Ini Dia 6 Tips Manajemen Waktu yang Baik untuk Karyawan - Seiring berkembangnya zaman, perusahaan–perusahaan besar tentunya memiliki tanggung jawab pekerjaan yang lebih banyak, sehingga membutuhkan SDM (sumber daya manusia) yang juga maksimal dalam menyelesaikan semua beban pekerjaan. Oleh sebab itu, dunia kerja saat ini memberikan tuntutan bagi karyawan agar mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat. Untuk karyawan, hal tersebut tentunya membutuhkan manajemen waktu yang maksimal.
Ini Dia 6 Tips Manajemen Waktu yang Baik untuk Karyawan
Ini Dia 6 Tips Manajemen Waktu yang Baik untuk Karyawan 

Manajemen waktu bagi para karyawan ini sangat penting, karena mereka adalah manusia yang terkadang bisa mengalami stres tertentu saat mendapat tekanan dalam bentuk pekerjaan yang banyak yang harus cepat selesai. Maka dari itu, berusaha sebisa mungkin pekerjaan mereka yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang efektif dan efisien, tanpa membuatnya menjadi tertekan dalam pekerjaan.

Bagaimana cara mengelola manajemen waktu bagi para karyawan, berikut ini ada 6 tips untuk memaksimalkannya:

1. Mulai dari Pekerjaan yang Paling Cepat Selesai


Diantara beberapa pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda, tentu saja ada pekerjaan yang sebenarnya paling cepat untuk diselesaikan. Mengapa tidak memulai dari pekerjaan tersebut terlebih dulu. Anda bisa mencoba untuk membuat daftar “apa yang harus dikerjakan” setiap harinya, dimulai dari yang paling mudah, hingga paling sulit.

Sebagai contoh, jika hari ini anda memiliki 10 pekerjaan yang harus diselesaikan, dan anda hanya mampu mengerjakan 5 dari 10 pekerjaan tersebut. jadikan 5 pekerjaan yang telah selesai itu, untuk memotivasi 5 pekerjaanya lainya yang belum selesai.

2. Membagi Tugas Besar Kedalam beberapa Tahap

Saat anda menerima tugas yang cukup besar dari pekerjaan Anda, dan dituntut harus selesai dalam waktu tertentu, sebaiknya hindari stres dan cari jalan keluarnya. Mulailah dengan membagi-bagi pekerjaan besar tersebut ke dalam jenis yang lebih kecil, agar lebih mudah untuk diselesaikan. Anda bisa juga menggabungkan pekerjaan kecil yang serupa di satu waktu. Hal tersebut akan mengurangi stres yang sewaktu-waktu bisa menimpa Anda.

3. Buatlah Daftar “To Do List” Sekarang Juga


Buatlah daftar pekerjaan yang sempat dibahas di awal tadi, dalam buku catatan anda.  Buat daftar pekerjaan yang ditulis dalam bentuk point-point penting, dimulai dari pekerjaan yang mudah selesai, hingga yang paling sulit. Saat pekerjaan hari ini selesai, sebelum pulang ke rumah, jangan lupa untuk kembali membuat daftar pekerjaan apa yang harus dilakukan untuk besok. Dengan cara seperti ini, apa yang hendak anda kerjakan menjadi lebih jelas.

4. Coba Bantuan Fitur Kalender pada Smartphone

Saat ini, sepertinya hampir semua karyawan sudah menggunakan smartphone Android. Dalam Android akan terdapat beberapa Aplikasi yang belakangan semakin  terkenal. Namun ada beberapa fitur yang juga bermanfaat yang anda belum ketahui, salah satunya adalah fitur Kalender pada smartphone.

Fitur ini akan membantu kita mengatur jadwal, seperti jadwal Meeting di kantor, atau jadwal bertemu dengan Klien. mungkin dengan adanya fitur tersebut, waktu pekerjaan anda akan semakin Flexible.

5. Hindari Segala Bentuk Distraksi


Anda bisa mencoba untuk melakukan hal tersebut, dengan cukup mudah. Namun usahakan tidak ada distraksi yang terjadi. Sekalipun mereka tahu distraksinya sepeti apa, hal itu tetap menjadi rahasia yang jarang dipublikasikan.

6. Mencoba Untuk Tidak Nyambi

Istilah nyambi ini adalah melakukan pekerjaan sekaligus dalam satu waktu, atau lebih dikenal dengan Multitasking. Melakukan pekerjaan seperti ini sebenarnya merupakan jebakan bagi para pekerja, karena hasil dari pekerjaan seperti ini ternyata memberikan hasil yang kurang maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan karena fokus terbagi menjadi dua. Hindari melakukan pekerjaan dengan nyambi yang hanya akan membuat beban pekerjaan anda menjadi tambah banyak.

Fokus Dalam Mengerjakan Tugas Secara Terpisah

Sebaiknya anda tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaan satu persatu. Jangan menumpuk pekerjaan, karena anda bukan dewa yang bisa menyelesaikan semuanya dalam waktu yang singkat. Mulai kerjakan pekerjaan yang mudah, baru selesaikan pekerjaan yang sulit. Alur seperti itu adalah cara menyelesaikan pekerjaan secara Efektif dan Efisien. Manajemen Waktu karyawan yang baik, tentunya akan meningkatkan produktivitas bekerja.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: