Dengan Tips Sukses Ini, Raihlah Beasiswa ke Luar Negeri - Berencana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri tentu saja menjadi impian banyak orang. Mungkin kamu salah satunya. Pada kenyataannya, kuliah di luar negeri memang menjanjikan dan tak kalah penting kualitas pendidikan yang jauh lebih baik. Berbagai fasilitas pendidikan dapat kamu kecap selama kuliah di sana. Bahkan, kamu juga akan memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memperluas jaringan.
Dengan Tips Sukses Ini, Raihlah Beasiswa ke Luar Negeri
Dengan Tips Sukses Ini, Raihlah Beasiswa ke Luar Negeri

Bagi segelintir orang yang kemampuan keuangan keluarganya terbilang mapan melanjutkan kuliah ke luar negeri bukanlah perkara sulit. Namun, bagi sebagian besar lainnya, hal ini justru dapat menjadi impian semata. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk hal ini sangatlah besar.

Berangkat dengan Fasilitas Beasiswa

Jika keinginan kamu untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri sudah begitu besar, mengambil beasiswa adalah salah satu jalan keluar yang dapat kamu pilih. Sudah banyak mahasiswa Indonesia yang berangkat kuliah ke luar negeri dengan mengandalkan beasiswa. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Selalu pahami sejak awal bahwa untuk mendapatkan fasilitas beasiswa bukanlah perkara yang mudah, terutama untuk kuliah ke luar negeri. Sejumlah persyaratan wajib dipenuhi, termasuk kriteria dan kemampuan di bidang akademik. Ini bahkan menjadi hal yang wajib untuk dipersiapkan dengan baik sejak awal. Akan sangat sulit buat kamu mendapatkan beasiswa bila ternyata kondisi prestasi kamu biasa-biasa saja.

Meski terdapat sejumlah beasiswa yang dapat dipilih, institusi yang mengeluarkannya memiliki aturan ketat soal pemilihan calon penerimanya. Untuk itu, pastikan kamu benar-benar siap berjuang untuk bisa mendapatkan salah satunya. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

1. Berupayalah untuk Menjadi yang Terbaik


Bisa dikatakan bahwa prestasi di bidang akademik menjadi poin utama yang akan menentukan apakah kamu layak atau tidak menerima beasiswa. Jika saat ini kamu sedang menempuh pendidikan di SMA atau bahkan di bangku kuliah, sangat penting untuk memaksimalkan prestasi di bidang akademik.

Berupayalah untuk selalu menjadi yang terbaik, bahkan kalau perlu dengan mengikuti berbagai lomba atau olimpiade. Kemampuan kamu di bidang akademik akan menjadi tolok ukur keseriusan kamu dalam melanjutkan pendidikan.

Sebagian besar institusi yang memberikan beasiswa bahkan menjadikan hal ini sebagai salah satu poin utama dalam seleksi yang mereka lakukan. Berdasarkan pengalaman, mereka yang pernah mengikuti olimpiade sains akan lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa.

2. Miliki Kemampuan Berbahasa Asing dengan Baik


Selain kemampuan akademis kamu, bahasa asing adalah hal lainnya yang wajib dikuasai dengan baik, terutama bahasa Inggris. Hal ini sangat penting. Sebab kamu akan kuliah di luar negeri dan sudah pasti akan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya.

Kemampuan berbahasa asing ini juga menjadi poin penting dalam kesuksesan kamu berburu beasiswa. Sebab pada umumnya institusi pemberi beasiswa akan menjadikan ini sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi.

Sejumlah tes akan dilakukan. Setidaknya, kamu harus memiliki score TOEFL >550 dan nilai IELTS >6,5. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan bahasa asing kamu dan melakukan tes untuk dapat mengetahui perkembangan kemampuan kamu di bidang tersebut.

3. Aktif dalam Organisasi


Belajar dengan fokus itu memang penting. Tetapi, bukan berarti kamu tidak memiliki sejumlah waktu untuk kegiatan lain di luar belajar, misalnya kegiatan organisasi. Organisasi yang dimaksud di sini adalah organisasi yang berhubungan dengan pendidikan yang saat ini sedang kamu tempuh, misalnya OSIS atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Sebagian besar institusi pemberi beasiswa akan merasa lebih tepat ketika memberikan fasilitas beasiswa mereka kepada seseorang yang aktif dan memiliki kemampuan yang baik dalam berorganisasi. Pertimbangannya, penerima dengan kategori ini akan jauh lebih mungkin untuk memberdayakan ilmu dan pengalaman yang kelak didapatkannya selama menempuh pendidikan.

4. Dapatkan Rekomendasi Terbaik


Rekomendasi menjadi salah satu cara bagi pihak pemberi beasiswa untuk menentukan keputusan mereka. Dalam hal ini, kamu akan diminta untuk melampirkan surat rekomendasi dari seseorang yang berwenang yang mengetahui rekam jejak kamu selama ini.

Biasanya hal ini diberikan staf pengajar/dosen untuk kamu yang berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Sementara bagi yang berstatus sebagai pekerja, kamu bisa mendapatkannya dari supervisor atau manager area.

Surat rekomendasi ini akan menjadi bagian penting dari pengajuan lamaran kamu, sehingga sangat tepat jika kamu dapat memiliki sebuah rekomendasi yang baik. Selalu upayakan untuk memiliki rekam jejak yang baik di tempat kerja atau kuliah kamu, sehingga kamu tidak kesulitan untuk mendapatkan sebuah rekomendasi yang layak dari mereka yang berwenang untuk memberikannya.

5. Personal Statement yang Tepat


Selain surat rekomendasi, personal statement juga akan membantu kamu dalam menunjukkan siapa diri kamu yang sebenarnya. Surat ini berisi mengenai pernyataan dan alasan mengapa kamu menjadi orang yang paling tepat untuk mendapatkan beasiswa.

Tidak perlu bertele-tele, kamu dapat membuat surat ini dalam bentuk karangan ringkas dengan 1.000 kata saja. Paparkan dengan rinci, apa saja yang menjadi komitmen dan kontribusi yang dapat kamu berikan kepada institusi pemberi beasiswa, termasuk bagaimana akan menerapkan ilmu yang dimiliki di negaramu kelak. Singkat dan padat. Susunlah surat ini dengan baik dan tepat agar kamu sukses mendapatkan beasiswa.

6. Buat Curriculum Vitae (CV) yang Terbaik

Sangat penting bagi pihak institusi yang memberikan beasiswa untuk mengenal kamu lebih jauh. Biasanya hal ini dilakukan dengan memeriksa CV yang akan kamu lampirkan nantinya. Untuk itu, pastikan kamu membuat dan mempersiapkan CV tersebut dengan sebaik-baiknya. Berbagai pencapaian kamu selama ini dapat dijabarkan dengan jelas.

Catat semua prestasi dan berbagai kegiatan penting yang selama ini telah kamu lakukan. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi mereka di dalam mengambil keputusan. Susunlah CV yang representatif, tetapi tetap masih informatif. Mengingat CV ini akan digunakan untuk melamar beasiswa kuliah ke luar negeri.

7. Berlatih Sebelum Melakukan Interview


Tahap selanjutnya yang akan kamu lakukan setelah lolos seleksi berkas CV adalah interview. Tentunya ini dilakukan dalam bahasa Inggris. Jadi, persiapkan diri kamu dengan baik sejak awal. Sangat penting untuk berlatih dengan baik selama beberapa hari sebelum interview berlangsung. Jangan sampai kamu menghadapi kegiatan ini tanpa sebuah persiapan yang baik.

Meskipun memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, akan sangat tepat bila kamu melatih kembali dan membiasakan diri untuk berbincang dalam bahasa Inggris. Ini akan mengatasi masalah kepercayaan diri kamu ketika melakukannya nanti. Cobalah tingkatkan rasa percaya diri kamu agar rasa grogi saat menghadapi interview nanti dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

8. Memiliki Kesehatan yang Prima

Berbagai kegiatan dan rencana kuliah ke luar negeri yang coba kamu kejar saat ini harus selalu didukung dengan kondisi kesehatan kamu yang prima. Akan sangat sulit untuk meraih beasiswa apabila penampilan fisik dan kesehatan kamu tidak terlihat meyakinkan.

Biasakan berolah raga dengan teratur, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang cukup sehingga kondisi kesehatan kamu tetap terjaga dengan baik.

Akan Jauh Lebih Mudah Jika Dipersiapkan Sejak Awal

Jika berniat untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan menggunakan fasilitas beasiswa, kamu harus memenuhi berbagai kriteria dan persyaratan yang ditetapkan institusi penyelenggara. Meski cukup ketat, selalu ada kemungkinan kamu dapat lolos dan mendapatkan fasilitas tersebut. Hal ini bahkan akan jauh lebih mudah kalau kamu persiapkan dengan baik sejak awal.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: