Cara Merawat Orang Sakit di Rumah yang Hemat Biaya - Tidak pernah ada yang menyenangkan ketika jatuh sakit. Ya, dalam kondisi badan yang mengalami drop (penurunan) seperti ini, selezat apapun makanan yang dihidangkan dan semeriah apapun keadaan, akan tetap terasa kurang menyenangkan.
Cara Merawat Orang Sakit di Rumah yang Hemat Biaya
Cara Merawat Orang Sakit di Rumah yang Hemat Biaya

Wajar saja, ini akibat dari ketidakmampuan menikmatinya sama seperti ketika tubuh dalam kondisi fit alias sehat. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari dalam maupun dari luar agar bisa cepat sembuh dari sakit tersebut.

Butuh Biaya Mahal untuk Pengobatan dan Perawatan Orang Sakit


Namun kita tahu biaya perawatan di rumah sakit tidaklah murah. Apalagi bila tidak dicover oleh asuransi kesehatan. Bisa dibayangkan berapa besar kocek yang harus disiapkan dan dikeluarkan untuk biaya berobat?

Biaya perawatan di rumah sakit itu mahal -tergantung juga jenis sakitnya. Selain biaya obat yang harus dibeli, juga biaya rawat inap yang tak jarang cukup mahal. Karena harus membayar perawatan oleh para perawat dan dokter serta lainnya termasuk biaya ruangan.

Tapi, bila memang sakitnya masih tidak perlu harus dirawat di rumah sakit, kita bisa melakukan perawatan di rumah saja yang tentunya tidak membutuhkan biaya semahal apabila dirawat di rumah sakit. Lalu bagaimana cara merawat orang sakit di rumah dengan biaya yang murah dan bisa membuat cepat sembuh?

Dukungan dari dalam tentu saja adalah pengobatan yang dibutuhkan. Lalu apa bentuk dukungan dari luar? Selain semangat dari orang-orang terkasih, ternyata penataan ruangan di rumah juga bisa memengaruhi kondisi psikis orang sakit.

Jadi jika ada anggota keluarga yang sedang sakit, tak ada salah mencoba mendesain ulang ruangan di rumah agar mereka nyaman dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut tips menjaga dan menata rumah agar cepat sembuh dari sakit dan bisa menghemat biaya:

1. Membersihkan Rumah


Membersihkan ruangan rumah sudah pasti hukumnya wajib. Sebab bila kita membiarkannya kotor, maka kuman tentu banyak bersarang di ruangan itu dan memperparah kondisi badan yang sedang sakit. Bersihkan ruangan dari debu-debu yang menempel secara rutin.

Kita semua tahu, daya tahan tubuh sangat rentan ketika sakit. Jadi ini adalah poin mutlak bahwa rumah yang bersih adalah syarat utama yang harus dilakukan. Jangan enggan dan malas untuk menyapu dan mengepel serta mengelap perabotan di dalam rumah.

2. Membuka Jendela

Menjaga rumah tetap bersih bukan hanya soal menyapu, mengepel, dan membersihkan perabotan rumah saja, tapi juga biasakan membuka jendela di pagi hari agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah.

Udara pagi yang belum tercemar ini akan sangat baik bagi anggota keluarga yang sakit. Setidaknya, bawa mereka yang sakit ini ke teras untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana alam di luar rumah sekitar 30-60 menit. Sembari itu, kita juga bisa membersihkan kamarnya.

3. Sediakan Aromaterapi

Untuk lebih mendukung suasana yang menyenangkan, bisa menaruh aromaterapi di ruangan. Tentu ada banyak macam aromaterapi, baik sintetis maupun alami. Pilih aroma-aroma yang menyegarkan dan menenangkan.

Bisa juga menggunakan aromaterapi alami dari kayu manis, dengan cara memanggangnya terlebih dahulu dan letakkan pada wadah yang sudah disiapkan serta letakkan di sudut ruangan. Tidak hanya itu, kopi yang dianggang juga bisa menjadi pilihan dengan aroma khasnya yang nikmat.

Kedua bahan itu diyakini bisa mendorong suasana hati (mood booster) lebih rileks dan menyenangkan. Bila suasana hati baik, maka besar kemungkinan baginya lebih semangat untuk sembuh.

4. Putar Musik yang Menyenangkan


Memutar musik favorit mereka yang sakit ini juga bisa semakin mendukung suasana rumah yang menyenangkan. Jika tidak ada jenis musik tertentu yang menjadi kesukaannya, bisa juga dipilihkan jenis musik klasik dan jazz yang relatif lebih tenang dan mengalun santai di telingan.

Tujuan pemasangan musik ini adalah membuat orang yang sakit menjadi lebih rileks pikirannya, sehingga proses penyembuhan dari dalam tubuh yang dilakukan dengan bantuan obat bisa lebih optimal. Namun bila jenis musik favoritnya itu musik rock atau rap, tidak ada salahnya memenuhi keinginannya itu. Toh, tujuan utamanya memang agar sakitnya segera sembuh.

5. Bersihkan Kamar Mandi

Ketika membersihkan rumah, jangan tanggung-tanggung untuk membuatnya tetap kinclong di area manapun. Bukan hanya kamar tidur dan asea ruang keluarga saja yang harus dibersihkan, tapi ruangan vital seperti kamar mandi juga tidak boleh luput dari sentuhan agar tetap bersih setiap hari.

Menjaga kamar mandi tetap bersih bukan hanya membantu orang yang sakit agar tidak semakin sakit, tetapi juga menjaga anggota keluarga lainnya terhindar dari penyakit yang sama. Ha ini akan semakin ditekankan bagi Anda yang menggunakan kamar mandi sama dengan anggota keluarga yang sakit.

6. Pasang Lampu Redup

Suasana yang santai dengan lampu redup lebih disarankan ketika menyusun ulang ruangan di rumah saat ada anggota keluarga yang sakit. Selain membuat suasana menjadi lebih rileks, penggunaan lampu redup juga akan lebih menghemat biaya energi.

Lampu yang terlalu terang akan mempengaruhi kondisi psikologi mereka. Karena pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mereka lebih silau dan memberikan suasana yang tidak santai.

7. Kurangi Penggunaan Elektronik

Perlu juga diperhatikan terkait penggunaan alat elektronik. Jangan terlalu banyak menggunakan elektronik di ruangan anggota keluarga yang sedang sakit. Sebab penggunaan alat-alat elektronik yang berlebihan akan mengganggu kondisi mental mereka.

Penjelasan ilmiahnya adalah alat elektronik tersebut memancarkan radiasi yang tentu tidak baik bagi kesehatan. Kondisi ini seolah tidak membolehkan orang sakit untuk istirahat.

8. Gunakan Warna Cerah

Dengan warna cerah, maka akan memberikan suasana yang ceria. Itu sebabnya banyak rumah sakit yang menggunakan warna-warna cerah dan terkesan ceria. Harapannya para pasien bisa merasa nyaman dan memiliki semangat untuk segera sembuh.

Tidak perlu sampai harus mengecat ulang rumah. Kita bisa bermain warna dengan cara memasang gorden berwarna berbeda. Bisa juga memasang sarung bantal dan guling serta sofa dengan warna-warna yang berbeda dan cerah. Atau menambahkan karpet berwarna terang untuk semakin membuat suasana ruang menjadi lebih semarak.

Tidak Harus Mahal Untuk Cepat Sembuh dari Sakit

Memberikan semangat pada orang terkasih yang sedang sakit adalah dukungan yang bisa membangkitkan motivasi untuk menyembuhkan diri. Bukan hanya dari kata-kata, tapi juga melalui suasana dari ruangan.

Merawat anggota keluarga yang sakit di rumah, selain sebagai wujud dari kasih sayang, juga bisa menghemat biaya ketimbang harus dirawat di rumah sakit. Dengan tips-tips di atas, kita bisa lebih bijak mengelola keuangan dan menjaga rumah agar tetap sehat sebagai tempat tinggal, serta mempererat keluarga yang harmonis.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: