Liburan dengan Keluarga Tidak Selalu Boros, Lakukan Ini untuk Menghematnya - Menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga merupakan momen penting yang diinginkan oleh banyak orang, barangkali termasuk Anda juga. Tentu tidak setiap saat kita dapat melalui waktu berharga seperti ini, itulah mengapa sebagian orang bahkan merencanakan kegiatan liburan keluarga sebagai sebuah agenda tetap tahunan. Waktu dan kebersamaan dengan orang-orang tercinta adalah sebuah momen yang bahagia, sehingga penting untuk menikmatinya dengan semaksimal mungkin.
Liburan dengan Keluarga Tidak Selalu Boros, Lakukan Ini untuk Menghematnya
Liburan dengan Keluarga Tidak Selalu Boros, Lakukan Ini untuk Menghematnya 

Ketika membuat sebuah rencana liburan dengan semua anggota keluarga, maka besar kemungkinan Anda dan keluarga akan melakukannya di masa liburan anak sekolah. Dengan begitu, maka jadwal sekolah anak-anak tidak terganggu, dan dapat menikmati liburan yang cukup panjang dengan mereka.

Namun, hal ini juga menjadi sebuah pekerjaan tambahan, mengingat pada masa liburan tersebut semua rute penerbangan dan juga penginapan akan sangat padat, sebab momen tersebut tentu dimanfaatkan oleh banyak orang lainnya untuk berlibur.  Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan persiapan liburan ini sejak jauh-jauh hari, sehingga liburan Anda dan keluarga bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan

Meski berlibur pada masa liburan panjang seperti akhir tahun dan lebaran, Anda tetap bisa saja menikmati momen liburan yang berkualitas bersama dengan anggota keluarga lainnya, selama kegiatan ini direncanakan dengan matang. Tidak harus selalu mahal dan membutuhkan sejumlah dana yang besar, dengan sebuah rencana yang tepat, liburan tetap akan menyenangkan dan bisa dilakukan dengan hemat.

Simak beberapa poin di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan hemat bersama dengan keluarga:

1. Susun Rencana Liburan Keluarga dengan Tepat


Hal pertama yang wajib dilakukan untuk bisa menikmati sebuah liburan berkualitas adalah dengan menyusun rencana yang tepat. Hal ini bahkan akan sangat baik jika dilakukan sejak jauh-jauh hari, di mana Anda memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Hindari untuk melakukan liburan keluarga tanpa sebuah rencana yang baik, sebab hal ini mungkin akan membuat liburan menjadi tidak berkualitas maksimal dan bahkan berisiko menimbulkan pemborosan di dalam keuangan.

Penyusunan rencana ini akan sangat baik melakukannya dengan melibatkan anggota keluarga lainnya, bukan hanya pasangan, namun anak-anak juga. Dengarkan keinginan mereka dan juga destinasi wisata apa saja yang ingin mereka kunjungi nantinya, sehingga perjalanan ini akan menyenangkan untuk semua orang. Diskusi kecil ini akan membuat semuanya berjalan dengan lancar, termasuk penyesuaian jadwal masing-masing anggota keluarga, sebab hal ini bisa dikomunikasikan dengan baik sejak awal.

Tentukan tempat liburan yang paling tepat dan sesuai dengan kesepakatan semua orang, termasuk transportasi dan juga akomodasi yang akan digunakan nanti. Pilih juga waktu yang paling tepat, di mana semua anggota keluarga dapat menikmati waktu liburan ini dengan santai.

2. Siapkan Dana yang Cukup

Setelah rencana yang matang, Anda juga wajib untuk menyiapkan dana yang cukup untuk kebutuhan liburan tersebut. Pastikan dana yang dimiliki memang memadai untuk membiayai perjalanan ini, sehingga semua rencana liburan tersebut dapat direalisasikan dengan baik.  Biaya liburan keluarga mungkin akan cukup besar, terutama jika melakukannya di musim liburan sekolah, karena itu persiapkan semua biaya ini dengan matang sejak awal.

Beberapa orang bahkan menabung selama beberapa bulan atau bahkan setahun penuh, untuk bisa membiayai liburan tahunan bersama dengan keluarga. Anda juga bisa melakukan hal yang sama, sehingga biaya liburan ini tidak membebani keuangan dengan berat karena dibayarkan sekaligus.

Siapkan dananya dengan cara menabung setiap bulan, di mana Anda dapat menyisihkan sejumlah pendapatan secara rutin setiap bulannya. Hal ini tidak akan terlalu sulit untuk dilakukan, terutama jika Anda memang disiplin dan menaruhnya di rekening terpisah yang bisa disimpan dengan sedemikian rupa.

3. Kenali Lokasi Tujuan Liburan dengan Baik


Jangan lupa untuk selalu mengenali lokasi tujuan liburan dengan baik, sebab ini akan membantu Anda untuk memiliki waktu dan momen yang menyenangkan di sana. Coba bayangkan, berapa banyak waktu dan biaya transport yang harus Anda keluarkan ketika tersesat di sebuah lokasi liburan nanti hanya karena Anda kurang informasi. Hal ini bahkan belum termasuk sejumlah tenaga dan rasa lelah Anda bersama anggota keluarga lainnya.

Hindari kejadian seperti ini sejak awal, mulailah kumpulkan berbagai informasi mengenai lokasi liburan Anda nanti. Ketahui modal transportasi apa saja yang akan tersedia di sana, termasuk jam operasionalnya juga, sehingga tidak akan mengalami kesulitan ketika bepergian bersama keluarga Anda.

4. Cari Promo Paket Liburan

Jika mempersiapkan liburan sejak jauh-jauh hari, maka Anda akan lebih leluasa untuk mencari dan memilih promo paket liburan ini. Hal ini akan memberikan lebih banyak keuntungan, sebab harga yang ditawarkan dalam program promo seperti ini akan jauh lebih murah dari pada harga biasanya.

Bukan hanya itu saja, Anda bahkan akan menghemat lebih banyak uang, terutama jika memang merencanakannya untuk berlibur di musim liburan yang pada umumnya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Membeli paket liburan lebih awal juga akan memberikan rasa nyaman, sebab hampir semua perjalanan liburan Anda bersama keluarga tersebut telah direncanakan dengan baik dan matang. Anda tidak akan direpotkan dengan perencanaan dan juga berbagai hal lainnya yang menyita banyak waktu dan tenaga, terutama jika mempersiapkannya di waktu-waktu terakhir sebelum musim liburan tiba.

Temukan dan pilih promo paket liburan terbaik yang paling sesuai untuk Anda sekeluarga, sehingga perjalanan akan terasa menyenangkan dan bisa dilakukan dengan lebih hemat serta terencana.

5. Makan Hemat dengan Mencoba Makanan Lokal


Biaya makan menjadi salah satu biaya yang paling besar ketika liburan, terutama jika Anda liburan bersama dengan keluarga. Hal ini juga patut diantisipasi sejak awal, sehingga liburan Anda tetap bisa berjalan lancar dengan biaya yang hemat.

Anda dapat mencoba untuk menikmati makanan lokal atau makanlah di tempat makan / warung biasa yang banyak dikunjungi masyarakat lokal di tujuan wisata. Biasanya makanan di tempat makan seperti ini lumayan enak dan tentunya jauh dari kata mahal.

Jika memang di tujuan liburan Anda tersebut cukup sulit menemukan warung / rumah makan seperti di atas, maka bisa memilih untuk makan di restoran cepat saji (fast food) yang harganya memang telah bisa diperhitungkan sejak awal. Hal seperti ini bisa Anda lakukan jika ternyata tujuan wisata memang termasuk ke dalam kota yang cukup besar, di mana dapat menemukan berbagai restoran cepat saji dengan mudah.

Meski berusaha untuk makan dengan hemat, namun selalu jaga kondisi kebersihan makanan yang dipilih, sebab kesehatan tentu menjadi hal yang patut untuk diprioritaskan, bukan?

6. Belanja dan Membeli Oleh-oleh dengan Cerdas

Hindari untuk kalap dan berbelanja tanpa kontrol di tempat wisata yang akan dikunjungi nanti, sebab ini akan membuat pengeluaran membengkak. Bukan hanya Anda dan pasangan saja, namun hal ini juga harus diberlakukan untuk anak-anak juga. Susun rencana belanja dan juga uang saku yang tepat untuk setiap orang, sehingga pengeluaran tetap terkontrol dengan baik selama perjalanan liburan.

Hal yang sama juga berlaku ketika akan membeli oleh-oleh, di mana sebagian besar orang justru menghabiskan dana yang cukup besar untuk hal tersebut. Tidak perlu berlebihan dan membeli berbagai makanan dan barang tanpa perhitungan, Anda dapat belanja oleh-oleh secukupnya saja, sehingga pengeluaran tetap terkontrol dengan baik.

Persiapkan dengan Matang

Untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga, seringkali harus melakukannya di musim liburan panjang, di masa liburan sekolah anak-anak. Hal ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga penting untuk mempersiapkannya dengan matang sejak awal. Atur rencana dan juga biaya liburan dengan tepat dan cerdas, agar momen liburan tersebut dapat berjalan lancar dan menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: