Mau Belanja Bulanan Murah? Ikuti Cara Berikut Ini! - Saat berbicara mengenai belanja bulanan, maka Anda tentu akan membayangkan sejumlah pengeluaran yang besar dan wajib Anda anggarkan setiap bulannya. Jumlahnya terbilang relatif dan tergantung pada kebutuhan Anda beserta keluarga. Namun jika dilihat dengan seksama, maka sebagian besar penghasilan Anda akan menguap untuk memenuhi kebutuhan bulanan ini.
Mau Belanja Bulanan Murah
Mau Belanja Bulanan Murah

Besarnya anggaran untuk belanja bulanan, membuat Anda harus memiliki keahlian dan juga kecerdasan di dalam mengelola kebutuhan tersebut dengan cara yang baik. Jika tidak dikelola dengan baik, maka bisa saja semua penghasilan Anda habis ke sana, atau bahkan penghasilan Anda tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan bulanan tersebut. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah berhemat dan menerapkan sejumlah cara untuk bisa belanja bulanan murah dan tepat.

Ini tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah, sebab ada banyak hal yang seringkali membuat Anda “terpaksa” atau bahkan dengan sukarela mengeluarkan sejumlah uang Anda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah dari yang Anda lakukan. Menyesal? Mungkin tidak, sebab banyak dari Anda yang bahkan tidak menyadari hal tersebut telah Anda lakukan sejak lama atau bahkan setiap kali Anda belanja bulanan.

Jangan terlalu tidak perhitungan, setiap sen uang Anda begitu berharga, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengeluarkannya dengan penuh perhitungan dan juga pertimbangan. Belanjalah dengan tepat, agar Anda mendapatkan keuntungan dan manfaat maksimal atas hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melakukan belanja bulanan yang murah:

1. Cari dan Buat Catatan Perbandingan


Tidak ada salahnya jika Anda belanja bulanan di beberapa tempat, sebab dengan begitu Anda akan memiliki perbandingan mengenai harga-harga yang diterapkan oleh beberapa toko yang Anda datangi tersebut. Ketika Anda mencermati perbandingan beberapa kebutuhan bulanan Anda di beberapa toko sekaligus, maka Anda bisa membuat catatan mengenai perbandingan harga yang Anda temui di sana.

Lihat dan bandingkan di mana saja Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk semua kebutuhan bulanan Anda, dengan demikian Anda bisa menemukan penawaran terbaik dan juga melakukan penghematan di dalam uang belanja bulanan Anda. Cermati juga kapan saja toko-toko tersebut memberikan penawaran menarik pada pelanggannya, sehingga Anda bisa meluangkan waktu untuk berbelanja kebutuhan Anda di waktu yang paling tepat.

2. Lihat Katalog atau Promo Item

Sekarang ini hampir semua supermarket besar menyediakan katalog bagi para pelanggannya, ini hal yang baik bagi anda, di mana Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai barang promo di toko tersebut. Beberapa toko bahkan menyediakan katalog ini secara online, sehingga Anda dengan mudah bisa mengaksesnya dari mana saja. Jika toko yang biasa Anda datangi tidak menyediakan katalog, maka tidak Anda salahnya Anda meluangkan waktu untuk datang langsung dan melihat promo item yang mereka sediakan.

Menggunakan momen promo untuk memenuhi berbagai kebutuhan bulanan anda, maka Anda bisa berhemat cukup banyak. Jumlah ini bahkan bisa mencapai 10-30% dari harga normal, bayangkan berapa banyak uang belanja bulanan yang bisa Anda hemat, jika ternyata beberapa barang belanjaan Anda sedang dalam masa promo.

3. Ketahui Jadwal Diskon Toko


Tidak setiap waktu toko memberikan program diskon bagi pengunjungnya, karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dengan tepat kapan mereka akan melakukannya. Beberapa toko akan menerapkan sejumlah diskon pada beberapa barang di akhir pekan, dan di awal pekan mereka melakukan diskon pada berbagai barang lainnya, sehingga Anda harus mencermati pola diskon yang mereka terapkan tersebut agar Anda bisa mendapatkan sejumlah kebutuhan bulanan dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Susun Daftar Belanjaan Rutin Bulanan


Ini tentu satu hal yang tidak bisa Anda abaikan, sebab seorang yang melakukan belanja bulanan tanpa menggunakan daftar belanjaan, akan lebih sering memboroskan sejumlah uang untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan. Belanja tanpa daftar bisa membuat Anda kehilangan kontrol dan membeli berbagai barang yang seharusnya tidak perlu Anda beli. Atau, Anda bahkan bisa saja melupakan berbagai barang yang seharusnya wajib untuk Anda beli.

Ketika berbelanja tanpa membawa daftar belanjaan, maka Anda akan membuang-buang banyak waktu di tempat belanja, di mana Anda akan mencoba untuk mengingat-ingat apa saja yang Anda butuhkan di rumah. Anda akan mengitari semua rak secara berulang kali, hanya untuk melihat barang-barang apa saja yang Anda butuhkan dan mungkin belum dibeli. Gunakan daftar belanja untuk mempersingkat waktu belanja dan menyimpan banyak energi yang tidak perlu Anda buang dengan percuma.

5. Bawa Kalkulator

Bawa kalkulator Anda ketika berbelanja kebutuhan bulanan, sekarang Anda tentu cukup membawa smartphone Anda saja, sebab fitur tersebut sudah tersemat di dalamnya. Ada banyak barang yang bisa saja dijual dengan kemasan atau paket tertentu yang jauh lebih murah, namun Anda tentu perlu memastikan harga murah yang diterapkan pada barang tersebut. Artinya, Anda perlu menghitung dan mengetahui dengan jelas berapa sebenarnya keuntungan yang Anda dapatkan atas pembelian yang akan Anda lakukan.

6. Pilih yang Segar atau Kalengan


Sebagian barang tentu bisa saja dijual dalam kemasan atau bentuk yang berbeda. Misalnya buah-buahan dan berbagai kebutuhan dapur lainnya, sebagian mungkin  telah dikemas dan dipotong-potong sedemikian rupa, sehingga Anda tidak perlu repot memilih dan menimbangnya, lalu sebagian lagi masih dalam keadaan utuh dan harus ditimbang terlebih dahulu. Jika Anda cermat, maka Anda akan melihat perbedaan harga di antara kedua barang tersebut, meskipun barang dan kualitasnya persis sama, namun barang dalam kemasan akan lebih mahal dari yang belum dikemas tersebut.

Cermati hal seperti ini dengan baik, terutama jika Anda tidak begitu terburu-buru saat berbelanja, di mana Anda bisa memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk memilih dan menimbang barang-barang yang belum dikemas. Jumlah perbedaan harga ini mungkin tidak terlalu besar, namun jika Anda membeli beberapa jumlah barang dari satu jenis saja, maka perbedaan harganya bisa saja menjadi besar.

7. Gunakan Kartu Anggota

Toko dan kartu anggota, ini sudah seringkali dan begitu mudah kita temukan di berbagai supermarket, bahkan meski hanya yang berukuran kecil saja. Toko akan memberikan sejumlah penawaran menarik bagi para membernya, bahkan sebagian toko memberinya sepanjang waktu dalam bentuk diskon jumlah tertentu. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dan simpan setiap kali Anda melakukan belanja bulanan dengan kartu anggota yang Anda miliki.

Bukan hanya diskon saja, beberapa toko bahkan memberikan undian, pengumpulan poin yang bisa ditukarkan dengan barang-barang tertentu. Pastikan Anda memiliki sebuah kartu anggota di toko langganan anda, sehingga Anda bisa menikmati belanja bulanan yang jauh lebih murah lagi.

8. Lakukan stok barang/bahan makanan


Ketika Anda berbelanja ke toko langganan anda, Anda melihat beberapa barang dan juga makanan lainnya sedang didiskon dengan harga yang menarik? Atau, Anda melihat penawaran yang jauh lebih murah pada barang-barang tertentu yang Anda butuhkan, jika Anda membelinya dalam jumlah banyak?

Jangan ragu-ragu, terutama jika Anda memiliki budget yang cukup untuk hal ini, maka Anda bisa membelinya dalam jumlah yang cukup besar sekaligus. Membeli dan membuat stock bahan makanan atau barang lainnya di rumah, bisa Anda lakukan sebagai bentuk penghematan karena Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari biasanya. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, asalkan Anda tidak sampai kekurangan uang belanja bulanan untuk berbagai kebutuhan barang atau bahan makanan lainnya. Pastikan semua barang dan bahan makanan yang Anda beli tersebut memiliki masa pakai yang cukup panjang, artinya masih jauh dari masa kadaluarsa yang tertera pada barang-barang tersebut.

Cermat dan Hemat

Belanja bulanan tentu menjadi salah satu komponen terbesar di dalam pengeluaran anda, karena itu sangat penting bagi Anda untuk menyusunnya dengan sedemikian rupa. Terapkan beberapa cara yang bisa membuat Anda lebih hemat dan menemukan berbagai penawaran yang murah bagi kebutuhan belanja bulanan anda. Jangan hanya terpaku pada satu toko saja, sebab bisa saja toko lainnya akan memiliki penawaran yang jauh lebih menarik bagi anda. Cermati kebutuhan anda, berbelanjalah dengan cerdas dan hemat.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: