Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian? Lakukan Tips Ini - Bekerja adalah hal yang paling diidam-idamkan semua orang setelah mengemban pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Diterima di perusahaan impian, memiliki gaji yang tinggi, dan menduduki jabatan di perusahaan merupakan impian semua orang.
Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian
Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian

Namun, masih banyaknya penganggur di Indonesia kerap kali menjadi momok yang menakutkan. Bagaimana tidak? Usaha dan jerih payah yang telah dilakukan selama ini terasa sia-sia kalau belum juga mendapatkan pekerjaan.

Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Namun, pelamar kerja sering kali mengalami penolakan dari berbagai perusahaan tersebut. Memang melamar kerja bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki nilai yang baik, kita juga dituntut untuk memiliki skill khusus yang bisa dijadikan nilai tambahan saat melamar kerja.

Ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan agar bisa diterima dengan mudah di perusahaan impian. Tips jitu seperti apakah itu?

1. Buatlah Perusahaan Terkesan yang Dimulai dari Resume

Saat melamar kerja, ada puluhan atau ratusan pelamar kerja yang berhasil lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya. Keputusan untuk meloloskan pekerja dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik saja, yaitu dengan melihat resume si pelamar kerja. Jelaskanlah kelebihan yang ada dalam dirimu melalui resume.

Usahakan untuk menjelaskan pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan kelebihan lainnya yang Anda miliki. Pihak HRD adalah pihak yang nantinya akan menyeleksi berkas-berkas Anda. Jadi, buatlah resume yang mampu menarik perhatian HRD.

2. Milikilah Keahlian Khusus yang Menjadi Daya Tarik


Setiap manusia dianugerahi dengan keahlian khusus. Hanya terkadang kita kurang peka terhadap keahlian yang ada dalam diri. Ketahui keahlian khusus Anda dengan melihat dan mengamati diri sendiri.

Ada banyak keahlian yang menjadi kriteria perusahaan, misalnya mampu bekerja secara teamwork, mampu mengoordinir orang-orang, dan problem solving. Ketiga kriteria tersebut bisa didapatkan ketika bergabung dengan organisasi di sekolah atau kampus. Jika Anda memiliki ketiganya, tidak menutup kemungkinan kalau perusahaan menjadikan Anda sebagai kandidat pelamar nomor satu.

3. Tunjukkan Keinginan untuk Selalu Mengembangkan Kemampuan


Memiliki IQ yang tinggi bukan menjadi jaminan kalau Anda bisa diterima dengan mudah untuk bekerja di perusahaan yang diidamkan. Perusahaan tidak selalu membutuhkan orang-orang pintar saja, tetapi juga orang yang selalu berkeinginan untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Bagi Anda yang mempunyai skill yang biasa-biasa saja, tidak perlu langsung pesimis dan putus asa. Adanya minat yang besar untuk maju bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan untuk mempekerjakan Anda.

4. Perhatikan Penampilan

Setelah berhasil melewati berbagai macam tes yang menguras pikiran, tenaga, dan waktu, sekarang tibalah saatnya untuk melewati tahap terakhir, yaitu wawancara. Banyak orang yang mengalami kegagalan pada tahap wawancara. Mengapa? Mungkin karena tidak percaya diri dan tidak memerhatikan penampilan.

Bagian HRD bisa langsung menilai Anda dari cara berpakaian. Cara berpakaian yang kurang rapi dan tidak bersih menandakan siapa diri Anda yang sebenarnya. Hal ini tentu saja bisa menurunkan nilai Anda di mata pewawancara. Penampilan di sini tidak hanya tentang kebersihan pakaian saja. Intinya, berpakaian rapi, bersih, wangi, dan enak dipandang. Jangan lupa juga untuk melemparkan senyum saat memasuki ruang wawancara.

5. Perhatikan Tingkah Laku Saat Wawancara

Saat wawancara sedang berlangsung, perhatikanlah sikap dan tingkah laku Anda. Mulai dari cara menginjakkan kaki di ruang wawancara, cara senyum, cara berjalan, cara duduk, cara berjabat tangan, hingga pandangan mata Anda terhadap si pewawancara.

Memang poin tersebut merupakan hal yang tidak terlalu penting bagi kita, tetapi sangat penting bagi si pewawancara. Sekecil apa pun kesalahan yang dilakukan akan sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya Anda pada perusahaan tersebut.

Mulailah dengan Penuh Keyakinan

Bisa dibilang mendapatkan pekerjaan itu gampang-gampang susah. Ada yang baru dua hari lalu mengirimkan resume, tiga hari kemudian sudah bekerja. Ada juga yang mengirimnya berbulan-bulan, tetapi sampai sekarang belum bekerja.

Perlu diingat kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan karena kebanyakan kurang yakin akan dirinya sendiri, apalagi saat tahapan wawancara. Karena itu, mulailah dengan penuh keyakinan. Beranikan diri Anda dengan penuh percaya diri bahwa Anda bisa. Niscaya, tujuan mendapat pekerjaan tercapai.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: