Manfaat dan Tips Menabung Sesuai dengan Profesi - Menabung sudah dikenal memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menyiapkan dana  bagi rencana di masa depan misalnya saja untuk biaya pendidikan anak. Tak hanya itu, dengan menabung kita juga akan siap jika menghadapi kebutuhan mendadak, misalnya pada saat jatuh sakit dan ternyata kita masih belum punya asuransi.
Manfaat dan Tips Menabung Sesuai dengan Profesi
Manfaat dan Tips Menabung Sesuai dengan Profesi 

Manfaat dan kelebihan memiliki tabungan sudah banyak dipahami orang namun yang belum banyak dimengerti adalah jenis tabungan apa yang cocok untuk tujuan keuangan yang telah direncanakan. Selain itu perlu juga adanya strategi memilih tabungan yang tepat, sesuai dengan pendapatan setiap orang. Artikel kali ini akan mengulas tentang berbagai hal seputar manfaat menabung sesuai profesi, sekaligus juga tipsnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Ketahui Strategi Menabung Berikut Ini, Sesuai Besaran Pendapatan dan Dapatkan Manfaatnya


Bekerja di sektor yang produktif dan mendapatkan gaji yang besar tentu menjadi idaman banyak orang. Tapi tak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan semacam ini. Pertumbuhan kredit konsumtif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menunjukkan bahwa pekerjaan yang memberikan gaji dalam jumlah yang cukup dan stabil setiap bulannya belumlah banyak dimiliki oleh para pekerja di tanah air.

Untuk itu perlu strategi khusus agar seseorang tetap punya simpanan atau tabungan uang meski pendapatannya fluktuatif. Lakukan tips berikut ini:

Sisihkan Terlebih Dahulu Jumlah Uang yang akan Ditabung

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat perkiraan berapa jumlah uang yang akan ditabung. Nominal yang akan ditabung tentunya disesuaikan dengan pemasukan. Perkiraan nominal yang ingin ditabung ini disesuaikan dengan perbandingan pengeluaran dan pendapatan dalam jangka waktu tertentu.

 Sebagai contoh; bila ingin membeli sebuah sepeda motor dengan harga 20 juta, maka setidaknya perlu untuk menyisihkan Rp1 juta dari pendapatan keseluruhan. Lalu buat perhitungan berapa lama sepeda motor tersebut ingin dibeli, bila kemungkinan membeli dalam 1 tahun maka jumlah yang harus ditabungkan tentu perlu ditambahkan.

Siapkan Daftar Pengeluaran Perbulan

Pengeluaran tak terduga dapat menyebabkan seseorang susah untuk menyisihkan uang. Karenanya perlu dilakukan daftar pengeluaran pokok perbulan. Dengan cara seperti ini maka uang dapat dikelola dengan baik. Pada saat anda mendapatkan penghasilan tambahan maka jangan lupa untuk menambah tabungan anda agar hal yang dicita-citakan dapat segera terlaksana.

Buat Proyeksi Pemasukan Perbulan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain anda menabung, lakukan pula proyeksi pos pendapatan dalam beberapa periode kedepan. Bila perlu dapat pula menciptakan pos pendapatan tambahan. Ini agar jumlah tabungan tak terganggu dan terus meningkat, meski pada satu saat terjadi pengeluaran tak terduga karena kondisi darurat yang sangat mendesak.

Jumlah Uang yang akan Ditabung Tidak Boleh Berkurang

Agar rencana dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target waktu yang diharapkan, besaran jumlah uang yang ditabungkan harus diusahakan agar tetap sama dari waktu ke waktu setiap bulannya. Dengan disiplin semacam ini, niscaya apa yang dicita-citakan akan tercapai. Bahkan tak jarang, dari beberapa kasus atau cerita teman yang memulai tindakan manajerial pendapatan semacam ini, masih terdapat sisa yang bisa dialokasikan untuk keperluan lain atau tetap ditabung, setelah tujuan atau target keuangan tercapai tentunya.

Manajemen keuangan berawal dari strategi menabung yang tepat. Tips diatas sebenarnya adalah cara termudah dan sederhana untuk menabung serta dalam waktu tertentu berhasil mencapai target keuangan yang diidamkan. Hal yang terpenting tentu saja ada kedisiplinan seseorang untuk menjalankannya, terlebih bila profesi yang digeluti sesuai dengan tema kali ini, yaitu jenis profesi dengan pendapatan yang tidak stabil.

Untuk profesi dengan pendapatan tidak stabil, ada salah satu jenis tabungan yang cocok yaitu tabungan rencana. Jenis tabungan yang sesuai untuk mereka yang menggeluti profesi dengan pendapatan tak tetap.

Tabungan Rencana, Cara Cerdas Mengelola Pendapatan Sesuai Profesi


Tujuan utama dari menabung adalah menyiapkan dana untuk rencana keuangan yang kita buat. Seperti ulasan di awal, bagaimana cara menabung untuk mereka yang bergelut dengan profesi yang notabene mendapatkan penghasilan fluktuatif alias tidak tetap? Tabungan rencana adalah cara yang pas sebagai solusinya. Seperti apa tabungan rencana ini. Simak dalam ulasan selanjutnya berikut ini.

Tabungan Rencana Profesional

Seorang pebisnis dengan pendapatan yang fluktuatif dalam jangka waktu tertentu harus berfikir secara komprehensif mulai dari menabung dan membuat rencana pengembangan modal usaha atau untuk mendukung pengeluaran lainnya. Tabungan rencana jadi salah satu alternatif yang sangat pas, karena memiliki fitur sebagai model tabungan reguler sebagai sarana untuk bertransaksi sehari-hari selain untuk pengembangan usaha.

Tabungan Rencana bagi Pegawai Kantoran

Pegawai kantoran merupakan profesi dengan nominal pendapatan yang stabil setiap bulannya. Jangan lupa untuk memiliki simpanan dalam jangka waktu tertentu yang aman dan bisa diambil pada saatnya tentu akan sangat baik, salah satunya dengan mengambil produk tabungan rencana. Dengan memiliki tabungan rencana pegawai kantoran akan memiliki jumlah gaji yang stabil sekaligus tabungan yang terencana untuk tujuan keuangan yang ingin diraih.

Tabungan Rencana untuk Tenaga Lepas

Dewasa ini, semakin banyak orang bekerja sebagai tenaga lepas atau yang biasa dikenal pula dengan istilah freelancer. Bagi mereka yang berprofesi demikian tentu ada baiknya punya tabungan jenis ini. Selain karena penghasilan yang sangat fluktuatif setiap bulannya, memiliki tabungan rencana bagi seorang freelancer ini bisa digunakan sebagai pendamping simpanan dalam bentuk lainnya seperti misalnya asuransi atau deposito.

Ditilik dari bentuknya, tabungan rencana memang hampir sama dengan investasi lainnya seperti misalnya deposito atau reksadana. Yang membedakan adalah mekanismenya. Tabungan rencana lebih bersifat swa atau mandiri menyesuaikan dengan kebutuhan dari pihak nasabah yang akan menabung.

Disiplin dalam Menjalankan Rencana yang Sudah Ditetapkan

Sifat tabungan rencana adalah mandiri sehingga membutuhkan kontrol ketat dari pihak yang menabung dalam bentuk tabungan rencana tersebut. Bila tidak tentunya dana yang terkumpul tak kunjung menumpuk, dan bukannya mendapatkan simpanan sebagaimana yang diharapkan untuk meraih impian atau cita-cita yang diinginkan, malahan rekening akan kosong karena terpotong biaya-biaya tertentu seperti misalnya administrasi. Karenanya kedisiplinan jadi kunci, sama seperti tabungan konvensional.

Oleh karena itu, para ahli finansial sangat menyarankan untuk mendampingkan tabungan rencana ini dengan rencana keuangan lainnya seperti misalnya investasi dalam bentuk reksadana atau deposito. Hal ini akan memperbesar tingkat kesuksesan. Sementara tabungan tetap bertambah karena adanya setoran, mekanisme investasi dapat menjadi sisi lain pendapatan yang menguntungkan. Pendek kata, menabung, baik dalam bentuk konvensional maupun tabungan rencana harus tetap berpegang teguh pada aspek disiplin ini agar keuangan tetap stabil sementara dana yang terkumpul untuk target keuangan yang diharapkan terus bertambah dari setiap harinya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: