Gairah Bekerja Menurun? Ini Cara Meningkatkan Mood Anda - Bekerja dan selalu mengerjakan hal yang sama selama kurun waktu yang cukup lama, bisa saja membuat anda merasa bosan dan tidak lagi memiliki gairah kerja yang cukup tinggi. Hal ini bisa menyebabkan turunnya produktivitas dan juga prestasi anda di tempat kerja. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan?
Gairah Bekerja Menurun
Gairah Bekerja Menurun

Ada banyak hal yang membuat seseorang harus tetap menjalani pekerjaan yang sebenarnya tidak begitu disukainya, sehingga bisa dibayangkan bagaimana rasanya menjalani sesuatu yang tidak kita nikmati. Hal seperti ini hanya akan menimbulkan beban dan juga rasa tidak nyaman pada semua yang kita kerjakan, di mana kita tidak memiliki sesuatu yang membuat kita begitu “menggilai” pekerjaan yang kita miliki. Prestasi yang pas-pasan, dan bahkan peningkatan karir yang jauh dari harapan adalah imbas dari semua kondisi ini.

Namun kenyataan yang sebenarnya adalah bahwa pada beberapa hal kita memang tidak memiliki kesempatan untuk memilih atau memutuskan apa yang kita sukai dan apa saja yang tidak kita sukai. Jika kita cukup beruntung, maka kita bisa menemukan sebuah pekerjaan yang benar-benar kita sukai. Namun jika tidak, maka bukan berarti kita harus menjalani pekerjaan kita dengan terpaksa juga, kan?

Bagaimanapun juga, kita membutuhkan pekerjaan dan penghasilan. Artinya pekerjaan tersebut telah dan memang menjadi bagian dari hidup kita sendiri, karena itu cobalah untuk selalu menikmatinya, agar semua berjalan dengan mudah dan tidak menjadi beban bagi kehidupan kita.

1. Bekerja dan Menikmati Pekerjaan itu Sendiri


Bagi mereka yang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang mereka sukai, tentu segalanya akan terlihat lebih mudah dan menyenangkan. Ini juga bisa saja berlaku pada anda yang belum bisa menemukan sebuah pekerjaan yang benar-benar anda sukai, tentunya jika anda paham betul bagaimana cara mengelola dan mengembangkan semua potensi anda dengan tepat.

Mood kerja yang berubah-ubah dan tidak stabil, akan berbanding lurus dengan hasil kerja dan prestasi anda di kantor. Padahal bukankah seharusnya anda menggunakan segala potensi terbaik anda dengan maksimal, agar prestasi dan hasil kerja anda bisa selalu berada di puncak pencapaian maksimal anda juga. Jangan biarkan mood anda memburuk dan menimbulkan sejumlah gangguan pada pekerjaan anda, lakukan beberapa poin di bawah ini untuk mendongkrak kembali mood anda dalam bekerja:

2. Nikmati Pekerjaan dan Tunjukkan Siapa Anda

Entah suka atau tidak suka, pekerjaan yang sekarang anda lakukan adalah hidup anda yang sebenarnya harus anda perjuangkan saat ini. Cobalah untuk menikmati pekerjaan tersebut, sehingga anda bisa menjalaninya tanpa beban dan selalu senang ketika anda mengerjakannya dengan maksimal.

Ketika bekerja, maka melakukan yang baik saja tidak akan pernah cukup. Anda harus menjadi yang terbaik dan menunjukkan siapa sebenarnya dan apa yang bisa anda lakukan pada pekerjaan anda sekarang. Cara anda bekerja akan menunjukkan keseluruhan diri anda, karena itu tunjukkan diri anda dengan maksimal melalui pencapaian anda dalam pekerjaan.

3. Miliki Tujuan yang Jelas


Orang yang bekerja tentu harus memiliki tujuan yang jelas, di mana usaha anda dalam bekerja akan ditujukan pada sebuah target atau tujuan yang memang menjadi titik pencapaian anda di dalam bidang yang anda geluti sekarang. Jika belum ada, maka sudah saatnya bagi anda untuk menentukan arah dan tujuan anda sejak sekarang.

Sebuah tujuan akan membantu anda tetap berada pada jalur dan juga kinerja yang maksimal. Dalam hal ini akan akan mengupayakan berbagai usaha dan juga potensi maksimal yang anda miliki untuk mencapai tujuan yang telah anda tetapkan sejak awal. Dengan begitu, anda akan tetap bekerja dengan baik serta berada dalam pemikiran positif.

4. Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri

Jangan hanya bekerja, bekerja, dan bekerja saja. Anda juga patut menerima sesuatu yang membuat anda bahagia, meskipun hal itu hanya berasal dari diri anda sendiri. Berikan penghargaan pada diri anda sendiri atas berbagai pencapaian yang telah anda lakukan. Hal seperti ini akan menjadi sebuah motivasi dan semangat baru bagi anda dalam mengerjakan pekerjaan anda di hari-hari yang akan datang.

Tentukan target anda dan lakukan upaya maksimal dalam mencapainya. Dalam setiap pencapaian anda, upayakan untuk sejenak menikmati dan memberikan hadiah kecil pada diri sendiri.

5. Lakukan Hal yang Menyenangkan


Hidup bukan hanya untuk bekerja saja, ini adalah pemikiran yang wajib untuk anda tanamkan di dalam diri anda. Sesekali nikmatilah waktu anda untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Tak perlu merencanakan sesuatu yang berlebihan dan sulit direalisasikan, berkumpul bersama teman atau keluarga serta menghabiskan waktu bersama mereka, bisa anda jadikan sebagai pilihan.

Anda bisa menghabiskan sepanjang sore bersama dengan teman, menikmati kopi atau camilan sambil bertukar pikiran satu dengan yang lainnya. Lupakan sejenak masalah pekerjaan, dan habiskan waktu anda dengan santai dan menyenangkan.

6. Miliki Motivasi Kerja yang Kuat

Saat anda mulai jenuh dan bosan dengan pekerjaan yang anda miliki, maka ingat kembali tujuan yang menjadi motivasi anda dalam bekerja. Anda harus memiliki sebuah motivasi yang kuat dalam bekerja, hal inilah yang akan menjadi pegangan dan juga semangat bagi anda untuk terus berjuang dan mengejar karir anda ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

7. Miliki Kontrol yang Baik


Mereka yang bisa sukses dalam karir adalah mereka yang memiliki kontrol yang baik di dalam diri mereka. Hal ini jugalah yang akan digunakan saat bekerja dan bergabung atau memimpin sebuah tim kerja. Kontrol yang baik terhadap diri sendiri adalah hal wajib bagi anda, sebab bagaimana seseorang akan mengontrol yang lainnya jika dia tidak mampu mengontrol dirinya sendiri?

Hargai Pekerjaan yang Anda Miliki

Satu-satunya cara paling mudah untuk selalu bekerja secara maksimal adalah dengan menghargai pekerjaan dan juga berusaha untuk selalu menikmatinya. Akan selalu muncul peluang di mana anda bisa kehilangan mood kerja dan gagal, segeralah bangkit dan kembali pada posisi terbaik anda di dalam pekerjaan. Potensi untuk gagal bisa saja banyak anda temui, namun jika anda memiliki beragam cara untuk segera bangkit, maka kata gagal tersebut akan jauh dari pekerjaan dan hidup anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: