Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan - Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga merupakan sebuah hal yang selalu dinantikan oleh banyak pasangan. Ini merupakan sebuah momen yang membahagiakan, di mana Anda akan sangat antusias untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari masa kehamilan. Anda tentu akan mengharapkan semua hal berjalan dengan lancar, sehingga kelahiran si bayi dapat dilalui tanpa hambatan.
Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan
Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan

Masa kehamilan menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan dengan sedemikian rupa, baik itu itu dari segi mental si ibu atau pun dari segi materi untuk menyambut kelahiran si bayi. Anda tentu menginginkan semua hal yang terbaik bagi anak Anda kelak, karena itulah mengapa persiapan dan juga perhitungan biaya sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Bukan hanya pada masa kehamilan saja, namun persiapan keuangan juga seharusnya telah direncanakan untuk nanti masa melahirkan dan juga pasca melahirkan. Persiapan keuangan yang matang, akan membuat Anda dan pasangan menjadi tenang dan hanya fokus pada kesehatan dan perkembangan si bayi saja, di mana Anda tidak perlu memikirkan berbagai hal atau kesulitan mengenai keuangan untuk kelahiran si buah hati nanti.

Walaupun sedang dalam kondisi keuangan yang sederhana saja, namun bukan berarti Anda tidak perlu atau tidak bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Simak beberapa poin di bawah ini, sebagai langkah yang bisa Anda terapkan dalam keuangan untuk menyambut kelahiran bayi Anda:

1. Persiapan Pada Masa Kehamilan


Anggaran Anda harus disusun sejak masa kehamilan, karena pada masa-masa ini juga akan cukup banyak hal yang harus dipersipakan dengan baik. Masa kehamilan menjadi masa-masa yang sangat penting bagi perkembangan si bayi, karena itu lakukan beberapa persiapan di bawah ini:

Perawatan di masa kehamilan
Hal yang pertama kali Anda lakukan tentu saja memastikan kehamilan itu sendiri, ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack). Namun untuk hasil yang lebih akurat, Anda tentu harus selalu mendatangi bidan atau dokter kandungan.

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tes kehamilan ini berkisar antara:

Harga test pack : Rp 20.000,- sampai Rp 60.000,-

Biaya periksa ke bidan : Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-

Biaya pemeriksaan rutin

Selama masa kehamilan, Anda tentu akan membutuhkan pemeriksaan rutin yang wajib dilakukan minimal 1x dalam sebulan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui dan memantau perkembangan si bayi selama masa kehamilan tersebut. Pada dasarnya pemeriksaan rutin ini bisa saja dilakukan di bidan, namun pada masa kehamilan di bulan tertentu ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan di dokter kandungan dan menjalani USG di sana. Hal ini untuk memastikan bahwa perkembangan si bayi berjalan dengan lancar dan mengantisipasi segala macam hal-hal yang tidak diinginkan selama masa kehamilan.

Besaran biaya ini akan sangat bervariatif, tergantung tempat dan juga jasa dokter yang Anda gunakan. Namun biaya yang berada di kisaran antara lain:

Biaya periksa ke bidan : Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-

Biaya periksa ke dokter + USG dan Vitamin : Rp 300.000,- sampai Rp 500.000,-

Asupan gizi selama masa kehamilan

Selama masa kehamilan, maka sudah pasti Anda kan membutuhkan asupan makanan yang bergizi baik dan sehat. Anda akan memberi makan si bayi juga, karena itu pastikan Anda hanya memakan makanan bergizi cukup baik dan juga sesuai dengan anjuran dokter / bidan langganan Anda.

Selain asupan makanan bergizi, selama masa kehamilan Anda juga akan membutuhkan susu khusus bagi ibu hamil. Hal ini sangat penting untuk Anda konsumsi, untuk memastikan kecukupan gizi bagi Anda dan si kecil.

Harga susu untuk masa kehamilan in i berkisar antara Rp 80.000,- sampai Rp 300.000,- per kemasan, tergantung pada jenis susu dan juga ukuran kemasannya. Susu ini juga masih harus dikonsumsi pasca melahirkan, tentunya dengan jenis yang berbeda, yakni susu khusus untuk ibu menyusui.

2. Perlengkapan Bayi

Ini juga hal yang wajib untuk Anda lengkapi sebelum masa melahirkan. Setiap orang akan membeli berbagai perlengkapan yang berbeda-beda untuk bayi mereka, namun beberapa perlengkapan bayi yang wajib untuk dimiliki adalah seperti di bawah ini:

Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi biasanya dapat dibeli dalam kemasan yang sudah lengkap (satu set sekaligus), yang terdiri dari sabun, shampo, lotion, baby oil, dan yang lainnya. Selain  hal tersebut, Anda juga wajib membeli sebuah bak mandi bayi. Membeli perlengkapan mandi dalam bentuk set akan lebih murah dan praktis jika dibandingkan dengan membeli secara satuan, namun jangan lupa untuk melihat masa berlaku semua perlengkapan tersebut, jangan sampai Anda membeli barang yang sudah kadaluarsa.

Harga untuk perlengkapan mandi ini, sekitar:

Set perlengkapan mandi : Rp 30.000,- sampai Rp 100.000,- (tergantung pada merk, kelengkapan isi dan juga kemasannya).

Bak mandi, ukuran sedang : Rp 80.000,- sampai Rp 150.000,-

Pakaian bayi

Setelah perlengkapan mandi, maka Anda perlu melengkapi berbagai kebutuhan pakaian bayi Anda nantinya. Beberapa mungkin akan dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit banyak, namun jangan membeli yang lainnya dalam jumlah yang terlalu banyak, sebab bayi akan tumbuh besar dan segera membutuhkan berbagai macam pakaian baru. Jika membeli dalam jumlah yang terlalu banyak, maka Anda akan memboroskan uang dan menumpuk sejumlah pakaian bayi yang hanya dipakai dalam beberapa bulan saja nantinya.

Beberapa perlengkapan pakaian bayi yang harus dibeli dalam jumlah banyak: popok, gurita bayi, bedong, baju, celana, sarung tangan dan kaus kaki.

Sedangkan beberapa perlengkapan ini cukup Anda beli dalam jumlah yang cukup saja: Perlak bayi, bantal dan guling, selimut, handuk, waslap, topi, kain gendongan, tas khusus untuk perlengkapan bayi, tisu kering dan tisu basah.

3. Perlengkapan Ibu Melahirkan

Selain si bayi, Anda juga tentu perlu membeli berbagai perlengkapan bagi si ibu. Sebab setelah melahirkan ibu biasanya akan menggunakan beberapa perlengkapan khusus yang akan membantu di masa pemulihan setelah melahirkan, seperti: gurita untuk ibu melahirkan, pembalut khusus untuk ibu melahirkan, bra khusus untuk ibu menyusui.

Untuk ketiga komponen perlengkapan di atas, Anda akan membutuhkan biaya yang cukup besar, yakni sekitar Rp 2.000.000,- sampai Rp4.000.000,-. Jumlah ini tentu akan sangat tergantung pada jumlah dan juga tempat di mana Anda membeli semua perlengkapan tersebut.

Persiapan persalinan / melahirkan

Selain masa kehamilan, maka sangat penting untuk mempersiapkan masa persalinan. Persiapan biaya untuk masa persalinan akan sangat tergantug pada proses kelahiran si bayi, apakah secara normal ataupun secara operasi caesar. Jika tidak ada hambatan dengan perkembangan kesehatan bayi dan ibunya, maka sangat disarankan untuk menjalani proses persalinan secara normal.

Hal ini akan memperkecil besaran biaya yang dibutuhkan dan juga memberi masa pemulihan yang lebih cepat bagi si ibu. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk persalinan normal hanya berkisar antara Rp 600.000,- sampai Rp 1.000.000,- (jika Anda menggunakan BPJS kesehatan).

Namun jika ternyata ada  hambatan dalam persalinan , maka mau tidak mau Anda harus menjalani operasi caesar pada saat persalinan. Besaran biaya yang dibutuhkan juga terbilang cukup tinggi untuk proses ini, yakni sekitar Rp 6.000.000,- sampai Rp 12.000.000,-. Namun jumlah ini belum termasuk penanganan khusus jika ternyata kehamilan mengalami gangguan atau bayi mengalami kelainan kesehatan.

Besaran biaya persalinan di atas, akan sangat tergantung pada kondisi kesehatan si ibu dan juga bayi selama dalam masa kandungan. Selain hal tersebut, tempat (klinik / rumah sakit) dan juga kelas kamar yang dipilih juga akan menentukan jumlah biaya yang dikeluarkan.

Biaya pasca melahirkan

Setelah melahirkan, Anda perlu memperhatikan asupan makanan si bayi, jika si  ibu belum bisa mengeluarkan ASI, maka Anda harus berusaha memompa agar ASI tersebut keluar. Atau, jika ASI tidak juga keluar, maka Anda harus memikirkan untuk memberikan susu formula bagi bayi Anda.

Harga perlengkapan pompa ASI : Rp 50.000,- sampai Rp 1.000.000,-

Harga susu formula bayi : RP 80.000,- sampai 250.000,-

Tabung dan Siapkan Dananya Sejak Awal

Saat akan memiliki seorang bayi, maka Anda akan begitu antusias untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat anak akan membawa kebahagiaan dalam rumah tangga Anda dan pasangan. Jangan ragu untuk menghitung dan mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal, hal ini akan membantu Anda memiliki cukup banyak waktu untuk mengatur keuangan dan mempersiapkannya dengan baik. Mulailah menabung dan menyiapkan dana khusus bagi kelahiran buah hati Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: