Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Melihat Faktor Kenaikan Harganya - Adanya media sosial membawa pengaruh yang patut diperhitungkan di semua aspek, seperti komunikasi, pemberitaan, sampai dengan transaksi jual beli. Media sosial bukan hanya memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk bertukar informasi secara tepat dalam bentuk teks, melainkan berbagi gambar dan video.
Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Melihat Faktor Kenaikan Harganya
Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Melihat Faktor Kenaikan Harganya 

Bahkan, saat ini kita juga bisa mendapatkan informasi secara real time dari media sosial. Kelebihan inilah yang sekarang banyak dimanfaatkan, salah satunya oleh para investor emas untuk memperlancar usahanya. Dalam kaitannya dengan transaksi emas, media sosial memiliki beberapa kelebihan yang akan diulas lebih jauh dalam uraian berikut ini.

Dari Media Sosial, Bisa Didapat Informasi secara Real Time dan Aktual


Selain bisa mendapatkan informasi dari akun media sosial resmi perusahaan yang melayani jual beli emas, kita juga bisa mendapatkan komentar-komentar dari para pengguna lain tentang emas tersebut.

Kita bisa mendapatkan informasi real time 24 jam ataupun informasi yang paling populer. Keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah bisa semakin jeli dalam memprediksi keadaan pasar emas saat ini dan yang akan datang.

Contohnya, jika menggunakan Twitter, dengan mudah kita bisa menggunakan hashtag (tanda pagar “#”) untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Selain dapat mengetahui informasi seputar harga emas, Anda juga bisa mengetahui sentimen-sentimen yang memengaruhi pergerakan harga emas, seperti bencana alam atau perubahan regulasi.

Dengan kemudahan yang diberikan media sosial saat ini, para investor tidak perlu lagi untuk menunggu berita tersebut dari media cetak. Sebab rilis media cetak yang pasti akan memakan waktu lebih lama dan kurang praktis karena sulit untuk dibawa. Selain itu, kebanyakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas sekarang telah memiliki akun media sosial. Bahkan, ada yang memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Hati-Hati, Berita Palsu Soal Investasi Emas Juga Beredar di Media Sosial 

Memang banyak kemudahan akses informasi yang bisa didapatkan dengan adanya media sosial. Akan tetapi, setiap hal selalu ada pro dan kontranya. Misalnya, apabila tidak teliti, bisa saja kita membaca informasi yang berasal dari orang yang bukan ahli dalam hal investasi emas, melainkan hanya orang yang iseng dan ikut-ikutan saja.

Jadi, akan lebih baik jika kita membaca informasi yang bersumber lebih dari satu orang dan memastikan itu akun asli dan dapat dipercaya. Selain itu, biasanya akun-akun perusahaan penting dan besar sudah terverifikasi. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melihat ada tanda checklist di samping nama akun sebagai penanda verifikasi akun tersebut.

Rajin Pantau Berita yang Terkait dengan Investasi Emas
Peristiwa atau kejadian yang bisa memengaruhi harga indeks saham sebaiknya menjadi perhatian investor. Sebab berita-berita besar semacam itu yang dimungkinkan bisa berpengaruh pada kondisi pasar secara global. Perlu diingat bahwa indeks saham global seperti Dow Jones bisa berpengaruh ke hampir semua instrumen investasi, termasuk harga emas.

Selain itu, ada beberapa topik lain yang patut diperhatikan, seperti:

Mengamati perubahan tingkat suku bunga Amerika Serikat oleh The Fed.
Kondisi perekonomian global dan Amerika Serikat.
Kebijakan politik, baik dalam dan luar negeri.
Bencana atau kecelakaan yang dimungkinkan bisa berpengaruh pada jumlah produksi emas secara global.
Jumlah permintaan dan penjualan emas.

  Investasi Emas

Meskipun perlu berhati-hati mengenai info yang didapatkan dari media sosial, Anda masih dapat mengandalkan media sosial untuk melakukan investasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Cari Akun yang Dapat Dipercaya

Seperti Anda ketahui, sangat mudah untuk membuat akun media sosial. Untuk itu, Anda perlu memastikan salah satu dari akun yang diikuti, apakah merupakan akun resmi dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi emas atau tidak.

2. Jangan Asal Memilih Akun sebagai Sumber Informasi

Ada banyak akun mengenai investasi emas, baik yang dibuat analis maupun orang biasa. Sebaiknya, sebelum Anda memutuskan untuk mem-follow (mengikuti) sebuah akun, lihat terlebih dahulu riwayat akun tersebut dari status-status yang di-posting-nya. Bagaimana ketepatan analisisnya dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana bahasa yang digunakan saat menjalin interaksi dengan orang lain.

Pada dasarnya, menggunakan media sosial dalam investasi emas adalah untuk mempermudah kita agar bisa mendapatkan akses informasi yang cepat dan aktual. Karena itu, perlu diperhatikan benar-benar sebelum mengikuti sebuah akun. Sebaiknya, jangan terpaku pada satu informasi. Lihat sumber informasi yang lainnya sebagai pembanding sehingga bisa diambil keputusan yang tepat dalam melakukan investasi.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Faktor Penyebab Naiknya Harga Emas

Tanpa disangka peristiwa Brexit bisa membuat harga emas naik 25%. Kenaikan tersebut membuat kenaikan emas tertinggi selama 2 tahun terakhir, yaitu sebesar US$100/ons dan menjadikan harga emas senilai US$1.358. Hingga saat ini harga emas masih cenderung tinggi seakan tidak terpengaruh oleh kondisi perekonomian yang sedang lesu.

Sebenarnya, menurut para pakar ekonomi, kenaikan harga emas bukannya tidak bisa diprediksi. Berikut ini adalah sejumlah faktor yang menyebabkan kenaikan harga emas pada masa yang akan datang.

1. Meningkatnya Permintaan Safe Haven

Situasi geopolitik mendorong meningkatnya permintaan emas sebagai pilihan safe haven. Hal tersebut makin diperkuat dengan pelemahan dolar Amerika Serikat (AS). Emas sebagai safe haven dinilai aman dari gejolak ekonomi yang tidak pasti.

2. Inflasi

Naik turunnya inflasi menjadi isyarat bagi para investor untuk berinvestasi emas. Investor akan mengivestasikan uangnya dalam bentuk emas apabila inflasi mengalami kenaikan. Makin banyaknya investor yang berinvestasi emas sama saja dengan makin meningkatnya permintaan emas. Dampaknya, harga emas naik karena itu.

3. Nilai Tukar Dolar 

Rupanya melemahnya mata uang dolar membawa pengaruh terhadap kenaikan harga emas. Kecenderungan yang terjadi saat nilai dolar menguat, saat yang sama harga emas turun. Sementara saat nilai dolar melemah, harga emas naik.

Dengan mengetahui topik atau berita yang masih terkait dengan emas seperti ulasan di atas, diharapkan Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan seputar investasi emas dan mengurangi potensi terjadinya kerugian dalam investasi.

Aktif Menggunakan Media Sosial dan Cermat Melihat Perubahan

Dengan memanfaatkan keberadaan media sosial dan mengetahui faktor-faktor penyebab naiknya harga, bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari investasi emas. Namun, sukses gagalnya tetap tergantung dari investor sendiri. Keaktifan investor dalam penggunaan media sosial untuk tujuan investasi dan cermat dalam melihat perubahan-perubahan yang bisa saja menyebabkan harga emas naik turun akan membawa keuntungan bagi investor.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: