memahami manfaat lainnya dari uang seratus ribu rupiah tersebut untuk masa depan kita, maka tentu kita bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan yang lebih berguna di dalam keuangan kita.

Di luar sana, ada banyak produk keuangan yang bisa kita dapatkan hanya dengan mengandalkan uang seratus ribu sekalipun, di mana berbagai produk keuangan tersebut tentu akan jauh lebih bermanfaat dan memiliki imbas positif terhadap keuangan kita di masa depan. Hal ini tentu akan jauh lebih berguna, jika dibandingkan dengan berbagai kegiatan lainnya yang akan kita lakukan terhadap uang tersebut.

Jangan berpikir tentang sejumlah prosedur dan juga syarat yang sulit ketika akan melakukan investasi, sebab saat ini berbagai produk investasi dapat diakses dengan lebih mudah dan juga lebih cepat oleh semua orang. Hal ini tentu akan membuat kegiatan investasi menjadi lebih menyenangkan, bahkan bagi pemula seperti Anda sekalipun.

Anda pasti paham betul bagaimana pentingnya sebuah investasi untuk masa depan Anda, karena itu tidak ada salahnya untuk memulainya sejak saat ini, bahkan meski hanya dengan uang seratus ribuan yang seringkali terbelanjakan tanpa sebuah perencanaan. Simak beberapa pilihan di bawah ini, yang bisa dipertimbangkan untuk memanfaatkan uang seratus ribuan Anda:

1. Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi meski hanya memiliki modal yang kecil sekalipun. Hal ini jugalah yang membuat reksa dana dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan investasi yang tepat bagi para pemula, sebab di dalam reksa dana semua dana yang masuk akan dikelola langsung oleh seorang manajer investasi yang profesional, sehingga para pemodal tidak perlu bersusah payah untuk mengelolanya sendiri.

Namun meskipun demikian, akan sangat tepat jika Anda sebagai investor mulai mempelajari dan memahami berbagai hal terkait dengan reksa dana itu sendiri, agar Anda menguasai dengan baik investasi tersebut.

Berbeda dengan jenis investasi lainnya, reksa dana memungkinkan Anda untuk melakukan penyetoran dana dalam jumlah kecil sekalipun, bahkan meski hanya Rp100.000,- saja. Hal ini bahkan dapat dilakukan secara otomatis setiap bulannya dengan menggunakan fasilitas autodebet dari rekening bank yang Anda miliki dan daftarkan, dengan adanya sistem ini maka Anda tidak perlu repot dan kewalahan dalam melakukan investasi tersebut setiap bulannya.

Ada 4 jenis reksa dana yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain:


  • Reksa dana pasar uang.
  • Reksa dana pendapatan tetap.
  • Reksa dana saham.
  • Reksa dana campuran.

Anda perlu mempelajari dan mengetahui hal ini satu persatu secara detail, agar Anda mengerti ke mana dan bagaimana dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi Anda. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan layanan reksa dana adalah Manulife, di mana Anda dapat melakukan investasi ini dengan mudah. Cukup dengan mengisi formulir pembelian reksa dana serta melampirkan fotocopy KTP, lalu melakukan pembayaran melalui teller bank atau melakukan transfer ke rekening yang tertera di aplikasi tersebut, maka Anda sudah bisa memiliki produk reksa dana di Manulife.

2. Tabungan BTN Perumahan


Memiliki sebuah rumah merupakan salah satu hal wajib yang harus Anda pertimbangkan sejak sekarang. Hal ini bahkan bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah sekalipun, yakni dengan menyiapkan sejumlah uang muka yang akan Anda pergunakan untuk membelinya di masa yang akan datang. Anda tentu setuju, jika dikatakan sejumlah uang muka ini juga akan terbilang cukup besar, bukan?

Uang muka rumah adalah salah satu hal yang membuat sebagian besar orang mengalami kesulitan ketika akan mengajukan KPR ke bank, mengingat jumlahnya bisa saja mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah, tergantung tipe dan juga harga rumah yang akan dibeli nantinya. Itulah mengapa secara khusus BTN mengeluarkan produk tabungan untuk hal tersebut. Tabungan BTN perumahan akan mempermudah dan membuat proses menabung sejumlah uang muka tersebut menjadi lebih mudah, bahkan meski Anda hanya memiliki setoran Rp100.000,- saja per bulannya.

Untuk mendapatkan fasilitas tabungan ini, Anda harus melakukan pembukaan rekening di BTN terdekat dengan membawa KTP, rekening BTN, dan mengisi formulir pendaftaran, serta melakukan setoran awal sebesar Rp2.000.000,-. Meski setoran awalnya berjumlah lumayan besar, namun setoran selanjutnya dapat dilakukan minimal Rp100.000,- per bulan. Sangat terjangkau, bukan?

Berbeda dengan jenis tabungan lainnya, di dalam Tabungan BTN Perumahan, rekening Anda yang tidak memiliki transaksi selama 6 bulan terakhir tidak akan ditutup secara otomatis oleh sistem. Namun rekening tersebut hanya akan menjadi rekening pasif dan bisa diaktifkan kembali setelah Anda melakukan setoran kembali.

3. Asuransi Jiwa sebagai Jaminan bagi Keluarga Tercinta


Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah Asuransi Jiwa Gemilang dari Generali Indonesia. Perusahaan ini akan memberikan manfaat tambahan bagi Anda, berupa tambahan perlindungan dari penyakit kritis dan juga risiko kematian akibat kecelakaan.

Produk asuransi yang berbasis unit link ini sudah tentu memiliki nilai investasi di dalam keuangan Anda, jadi tidak ada salahnya Anda melakukan top up di luar premi bulanan yang telah disepakati, jika ternyata Anda memiliki sejumlah dana yang cukup untuk hal tersebut. Sebagaimana produk asuransi lainnya, asuransi ini juga menggunakan perhitungan rasio usia bagi para pesertanya, di mana semakin bertambahnya usia maka akan semakin kecil nilai pertanggungan yang diberikan, karena risiko kematian juga semakin tinggi.

Contoh: Jika seseorang membayar premi sebesar Rp100.000,- per bulan dan meninggal di usia 39 tahun, maka nilai uang pertanggungan yang diperoleh ahli warisnya adalah sebesar Rp50 juta. Namun jika ternyata orang tersebut meninggal ketika berusia antara 41-50 tahun, maka nilai uang pertanggungan yang akan didapatkan oleh ahli warisnya hanya Rp20 juta saja.

4. Mandiri Tabungan Rencana


Bank Mandiri juga memiliki sebuah produk yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk menabung dan menyisihkan uang Rp100.000,- dengan lebih cerdas. Tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri merupakan sebuah produk tabungan yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu di dalam keuangan Anda, sebab tabungan ini memiliki jangka waktu tertentu yang dimulai dengan minimal 12 bulan dan dilengkapi dengan fasilitas asuransi di dalamnya. Tabungan ini juga dilengkapi dengan fitur autodebet yang akan mempermudah Anda dalam melakukan penyetoran setiap bulannya.

Sebagaimana namanya, tabungan ini memang dikhususkan untuk berbagai tujuan keuangan Anda, seperti tabungan pendidikan anak dan yang lainnya. Anda tidak bisa mengambil dana yang terdapat di dalamnya sebelum jatuh tempo, atau meskipun hal tersebut dilakukan maka Anda akan dikenai biaya penarikan sejumlah Rp150.000,- jika melakukan penarikan di awal. Sistem ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menahan diri untuk mengambil dan menggunakan sejumlah dana tabungan tersebut, bukan?

5. Asuransi bagi Semua Anggota Keluarga


Mitra Asri merupakan produk asuransi jiwa yang dikeluarkan oleh Asuransi Jiwa Bumi Putra, di mana produk ini akan memberikan perlindungan terhadap Anda dan anggota keluarga lainnya dengan sejumlah dana yang cukup ringan dan terjangkau. Dengan premi mulai dari Rp50.000,- per tahun, maka Anda dan seluruh anggota keluarga dapat merasakan manfaat perlindungan asuransi tersebut.

Asuransi ini sistemnya hangus, jadi jika tidak ada klaim selama setahun, maka premi tidak akan dikembalikan kepada peserta. Anda dapat melakukan pendaftaran dengan membawa KTP beserta Kartu Keluarga ke AJB terdekat, tanpa perlu melakukan tes kesehatan.

Gunakan dengan Lebih Cerdas

Uang seratus ribu mungkin saja bukan jumlah yang terbilang besar bagi Anda. Namun jika dimanfaatkan dengan tepat, maka uang tersebut tentu bisa memberikan keuntungan dan juga dampak baik bagi keuangan di masa yang akan datang. Pilih investasi yang sesuai dan manfaatkan uang seratus ribu Anda dengan cerdas, agar Anda bisa merasakan keuntungan dan manfaat lebih di dalam keuangan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: