Kunci Sukses dan Daftar Pilihan Bisnis Waralaba untuk Pemula - Mau bisnis dengan risiko kecil dan hampir pasti menguntungkan? Cobalah sistem waralaba. Bagi seorang pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, bisnis franchise atau waralaba dianggap sebagai cara aman untuk memulai karena tidak harus menyiapkan segalanya dari nol. Produk dan strategi penjualan sudah baku dan telah disiapkan oleh franchisor atau pemilik bisnis tersebut. Anda tinggal menyiapkan modal dan melanjutkannya. Tentu saja dengan panduan dari franchisor. Apakah sistem franchise itu aman dan bebas risiko? Bisa ya bisa juga tidak, tergantung peran Anda dalam mengikuti saran dan anjuran dari pemilik franchise, dan juga kejelian dan keuletan Anda dalam mengelola bisnis waralaba tersebut.
Kunci Sukses dan Daftar Pilihan Bisnis Waralaba untuk Pemula
Kunci Sukses dan Daftar Pilihan Bisnis Waralaba untuk Pemula

Secara prinsip, bisnis adalah mengelola risiko dan mengubahnya menjadi keuntungan. Jika tak pintar mengelola risiko, berarti kerugian yang akan Anda dapatkan, begitupun bisnis franchise. Pada dasarnya franchise hanyalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan oleh pemilik untuk memperluas pasar bisnisnya. Untuk sukses di bisnis ini, Anda perlu mempelajari beberapa tips mengelola franchise tersebut.

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Franchise


Banyak pemilik bisnis yang sukses di satu bidang tertentu masih merasa ragu apakah bisnis yang sukses saat ini bisa digandakan dan sukses di tempat baru. Kalaupun bisa, seberapa cepat bisnis tersebut bisa sukses? Kadang mereka juga ragu tentang seberapa besar risiko yang harus ditanggung jika gagal. Ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menawarkan sistem franchise. Di sisi lain, banyak juga pemilik dana berlebih yang ingin buka usaha namun tidak ingin memulainya dari nol. Dua kepentingan bisnis ini jika digabung akan menghasilkan sebuah kerjasama usaha franchise. Sistem ini akan mempunyai dampak yang luar biasa terhadap branding dari bisnis tersebut.

Bisnis franchise bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh ibu rumah tangga (bahkan bagi yang baru pertama kali mencoba menjalankan bisnis waralaba sekalipun). Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sukses di bisnis ini di antaranya adalah:

Pemilihan lokasi harus benar-benar strategis. Hal ini untuk memudahkan promosi usaha Anda. Jika usaha Anda online, pastikan Anda ikut menggunakan marketplace yang punya trafik tinggi seperti tokopedia.com dan bukalapak.com.

Pilih waralaba yang mudah dijalankan, dan mudah dipelajari. Sebagai pemain baru di bisnis yang akan Anda tekuni, maka Anda harus belajar mengenal produk tersebut.  Awali usaha Anda dari yang mudah terlebih dahulu baru menjalankan yang rumit. Bisnis waralaba yang mudah adalah bisnis yang tidak terlalu banyak menyita waktu dan juga pikiran.

Pilih bisnis waralaba dengan harga terjangkau supaya Anda bisa kontrol risiko dengan mudah. Harga terjangkau identik dengan risiko yang terkontrol. Prinsipnya jangan sampai Anda menjalankan usaha yang berisiko sehingga saat sekali saja Anda gagal langsung bangkrut akibat mahalnya bisnis yang Anda jalankan. Karena itulah Anda harus mencari bisnis waralaba yang mana harga produknya terjangkau oleh semua kalangan.

Supaya mudah dalam memasarkan, pilih bisnis waralaba yang banyak dicari konsumen. Bisnis yang banyak dicari orang akan memudahkan dari sisi pemasaran. Salah satu jenis bisnis waralaba yang saat ini banyak dicari oleh konsumen adalah bisnis waralaba makanan. Makanan paling banyak dicari karena setiap hari setidaknya kita 3x makan. Hampir di seluruh sudut kota pasti ada bisnis kuliner. Silahkan survey jenis dan model makanan yang laris di pasaran.

Pilih bisnis waralaba dengan pelayanan baik dan proses yang mudah. Dalam memulai usaha waralaba, jangan asal pilih yang penting murah, namun pastikan Anda bergabung dengan para pemilik bisnis waralaba yang memberikan pelayanan prima, misalnya saja seperti garansi barang atau produk, pelayanan atau informasi yang baik pada Anda, pelatihan atau kursus dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis waralaba sehingga Anda merasa sangat terbantu dalam menjalankan bisnis tersebut.

Demi memudahkan kontrol dan efisiensi biaya, pilih bisnis waralaba yang dekat dengan rumah. Bisnis waralaba berkembang secara global sehingga tak jarang pusatnya di lokasi tertentu sedangkan Anda rencana mau buka di wilayah yang jauh dari lokasi tersebut. Bagi para pemula, sebaiknya bergabunglah dengan bisnis waralaba yang berada di sekitar rumah Anda, setidaknya dalam satu Kabupaten sehingga memudahkan dalam konsultasi bisnis dan kendala yang dihadapi.

Bisnis Franchise Makanan, Paling Banyak Dijalankan oleh Pemula

Bisnis franchise makanan merupakan yang paling mudah dijalankan di Indonesia mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok dan Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat banyak. Selain itu, minat konsumen terhadap makanan di Indonesia memang sangat tinggi. Uniknya lagi, motif konsumen untuk membeli makanan pun berbeda-beda, ada yang murni karena hobi makan, namun banyak juga yang sekedar ikut-ikutan temannya.

Sebagai pebsinis, Anda harus pintar membaca motivasi dan karakteristik tersebut dan menjadikannya peluang dalam berbisnis franchise makanan. Apalagi saat ini banyak franchise dunia mampu mengambil alih selera makan masyarakat Indonesia seperti halnya: KFC, Pizza Hut, dan McDonald's.

Bisnis franchise makanan di Indonesia bervariasi kelasnya, ada yang hanya butuh modal jutaan, namun ada juga yang ratusan juta. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kelas risiko Anda. Jika bingung, coba simak daftar 7 bisnis franchise makanan di Indonesia berikut ini. Barangkali ada yang sesuai dengan kelas dan minat Anda.

Royal Pohong

Bisnis ini punya bahan dasar berlimpah, karena mengandalkan singkong. Singkong diolah sedemikian rupa sehingga bagian luar dari singkong menjadi renyah sehingga mudah dan enak dikunyah. Jika Anda ingin bisnis franchise makanan yang satu ini, maka Anda harus memiliki investasi mulai dari Rp10 juta. Cukup murah untuk memulai sebuah usaha rumahan.

Toper Crepes

Walau bermodal murah, namun bisnis ini sudah cukup berkembang, dengan ditandainya 60 outlet Toper Crepes yang sudah tersebar baik di pulau jawa maupun di luar jawa. Anda yang penasaran segera cari info detail produk yang ditawarkan. Risikonya cukup terkontrol, hanya Rp8,5 juta saja.

Pisang Goreng Planet Krispy Kreme

Anda hobi dengan pisang goreng? Bisnis ini ternyata sudah merambah waralaba dan ternyata cukup banyak menarik peminatnya. Jika Anda juga berminat, maka Anda harus memiliki investasi mulai dari Rp7,5juta saja.

Donat Bakar (Dokar)

Umumnya donat itu digoreng, namun sebagai strategi diferensiasi produk, maka bisnis yang satu ini menawarkan inovasi baru, yaitu donat bakar. Jika Anda berminat menjalankan bisnis ini, maka Anda harus mempunyai investasi mulai dari Rp7 juta.

P-DO Donat Kentang

Ini contoh diferensiasi produk yang tak kalah uniknya. Jika donat-donat yang lain berbahan dasar tepung, donat ini berbahan dasar kentang. Tak pelak, bisnis franchise makanan banyak dipilih sebagian orang. Belakangan, donat tersebut banyak digemari oleh konsumen, apalagi bahan dasarnya mudah didapatkan. Modal investasi terendah sangat terjangkau mulai dari Rp6 juta.

Tela Tela

Awal bisnis ini dari jawa barat, tepatnya dari kota kembang Bandung, dan kini sudah merambah ke hampir semua kota besar di Indonesia. Bahan dasar makanan ini mudah didapatkan yaitu singkong, ditambah dengan perpaduan rasa yang menarik membuat bisnis franchise makanan ini dijadikan pilihan oleh sebagian orang. Inovasi terbaru dari singkong ini dapat dijadikan bisnis franchise untuk Anda, cukup dengan berinvestasi sebesar Rp4 juta.

Cireng Kodjo

Seolah terpacu dengan tela-tela, Cireng Kodjo tidak mau kalah dengan saudara tuanya tela-tela yang juga sama-sama berasal dari provinsi jawa barat. Bisnis franchise yang satu ini lah yang memberikan tawaran investasi sangat murah, yaitu sekitar Rp1,5 juta saja.

Pilih Bisnis Sesuai Minat Anda

Franchise tidak selamanya mahal, jika Anda jeli mencari informasi, beberapa tawaran investasi di atas bisa menjadi alternatif pilihan menarik buat memulai usaha waralaba. Orang yang menjalankan bisnis franchise yang sesuai dengan minatnya mempunyai peluang sukses lebih besar. Karena ia tidak terlalu terpengaruh dengan perkataan orang lain, pantang menyerah terhadap masalah atau kegagalan. Setiap masalah yang timbul dianggapnya sebagai sebuah tantangan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: