Cara Hemat Internetan dan Pulsa di Luar Negeri - Berencana untuk bepergian ke luar negeri dalam waktu yang dekat, Anda tentu akan sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Pakaian dan berbagai perlengkapan serta kebutuhan pribadi Anda selama berada di sana akan menjadi hal yang perlu untuk dipersiapkan sejak awal agar semua urusan dan perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar. Telepon dan gadget merupakan dua hal yang tidak mungkin Anda lupakan, bukan?
Cara Hemat Internetan dan Pulsa di Luar Negeri
Cara Hemat Internetan dan Pulsa di Luar Negeri 

Meski berada di luar negeri, Anda tentu ingin selalu mendapatkan berbagai informasi penting melalui ponsel, termasuk untuk berbagai kebutuhan dan juga kemudahan bagi keluarga dalam menghubungi Anda selama berada jauh dari mereka. Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah perhatian khusus yang patut Anda persiapkan sejak awal. Jangan sampai Anda sulit dihubungi atau bahkan Anda menemukan berbagai kendala selama berada di luar negeri karena tidak memiliki akses internet dan juga telepon yang memadai.

Tetap mengaktifkan ponsel selama berada di luar negeri, tentu menjadi sebuah pilihan yang tepat. Namun, hal ini juga harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk kepentingan tersebut terbilang cukup mahal. Ditambah lagi, berbagai kebutuhan dan kepentingan lainnya pasti akan membuat Anda tidak bisa terpisah dari layanan telepon dan juga internet. Oleh sebab itu, jalan satu-satunya adalah dengan cara menyiasati penggunaan kedua layanan tersebut agar lebih hemat dan bersahabat di kantong Anda.

Hemat Internet Ketika Berada di Luar Negeri

Zaman sekarang hampir tidak mungkin bagi banyak orang untuk terpisah dari layanan internet, bahkan meski itu hanya beberapa hari saja selama bepergian ke luar negeri. Barangkali Anda juga mengalami hal yang serupa. Justru dalam momen seperti ini Anda akan sangat membutuhkan layanan yang satu ini, terutama untuk mendapatkan berbagai informasi dan juga hal lainnya terkait dengan tempat dan urusan yang sedang Anda kerjakan di luar negeri. Internet bukan lagi sebuah hal yang asing, tapi telah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari yang akan membantu dan mempermudah berbagai urusan yang dilakukan banyak orang, terutama ketika mereka sedang bepergian jauh dari rumah.

Saat bepergian ke luar negeri, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan layanan internet dengan penuh perhitungan agar Anda tidak sampai mengalami kendala selama dalam perjalanan nanti dan bahkan hingga kembali lagi ke dalam negeri. Simak beberapa cara hemat internet berikut ini, yang bisa Anda gunakan ketika akan bepergian ke luar negeri.

1. Pastikan Data Roaming Tidak Aktif


Sangat tepat jika Anda melakukan ini sesaat sebelum take off, di mana semua penumpang tentu akan diwajibkan untuk menonaktifkan ponsel mereka. Pastikan Anda juga sekaligus menonaktifkan data roaming pada ponsel Anda. Nantinya ketika tiba di luar negeri dan mengaktifkan kembali ponsel, Anda tidak akan dikenai sejumlah biaya akibat menggunakan layanan jaringan lain yang terdapat di sana. Sebab jaringan yang biasa Anda gunakan tidak akan terhubung di luar negeri.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dengan cara masuk ke menu pengaturan yang terdapat di ponsel Anda. Ikuti instruksi yang terdapat di sana dan pastikan Anda menonaktifkan data roaming tersebut dengan baik. Untuk kebutuhan internet selama masa transit di dalam perjalanan, Anda bisa menggunakan layanan Wi-Fi yang umumnya tersedia di tempat-tempat pelayanan publik seperti bandara.

2. Beli Paket Data Roaming Sebelum Berangkat

Jika Anda merasa lebih nyaman ketika menggunakan data pribadi daripada Wi-Fi selama dalam perjalanan Anda, ada baiknya hal ini dipersiapkan sejak awal, jauh-jauh sebelum keberangkatan. Hubungi operator telekomunikasi atau provider Anda untuk mengetahui layanan tersebut di negara tujuan yang akan Anda datangi nanti sehingga memiliki gambaran dan juga persiapan mengenai kebutuhan tersebut secara detail.

Setiap provider tentu akan memiliki tarif dan penawaran yang berbeda-beda terkait dengan data roaming tersebut sehingga Anda harus jeli dalam memilih provider mana yang kira-kira paling tepat dan memiliki layanan terbaik untuk kebutuhan tersebut. Pada umumnya, tarif yang dikenakan provider GSM sekitar Rp35.000-Rp150.000 per hari untuk destinasi Asia. Sementara untuk wilayah Eropa terbilang jauh lebih besar, yakni sekitar Rp170.000-Rp400.000 per harinya.

3. Gunakan SIM Card Negara Tujuan


Jangan membandingkan harga subscriber identification module (SIM) Card dan juga paket internet yang biasa digunakan di Indonesia dengan yang akan Anda beli di luar negeri nanti. Ini tentu akan sangat jauh berbeda dan tentunya jauh lebih mahal di sana. Namun, ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat, terutama jika ternyata Anda akan berada di luar negeri untuk kurun waktu yang terbilang cukup lama atau setidaknya Anda memang sering bepergian ke sana.

Sebelum memutuskan untuk membeli paket internet tertentu selama berada di luar negeri, perhitungkan dengan baik kebutuhan data yang akan Anda habiskan selama berada di sana. Sebab biasanya seseorang yang sedang bepergian akan menghabiskan cukup banyak data untuk berbagai kebutuhan, seperti Google Map, Facebook, Twitter, atau bahkan untuk menemukan berbagai informasi mengenai tempat yang sedang Anda kunjungi tersebut. Pastikan data yang akan Anda beli dan gunakan mencukupi semua kebutuhan tersebut.

Tanyakan kepada orang yang Anda temui, di mana Anda bisa membeli SIM Card baru beserta dengan paket internetnya tersebut sehingga Anda tidak akan kesulitan mencarinya. Beberapa pilihan provider GSM di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika bepergian ke luar negeri.

Asia: Singtel hi! Card (Singapura), AIS One-2-Call (Thailand), Digi, Celcom (Malaysia), Vodafone U (India), One2Free, PCCW (Hong Kong), Smart, Globe (Filipina), kt olleh (Korea Selatan), b-mobile (Jepang), dan sebagainya.

Amerika Serikat: T-Mobile, AT&T

Australia: Optus, Boost Mobile

Afrika: Vodacom B4IGO (Afrika Selatan)

Eropa: Vodafone Smart Passport, Lycamobile (Italia), Lycamobile, Lebara (Belanda), Three Pay As you go, EE (Inggris), Orange SIM Holidays (Spanyol), MyCall, Telenor (Norwegia), Cosmokarta, What’s Up (Yunani).

4. Beli atau Sewa Modem Mifi

Bisa saja Anda menemukan perbedaan penggunaan data yang Anda beli di luar negeri, di mana Anda tidak bisa melakukan tethering dengan perangkat lainnya yang Anda miliki. Ini tentu akan sangat merepotkan, terutama jika ternyata Anda memiliki dan terbiasa menggunakan dua mobile device sekaligus. Yang tentunya akan sangat mahal jika Anda menggunakan dua paket internet untuk keduanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membeli atau sekadar menyewa sebuah modem Wi-Fi Hotspot yang memungkinkan Anda membagi data untuk berbagai kebutuhan gadget Anda.

Hemat Pulsa Ketika Bepergian ke Luar Negeri

Selain data internet, pulsa untuk telepon dan Short Message Service (SMS) menjadi hal penting untuk diperhitungkan sejak awal. Sebab bisa saja biaya untuk kedua hal ini menjadi membengkak dan membuat tagihan telepon naik berkali lipat dari biasanya. Antisipasi hal ini sejak awal agar perjalanan Anda tetap menyenangkan. Simak beberapa cara di bawah ini yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya telepon selama bepergian ke luar negeri.

1. Menelepon via Wi-Fi


Jangan lupa untuk menolak semua panggilan telepon masuk. Sebab ini akan menghabiskan pulsa Anda selama berada di luar negeri. Gunakan berbagai layanan aplikasi VoIp yang memungkinkan untuk melakukan panggilan telepon, seperti Skype, Facebook, dan Google Voice. Untuk kebutuhan komunikasi lainnya, Anda bisa mengandalkan berbagai layanan aplikasi Live Chat, seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), dan yang lainnya.

2. Ketahui Tarif Roaming dengan Tepat

Ini menjadi penting bagi Anda jika ternyata Anda memilih untuk menggunakan layanan provider dalam negeri selama perjalanan Anda di luar negeri nanti. Hubungi provider Anda dan ketahui dengan baik mengenai tarif yang mereka terapkan untuk layanan di luar negeri. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa melihat dan mengatur pengeluaran terkait dengan kebutuhan tersebut sejak awal. Pertimbangkan juga untuk mempelajari dan mungkin memilih operator lainnya, di luar operator Anda yang mungkin memiliki penawaran dan layanan yang lebih baik untuk hal ini.

Persiapkan Sejak Awal

Saat akan bepergian ke luar negeri, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan berbagai hal, termasuk kebutuhan telepon dan juga internet Anda selama di sana. Lakukan persiapan ini sejak awal sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk memilih dan mempertimbangkan layanan terbaik untuk kedua hal tersebut. Pilih cara dan juga layanan yang paling tepat, agar perjalanan Anda berjalan dengan baik dan lancar.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: