Gunakan Cara Ini untuk Mengubah Liabilitas Menjadi Profitabilitas - Memiliki aset jadi dambaan banyak orang. Punya sepeda motor, mobil, bahkan rumah jadi tujuan orang-orang yang mengejar kemapanan. Saking besar niatnya tersebut, jangan heran banyak yang melakukan apa pun demi aset impian.
Gunakan Cara Ini untuk Mengubah Liabilitas Menjadi Profitabilitas
Gunakan Cara Ini untuk Mengubah Liabilitas Menjadi Profitabilitas

Begitu aset didapat, masalah lain timbul. Kok, bisa? Bukannya punya aset malah untung? Di satu sisi, adanya aset menjadi keuntungan. Tapi, di sisi lain, aset bisa berubah jadi beban keuangan. Uang bensin, biaya bengkel, ataupun ongkos pemeliharaan mengambil porsi dari anggaran keuangan. Belum lagi cicilan yang mesti dibayar tiap bulannya kalau memilikinya dengan mengambil pinjaman.

Ini berarti ada tambahan lagi di pos pengeluaran. Inilah yang dinamakan sebagai liabilitas. Yang jika didefinisikan, liabilitas merupakan sejumlah hal, termasuk yang dianggap aset, menjadi sebab pengeluaran.

Tenang, untungnya kondisi ini masih bisa diatasi. Ada solusinya kok untuk mengubah liabilitas menjadi profitabilitas. Bagaimana caranya?

1. Daftar Menjadi Driver Aplikasi Online untuk Dapat Tambahan Pemasukan

Ketimbang dianggurkan atau cuma dipakai sebagai transportasi pulang pergi ke kantor, lebih baik didaftarkan sebagai moda transportasi online.

Tiap bayaran yang didapatkan dengan menjadi driver aplikasi online bisa digunakan untuk membayar cicilan kendaraan, menutupi ongkos bensin, meminimalkan uang pemeliharaan, dan jika masih ada sisa, masih bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Sebagai gambaran, driver aplikasi online di kota besar bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp500 ribu dalam sehari.

2. Karena Libur Bukan Berarti Kendaraan Juga Libur. Rentalkan Saja!

Weekend menjadi waktu libur yang tepat untuk mengistirahatkan diri setelah seminggu bekerja. Praktis, kendaraan yang biasa dipakai untuk berangkat dan pulang kerja juga ikut libur. Padahal, cicilan masih terus berjalan. Uang juga mesti keluar buat beli bensin dan maintenance di bengkel.

Sekalipun hari libur, tak ada salahnya menyewakan mobil yang tak terpakai. Hitung-hitung uang yang didapat nantinya dapat digunakan untuk urusan menyangkut pengeluaran mobil. Belum lagi terkadang bensin pada kendaraan masih tersisa lumayan banyak karena diisi si penyewa.

3. Rugi, Membiarkan Rumah dalam Keadaan Kosong. Coba Sewakan!


Kebutuhan akan tempat tinggal cukup tinggi di kota-kota besar. Kemampuan keuangan tiap orang juga tidak sama. Karenanya, banyak yang memilih mencari rumah sewaan daripada beli rumah.

Tentu saja situasi ini boleh jadi kesempatan untuk menyewakan rumah yang kosong. Sayang jika rumah ditinggal dalam keadaan tak ditempati. Selain kotor tak terurus, bayar cicilan serta pajak bumi dan bangunan (PBB) tetap jalan terus.

Dengan disewakan, rumah dengan macam-macam beban biayanya bisa teratasi. Dan rumah tidak lagi jadi liabilitas malah memberikan profit (profitabilitas).

4. Dapatkan Tambahan Uang dengan Memasangkan Iklan di Kendaraan

Kini sudah banyak yang memanfaatkan bagian belakang kendaraannya untuk dipasangi iklan. Entah itu memasang iklan di kaca belakang mobil ataupun memasang neon box iklan di belakang sepeda motor. Soal berapa besar uang yang didapat tergantung dari kebijakan penyedia iklan. Ya, hingga Rp500 ribu per bulan bisa diperoleh dari pemasangan iklan (tergantung kilometernya).

5. Yuk, Bercocok Tanam. Bayar Pajak Jadi Tak Sia-Sia

Membiarkan tanah kosong dan terbengkalai sama saja menyia-nyiakan peluang. Padahal, area yang kosong tersebut bila dimanfaatkan bisa menghasilkan benefit yang membantu dalam pemenuhan kebutuhan harian.

Coba saja dijadikan lahan produktif dengan ditanami jenis-jenis sayuran atau buah-buahan. Saat tiba waktunya panen, uang untuk belanja sayur atau buah dapat dihemat karena tak perlu lagi membeli sayur dan buah.

Nah, kelebihan hasil bercocok tanam ini dapat jadi uang dengan menjualnya kembali. Apalagi seandainya itu organik, dijamin laku karena banyak peminatnya. Menguntungkan, bukan? Dan bayar pajak pun jadi tak sia-sia.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!


6. Jadi Freelancer supaya Beli Laptop, Smartphone, dan Paket Data Tak Percuma


Punya kemampuan menulis atau desain atau apa pun yang bisa dilakukan secara remote alangkah baiknya didayagunakan. Menjadi freelancer saat waktu senggang tak hanya mendatangkan uang, tapi makin menaikkan citra profesionalitas.

Soal uang, jangan ditanya. Seorang freelancer dibayar hingga 500 dolar per bulan untuk project yang dikerjakan. Tak sedikit yang alih status dari karyawan tetap menjadi freelancer. Sudah kerja tak perlu datang ke kantor, bayarannya di atas gaji lagi. Kurang untung apa coba.

7. Supaya Tabungan Tak Tergerus Inflasi dan Bea Admin, Ayo Buka Bisnis Online


Kini belanja online makin menjadi-jadi. Tren yang sepertinya terus menyala karena disulut dengan banyak promo dan diskon. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang-orang teramat peduli dengan harga. Sisi positifnya tentu mereka jadi mengerti pentingnya berhemat.

Nah, momen ini boleh jadi peluang yang membawa untung. Gunakan tabungan yang tersimpan untuk membuka bisnis online. Coba bayangkan bisnis online yang dibuka laris dan banyak dapat review positif. Uang tabungan jadi berlipat, inflasi dan bea admin bukan masalah lagi.

Asal Mau, Pasti Bisa

Masalah yang kerap dialami adalah susahnya meniatkan diri. Kalau sudah begini, hanya jadi sebatas ide nantinya alias tak ada realisasinya. Aset yang dimiliki terus menjadi liabilitas. Dan pengeluaran tiap bulan untuk itu terus berlanjut. Untuk mewujudkan ide-ide atau cara-cara di atas, harus dimulai dari diri sendiri. Asal ada kemauan, dijamin pasti bisa.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: