Cek Hal ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja dengan Perusahaan - Mendapatkan sebuah pekerjaan yang telah diidam-idamkan sejak lama, menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan selalu ditunggu oleh banyak orang. Seringkali hal ini membuat kita begitu bersemangat dan melupakan banyak hal yang sebenarnya wajib untuk diperhatikan, di mana hal-hal ini bisa saja mempengaruhi proses dan juga kesejahteraan kita sebagai pekerja di tempat tersebut.
Cek Hal ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja dengan Perusahaan
Cek Hal ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja dengan Perusahaan 

Salah satu hal yang paling penting untuk dicermati adalah mengenai kontrak kerja, sebab ini akan sangat mempengaruhi semua kewajiban dan juga hak kita sebagai seorang pekerja di sebuah tempat. Namun meski demikian, ada banyak sekali orang yang menganggap hal ini tidaklah begitu penting, di mana mereka justru mengabaikan dan bahkan tidak membaca secara detail semua isi kontrak yang akan mereka tandatangani. Hak ini tentu sangat berpotensi untuk menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Simak beberapa kerugian yang mungkin saja akan kita terima jika kita tidak mencermati dan memahami isi kontrak kerja dengan sangat baik:

Kita bisa saja dirugikan dengan sejumlah kewajiban yang memberatkan kita sebagai pekerja, di mana kita harus mengerjakan berbagai pekerjaan yang sifatnya berada di luar kemampuan kerja yang kita miliki.
Potensi kerugian juga bisa muncul dari aturan penggajian yang diterapkan oleh perusahaan. Misalnya: kita hanya akan mendapatkan gaji pokok saja tanpa tunjangan lainnya, atau sejumlah gaji baru akan kita terima jika kita melakukan dan mencapai target yang ditentukan (biasanya bidang marketing).
Kita bisa juga dirugikan dengan jam kerja yang tidak sesuai dengan gaji yang kita terima, atau penerapan sistem lembur yang tidak manusiawi yang bisa saja menimbulkan gangguan kesehatan bagi yang menjalaninya.
Dirugikan dengan penerapan sistem cuti dan juga pemotongan gaji yang tidak sesuai.
Dirugikan karena adanya berbagai ketentuan yang memberatkan dan juga menimbulkan persengketaan di masa yang akan datang akibat kurangnya pemahaman akan isi kontrak berikut konsekuensi yang tertuang di dalamnya.
Berbagai hal tersebut bisa saja kita alami dan menimbulkan sejumlah masalah bagi kita di masa yang akan datang, karena itu sangat penting untuk  membaca secara detail kontrak kerja yang akan kita tandatangani, pahami setiap poin yang tertuang di sana. Jika ternyata ada beberapa informasi atau ketentuan yang kurang kita mengerti, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak perusahaan yang bersangkutan. Hal ini akan jauh lebih baik, daripada menandatanganinya tanpa pemahaman yang baik dan jelas.

Apapun pekerjaan yang akan kita ambil, jangan pernah lupa untuk memastikan dan memahami beberapa poin di bawah ini saat akan menandatangani kontrak kerja dengan pihak perusahaan:

1. Para Pihak yang Terlibat


Hal ini sangat penting untuk selalu dicermati di dalam surat kontrak yang akan ditandatangani. Pastikan nama kita selaku pekerja sudah tertulis dengan benar di sana, berikut nama seseorang yang bertindak sebagai wakil dari perusahaan tersebut. Khusus untuk nama wakil perusahaan, pastikan orang tersebut memang berwenang dan memiliki jabatan yang semestinya bertanggung jawab atas kontrak yang kita tandatangani tersebut.

2. Jenis Pekerjaan dan Deskripsinya

Jangan pernah mengabaikan poin yang satu ini, sebab bisa saja kita akan mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan yang kita sepakati tersebut di masa yang akan datang. Pastikan jenis pekerjaan yang tertera di atas kontrak sesuai dengan bidang yang kita lamar sebelumnya / sesuai dengan kemampuan kerja yang kita miliki. Jangan sampai kita ditempatkan pada bidang yang tidak kita pahami dengan baik, hal seperti ini hanya akan membuat kita gagal dalam pekerjaan tersebut dan berpotensi mendapatkan sejumlah masalah di masa yang akan datang.

3. Jam Kerja

Jam kerja yang ditetapkan oleh perusahaan juga menjadi hal wajib untuk kita cermati, pastikan perusahaan menerapkan jam kerja yang semestinya, yakni 40 jam per minggu. Pembagian hari kerja juga harus diperhatikan, sebab bisa saja perusahaan menerapkan hari kerja dari Senin-Sabtu atau Senin-Jumat saja, tergantung pada kebijakan yang mereka miliki. Jika mereka menerapkan sistem kerja shift di sana, pastikan kita mengetahui hal tersebut sejak awal dengan baik.

4. Gaji dan Ketentuan Lainnya

Gaji dan juga berbagai komponen di dalamnya juga menjadi hal yang sangat penting untuk kita pahami sejak awal, termasuk berbagai ketentuan yang diterapkan oleh perusahaan terkait dengan hal tersebut. Pastikan gaji tersebut telah sesuai dengan jumlah kesepakatan yang dibuat dalam sesi wawancara, hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab kecil kemungkinan untuk bisa mengubahnya lagi di kemudian hari.

5. Pasal Pemberhentian Kerja

Sebagian besar perusahaan akan menerapkan sistem uji coba selama beberapa bulan pertama bagi karyawan baru mereka, setelah masa tersebut biasanya perusahaan akan melakukan evaluasi terkait dengan kinerja dan juga status karyawan yang bersangkutan. Pahami hal ini sejak awal, agar bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan dilakukan perusahaan terkait dengan hal tersebut. Ketahui juga konsekuensi yang diterapkan, jika sewaktu-waktu kita berniat keluar sebelum masa kontrak berakhir.

6. Hak Cuti

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele dan bahkan sering dilupakan oleh sebagian besar orang. Namun perlu dipahami bahwa ada perusahaan yang tidak menerapkan cuti bagi karyawannya, meskipun hal tersebut secara jelas telah diatur oleh pemerintah. Pastikan untuk memahami dan mengetahui dengan jelas ketentuan cuti tersebut, termasuk jenis cuti apa saja yang akan diberikan oleh perusahaan kepada tersebut kepada karyawannya (cuti tahunan, cuti sakit, cuti hamil).

7. Masa Kontrak

Perhatikan juga masa kontrak yang diberikan oleh perusahaan, sebab hal ini biasanya akan diperpanjang pada periode tertentu (6 bulan, 1 tahun, atau durasi lainnya). Sebelum Anda memberikan tanda tangan, pastikan Anda memang benar-benar menginginkan bekerja di perusahaan tersebut, karena kontrak akan mengikat Anda dan membuat Anda tidak bisa sembarangan memutuskan untuk berhenti dari perusahaan.

Baca dan Pahami Sebelum Menandatanganinya

Kontrak kerja menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami sebelum akhirnya ditandatangani, sebab ini akan menyangkut hak dan juga kewajiban kita selaku pekerja. Jangan tergesa-gesa atau terlalu bersemangat dalam membubuhkan tandatangan pada kontrak kerja, hal ini bisa saja membuat kita mengalami kerugian di masa yang akan datang. Baca dan pahami setiap poin yang tertera di sana, agar semua jelas dan kelak tidak menimbulkan masalah dan juga kerugian bagi diri kita sendiri.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: