Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu - Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang lain, Anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri.
Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu
Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu

Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Anda akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.

Meskipun selama ini Anda beberapa kali berlaku demikian, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diubah dan diperbaiki lagi. Simaklah 21 cara sukses berikut ini agar Anda sebaik mungkin mengatur waktu yang Anda punya.

1. Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu

Ketika bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. Dan Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.

2. Belajar untuk Mengatakan “Tidak”

Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan sejumlah waktu Anda yang berharga dengan percuma.

3. Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari


Jangan sepelekan waktu tidur Anda dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Berbagai hal tersebut akan mengganggu jam tidur Anda. Dan sejumlah aktivitas yang mau Anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu. Anda akan sulit fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan karena kurang tidur dan istirahat.

4. Fokus pada Pekerjaan

Jika bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi tugas Anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.

5. Selesaikan Lebih Awal


Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat Anda berisiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang Anda tangani. Akan sangat baik jika Anda selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tepat waktu.

6. Jangan Membuang Waktu untuk Berbagai Hal Kecil

Memeriksa pekerjaan secara detail memang sangat penting. Namun, akan sangat menghabiskan waktu jika Anda melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan tersebut belum juga selesai dikerjakan. Lakukan pekerjaan Anda dengan teratur dan sesuai dengan poin-poin yang seharusnya. Selanjutnya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai dikerjakan.

7. Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan


Ini akan sangat menyenangkan jika bisa Anda terapkan di dalam kehidupan. Anda menjadikan pekerjaan rutin sebagai kebiasaan atau hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata Anda begitu menyenanginya.

8. Jeli dalam Mengatur Waktu

Bagi Anda yang memiliki berbagai kebiasaan terkait dengan internet dan juga hal lainnya, seperti game, televisi, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika Anda memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut. Jangan sampai waktu Anda habis terbuang dengan percuma untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang Anda miliki dan tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupan Anda.

9. Estimasikan dan Tentukan Waktu Penyelesaian Pekerjaan


Anda bisa lebih fokus dan bersemangat ketika akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam tenggat waktu terbaik tertentu yang Anda mampu. Penentuan waktu dalam mengerjakan sesuatu bisa membantu untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut. Sekalipun Anda harus menambahkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya.

10. Ambil Jeda untuk Setiap Pekerjaan yang Selesai

Mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru dan kemudian segera menyelesaikan pekerjaan lainnya setelah itu bisa saja membuat Anda jenuh dan tidak memiliki jeda yang cukup. Jangan lakukan hal ini sebab akan menjadi kebiasaan yang melelahkan dan membosankan. Ambil jeda dan juga udara segar sebelum akhirnya mengerjakan pekerjaan lainnya.

11. Jangan Selalu Terpaku pada Daftar Tugas


Jika memiliki kebiasaan untuk menuliskan daftar tugas harian, bukan berarti Anda harus mengerjakannya tanpa henti dan tanpa jeda sama sekali. Anda bisa saja fokus pada daftar tersebut, tetapi tetap saja harus meluangkan sejumlah waktu yang cukup untuk istirahat dan berpaling sejenak sebelum akhirnya melanjutkan tugas-tugas yang menanti.

12. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Jangan melupakan kegiatan olahraga agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar ketika beraktivitas. Makan juga makanan yang baik dan memiliki asupan gizi yang cukup supaya tubuh tetap sehat dan siap untuk melakukan berbagai kegiatan harian.

13. Lakukan Lebih Sedikit


Dengan mengurangi beban pekerjaan, Anda bisa fokus pada beberapa pekerjaan yang paling penting dan harus diselesaikan dengan segera. Ini akan menambah konsentrasi Anda pada pekerjaan tertentu yang paling penting dan membutuhkan sejumlah ketelitian lebih dari yang lainnya.

14. Manfaatkan Akhir Pekan

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan akhir pekan Anda selama beberapa jam untuk sekadar mencicil pekerjaan. Ini mungkin akan menjadi kegiatan yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, kegiatan ini bisa mengurangi beberapa jam beban kerja Anda selama sepekan. Daripada menghabiskannya dengan berdiam diri dan tidak ada kegiatan sama sekali, ada baiknya Anda gunakan akhir pekan tersebut untuk sekadar mengurangi beban pekerjaan.

15. Buat Semua Lebih Rapi dan Terorganisir


Jangan membiarkan rumah dan juga pekerjaan Anda menjadi berantakan dan tidak teratur sama sekali. Hal ini akan membuang banyak waktu dan juga tenaga Anda untuk membereskannya, terutama jika tenyata Anda membiarkan hal serupa terjadi pada berbagai hal di dalam kehidupan Anda. Mulailah untuk merapikan berbagai hal tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan Anda.

16. Lakukan Sesuatu Ketika Menunggu

Ada kalanya kita akan menghabiskan waktu untuk menunggu, baik dalam urusan pekerjaan maupun urusan lainnya. Jangan membuang waktu dengan diam dan percuma. Anda bisa membaca atau melakukan apa saja yang bermanfaat bagi diri Anda tentunya.

17. Mengunci Diri di Dalam Sepi


Hal ini tidak terkait dengan masalah atau yang lainnya. Sesekali kita memang membutuhkan waktu sendiri dan merenung di dalam sepi, misalnya di dalam kamar tidur. Dengan melakukan hal ini, biasanya Anda akan memiliki waktu untuk berpikir dan melihat kembali apa saja yang telah dilakukan selama ini.

18. Berkomitmen untuk Melakukan Sesuatu

Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang selalu terbiasa menunda atau bahkan mengabaikan berbagai hal lainnya yang terbilang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan. Miliki komitmen yang kuat untuk mengerjakan berbagai hal yang memang Anda inginkan atau butuhkan sehingga Anda memiliki sebuah pencapaian di dalam hidup Anda.

19. Pekerjaan/Tugas yang Berkaitan


Lakukan pekerjaan yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya sehingga Anda bisa berkonsentrasi sekaligus dan menyelesaikannya secara berurutan.

20. Miliki Waktu Tenang

Ini adalah sejumlah waktu sepi dan hening yang akan membawa Anda ke dalam sebuah suasana yang tenang dan juga teduh. Anda bisa mendengarkan semua keinginan dan juga ketenangan di dalam diri Anda sendiri.

21. Hilangkan Pikiran-Pikiran Negatif


Terkadang muncul pikiran-pikiran negatif di dalam diri kita. Ini akan sangat mengganggu dan membuat berbagai hal lainnya menjadi tidak baik. Hilangkan dan tinggalkan hal tersebut sehingga Anda bisa nyaman dan tenang.

Mulai Secara Perlahan

Mengatur waktu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika selama ini Anda jauh dari kata terbiasa untuk melakukannya. Namun, jika dilakukan secara perlahan, berbagai cara di atas akan sangat membantu Anda untuk mengatur waktu dengan baik. Dan ingat, berkomitmenlah untuk menjalankannya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: