Mau Buka Bisnis Laundry? Ini Dia Tips Suksesnya! - Laundry adalah sebuah bisnis yang berwujud jasa pencucian pakaian dengan segala rupa hal dan layanannya. Bisnis laundry memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama masyarakat urban (perkotaan). Masyarakat perkotaan yang dikenal sangat sibuk memang akan seringkali kesulitan untuk menyempatkan waktu mencuci pakaiannya. Maka ketika mereka tidak punya waktu untuk mencuci pakaian sedangkan kebutuhan akan pakaian yang bersih selalu ia butuhkan maka mau tak mau mereka akan mencari tempat yang bisa mencucikan pakaiannya. Dari sini maka bisnis laundry (jasa cuci pakaian) akan menjadi pilihan.
Mau Buka Bisnis Laundry
Mau Buka Bisnis Laundry

Banyaknya jumlah penduduk yang ada diperkotaan dimana semua orangnya memiliki kebutuhan akan jasa pakaian membuat bisnis laundry memiliki prospek yang amat cerah. Tak ayal bila kemudian bisnis laundry ini bermunculan dan menjamur disana sini. Dari situasi ini maka persaingan bisnis yang sengit pun pun tak bisa dihindarkan. Jika bisnis ini sudah memiliki persaingan yang begitu ketat lalu bagaimana kita yang ingin memulai bisnis ini bisa suskes? Tentu saja masih terbuka peluang dan kesempatan untuk Anda bisa sukses dengan bisnis ini. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menerapkan beberapa tips dan dan trik berikut ini.

1. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Tips dan trik pertama untuk sukses menjalankan bisnis laundry adalah dengan memilih dan menetapkan lokasi usaha yang strategis. Lokasi memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menjadikan sebuah usaha berkembang. Tidak hanya bisnis laundry namun bisnis yang lain juga membutuhkan lokasi yang strategis. Jadi semakin starategis sebuah lokasi usaha laundry Anda maka semakin besar pula peluang Anda untuk suskes. Dan sebaliknya semakin tidak strategis lokasi usaha maka semakin sulit pula Anda untuk bisa sukses. Lokasi strategis ini bukan hanya berarti berada dipertigaan atau perempatan jalan, namun jauh lebih dari itu lokasi strategis ini haruslah berasosiasi dengan keberadaaan target pasar. Jika demikian adanya maka lokasi laundry Anda haruslah berada di tempat-tempat para pekerja atau kuliahan. Ditempat-tempat inilah Anda akan menemukan calon konsumen yang banyak yang bisa Anda target untuk bisa menjadi pelanggan Anda.

2. Lakukan Riset Lapangan

Selain menentukan lokasi yang strategis, sebelum benar-benar memulai bisnis laundry ini Anda juga perlu melakukan riset lapangan. Untuk apa riset lapangan? Riset lapangan dilakukan untuk memantau kondisi sekitar terkait jumlah pesaing dan juga jumlah target market yang bisa didapat. Dengan Anda melakukan hal ini maka Anda akan lebih mudah untuk memetakan langkah dan strategi bisnis dan pemasaran Anda untuk kedepannya. Namun untuk melakukan riset ini Anda harus benar-benar melakukannya dengan serius. Sebab data yang didapat akan menentukan masa depan bisnis laundry Anda.

3. Jadikan Kebersihan dan Kerapihan Poin Utama

Namanya bisnis laundry yang berbasis usaha jasa kebersihan, maka kebersihan ini akan menjadi sesuatu yang utama. Konsumen yang datang kepada Anda dan memasrahkan pakaiannya kepada Anda pastinya memiliki harapan bahwa Anda bisa menjadikannya kembali bersih dan bisa digunakan lagi. Namun jika Anda tidak mampu melakukannya dan tidak bisa memenuhi ekspektasi konsumen maka bisnis Anda akan sulit untuk suskes. Sebelum hal yang lain-lain konsumen dari bisnis laundry ini memang akan melihat tingkat kebersihan dari baju mereka. Selain bersih hal utama lain yang juga sering dipantau oleh konsumen adalah kerapihan dan keharuman. Ya, bisnis laundry yang umumnya juga menawarkan jasa sertrika tentu membutuhkan kerapihan yang baik untuk bisa membuat konsumen puas. Nah dari sinilah Anda sebagai pelaku bisnis laundry harus bisa menjadikan indikator kebersihan dan kerapihan ini sebagai poin yang utama.

4. Kerjakan dengan Ketepatan Waktu

Bisnis laundry ini memang akan selalu berkaitan dengan waktu penyelesaian. Dalam hal ini Anda harus concern pada waktu yang disepakati. Jangan sampai Anda mengerjakan sesuatu yang tidak sanggup Anda penuhi. Maka jika Anda merasa tidak sanggup memenuhi waktu yang diajukan konsumen karena pekerjaan yang sedang menumpuk lebih baik Anda menolaknya. Ini akan membuat Anda lebih lega dan leluasa dalam bekerja. Ketepatan waktu pengerjaan pada bisnis laundry ini memang sangat berarti untuk kepuasan konsumen. Dari sini Anda tidak boleh main-main dan sembarangan memberikan waktu selesai pengerjaan. Sebelum menentukan waktu penyelesaian lihatlah dulu load (jumlah pekerjaan) yang sedang ada. Jika memang pekerjaan sedang tidak terlalu banyak, maka Anda bisa memberikan waktu yang cepat untuk mereka.

5. Berikan Harga yang Terjangkau

Dengan semakin banyaknya para pelaku bisnis laundry ini maka memang mau tak mau kita akan berhadapan dengan persaingan yang ketat. Maka dari sini jika Anda ingin menjadikan usaha Anda sebagai pilihan konsumen, Anda harus membuat penawaran yang menarik untuk mereka. Dalam hal ini Anda bisa menerapkan strategi pemberlakuan harga yang sedikit berbeda dengan para pesaing. Dalam memberlakukan strategi ini Anda tak perlu terlalu banting harga, hanya dengan sedikit atau selisih lima ratus rupiah saja Anda memiliki kemungkinan untuk bisa menarik konsumen. Tentunya untuk bisa menentukan atau menetapkan harga yang terjangkau ini Anda harus terlebih dahulu harus mengetahui harga jasa laundry dibeberapa tempat lain melalui kegiatan survei dan riset.

6. Tawarkan Layanan Antar Kirim

Selain pemberlakuan harga yang lebih terjangkau, untuk bisa mensukseskan bisnis laundry ini Anda bisa juga menerapkan strategi pelayanan antar kirim pakaian. Ya, layanan ini memang akan sangat membantu konsumen yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengantarkan atau mengambil pakaiannya ditempat Anda. Dengan adanya layanan ini Anda akan lebih memanjakan dan memuaskan konsumen Anda. Jika konsumen sudah puas maka mereka tidak akan ragu lagi untuk terus menggunakan jasa Anda dan menjadi pelanggan setia Anda. Bagaimana dengan ongkos antar dan kirimnya, apakah pelu diberlakukan? Terkait hal ini Anda bisa membuat aturan atau persyaratannya, atau bahkan jika mungkin tanpa biaya pun biasa Anda lakukan dalam sebuah program promo yang berbatas waktu.

7. Berikan Promo Menarik

Siapa konsumen yang tidak suka mendapatkan promo yang menarik dari produk atau jasa yang digunakannya. Hampir setiap konsumen pastinya akan suka dan senang bila ia mendapatkan promo. Maka untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis laundry ini Anda bisa menerapkan strategi ini guna bisa bersaing dan mampu menarik banyak konsumen. Bentuk promo yang bisa dijalankan sendiri ada beberapa macam. Ada bisa memilih salah satu atau beberapa bentuk promo sesuai dengan kondisi bisnis dan budget Anda. Beberapa wujud bisnis yang bisa Anda jalankan dari bisnis laundry ini adalah pemberlakuan diskon, cuci gratis, setrika gratis, pemberian souvenir atau jasa antar kirim.

8. Jadikan Sebagai Bisnis Waralaba

Terakhir, tips untuk bisa menjadikan bisnis laundry sukses adalah dengan menjadikan brand bisnis Anda sebagai sebuah franchise atau waralaba. Ya, perluasan bisnis dengan menjual brand ini memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa bisnis dan pengusaha. Namun untuk bisa menjual brand bisnis Anda dalam bentuk waralaba atau franchise, Anda perlu menjadikan brand Anda memiliki reputasi yang baik terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab orang yang akan memutuskan bergabung dengan Anda sebagai mitra pastinya akan melihat dulu kepopuleran dan reputasi brand yang akan ia beli. Maka jika Anda nekat langsung membuka waralaba tanpa menjadikan brand Anda bernilai terlebih dahulu, maka Anda akan sangat kesulitan untuk mendapatkan mitra. Jika Anda telah berhasil membuka waralaba dengan mitra yang banyak, maka kesuksesan bisnis laundry Anda pun akan semakin dekat untuk dicapai.

Kerja Keras dan Teruslah Berjuang

Demikianlah beberapa penjelasan dan informasi mengenai bisnis laundry beserta tips sukses menjalankannya. Maka jika Anda ingin menjalankan bisnis ini alangkah baiknya Anda memahami dan menerapkan beberapa tips sukses yang ada di atas. Namun satu hal yang perlu Anda pahami bahwa sebagai pengusaha Anda haruslah berjuang dan bekerja keras dalam menjalankan bisnis laundry ini agar bisa sukses. Dan satu hal lagi yang perlu Anda ingat bahwa hasil dari usaha kita yang menentukan Tuhan. Jadi kita sebagai pengusaha hanya bisa berjuang dan kerja keras memajukan usaha dan memasrahkan hasilnya kepada Tuhan. 

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: