Peluang Usaha Menarik untuk Dijalankan Saat Bulan Ramadhan - Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, baik usaha online maupun offline. Ada juga usaha yang membutuhkan kantor dan pegawai, namun ada juga usaha rumahan yang bisa Anda lakukan di dalam rumah sendiri. Bahkan sekarang ini cukup banyak orang yang hanya bekerja di depan komputer saja dan bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dan bisa menghidupi dirinya beserta keluarga.
Peluang Usaha Menarik untuk Dijalankan Saat Bulan Ramadhan
Peluang Usaha Menarik untuk Dijalankan Saat Bulan Ramadhan

Bisnis yang paling banyak saat ini di masyarakat umum adalah bisnis rumahan atau bisnis skala kecil hingga menengah. Bisnis jenis ini sangat banyak digeluti karena biasanya modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar dan juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk memulainya. Terutama untuk para keluarga yang ingin menambah penghasilan seperti para ibu ataupun orang yang tidak memiliki pendapatan tetap.

Alasan Orang Berbisnis

Ada banyak alasan hingga akhirnya seseorang beralih ke dunia usaha. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Jumlah Lowongan Kerja Sedikit

Sekarang ini semakin sulit untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bahkan walaupun kita sudah memiliki pendidikan yang cukup tinggi. Persaingan ketat dan tidak seimbangnya lowongan dengan jumlah lulusan, membuat banyak para lulusan S1 yang kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria, spesifikasi dan juga riwayat pendidikannya. Hal tersebut mendorong banyak orang untuk membuka usaha sendiri dan menjadi lebih mandiri.

Adapula yang telah lama bekerja kemudian dipecat dan sulit untuk mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi yang membuat banyak orang mencoba untuk membuka usaha.

2. Kebutuhan Yang Semakin Tinggi

Banyak yang memiliki pekerjaan dengan beban yang tinggi serta job desc yang banyak namun masih dibayar dengan bayaran yang kurang sepadan dengan apa yang dia kerjakan. Ditambah lagi dengan kebutuhan hidup yang terus meningkat dimana harga mulai dari minyak, kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya terus meningkat dan bertambah. Hal ini membuat kita harus mencari pemasukan lain dan berfikir lebih keras untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi disaat menjelang hari libur dan lebaran biasanya adalah momen yang tetap untuk menambah penghasilan kita jika pekerjaan tetap dirasa kurang mencukupi.

3. Peluang Yang Semakin Besar

Dijaman yang semakin canggih dan modern dengan perkembangan teknologinya yang semakin maju pula, membuat arus informasi menjadi sangat cepat dan mudah untuk diberi dan diterima. Saat ini kita lebih mudah untuk mempelajari segala sesuatu dan juga memulai usaha dengan lebih mudah dan modal yang lebih sedikit, dibandingkan dengan dahulu dimana informasi lebih sulit untuk didapatkan.

4. Passion dan Cita-Cita

Tidak hanya karena terdesak akan keadaan atau pun ekonomi, banyak juga orang yang memang ingin menjadi seorang pengusaha dikarenakan oleh cita-cita atau passion yang mereka temukan. Hal tersebut bisa kita lihat dari banyak pengusaha baik itu pengusaha lokal maupun luar yang menjalankan usahanya dengan dedikasi yang tinggi dan memiliki impian tertentu di dalam pikiran mereka. 

Selain itu saat ini peluang usaha sangat besar dan Anda bisa memanfaatkan banyak sumber daya, salah satunya adalah internet.  Di mana sekarang ini banyak orang yang berhasil disana. Pemasaran produk juga semakin mudah, Anda  bisa menggunakan sosial media ataupun website untuk menjual dan mengembangkan brand Anda.

Alternatif Peluang Usaha untuk Menambah Penghasilan

Terkadang untuk memulai suatu usaha atau bisnis sendiri, dibutuhkan tidak hanya uang untuk modal namun juga ide mengenai usaha seperti apa yang akan dijalankan. Mudahnya adalah pilih usaha yang sesuai dengan kemampuan dan passion yang Anda miliki. Jenis usaha yang dijalankan juga berbeda-beda, tergantung dari minat dan kemampuan pengusaha tersebut. Beberapa dijalankan secara online, lainnya dibangun secara fisik (offline).

Berbicara tentang usaha, banyak para pengusaha yang memanfaatkan momen tertentu untuk memulai usahanya, seperti saat menjelang ramadhan. Moment ramdahan sering kali tidak hanya dimanfaatkan para pengusaha untuk memulai usaha, tetapi juga sebagian orang untuk menambah pendapatan mereka.

Untuk membantu Anda memilih usaha apa yang cocok untuk Anda menjelang ramadhan, berikut alternatif peluang usaha menjelang ramadhan :

1. Usaha Warung Makan dan Makanan


Salah satu peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan terutama disaat menjelang lebaran adalah usaha warung makanan atau minuman. Makanan dan minuman menjadi salah satu usaha yang paling diminati saat ramadhan. Makanan seperti ketupat, rendang dan juga makanan lainnya biasanya menjadi makanan wajib dan bisa Anda tawarkan untuk dijual kepada orang yang tidak sempat membuat makanan tersebut. Atau Anda  juga bisa membuka warung makan yang tidak hanya bisa Anda  buka menjelang lebaran, namun juga di hari-hari biasa.

2. Usaha Kue Kering


Usaha kue kering juga merupakan usaha yang potensial terutama jika liburan sekolah tiba atau pun menjelang lebaran. Di waktu-waktu tersebut biasanya omset yang didapat akan meningkat hingga lebih dari dua kali lipatnya. Usaha yang satu ini bisa Anda lakukan di rumah terutama bagi para ibu-ibu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Usaha Baju Muslim


Jumlah penduduk Indonesia saat ini mayoritas merupakan orang muslim yang membuat peluang usaha baju muslim menjadi sangat besar dengan pasar yang luas. Anda bisa mulai menjual kepada orang terdekat Anda seperti saudara atau tetangga untuk melihat respon mengenai model ataupun jenis yang laku. Anda juga dapat bertanya kepada pedagang lain atau mencari tahu model baju mana yang sedang tren saat ini.

4. Tempat Penitipan Hewan


Peluang usaha yang terakhir untuk meningkatkan pendapatan menjelang lebaran adalah usaha tempat penitipan dan perawatan hewan. Di masa tersebut biasanya banyak orang yang memiliki hewan peliharaan menitipkan ke tempat penitipan, sehingga mereka lebih tenang untuk meninggalkan hewan peliharaannya. Penghasilan yang didapat cukup besar dan bisa menambah penghasilan Anda.

5. Membuka Toko Online


Usaha yang sekarang ini sedang marak adalah usaha online berupa jual-beli barang dengan memanfaatkan sebuah website untuk berjualan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat website, maka ada baiknya menggunakan keterampilan tersebut untuk membangun usaha Anda sendiri. Anda bisa menjual berbagai macam barang kebutuhan ataupun makanan saat ramadhan.

Akan tetapi Anda  tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuat toko online atau website, karena Anda  bisa memanfaatkan situs jual beli yang tersedia. Tidak hanya itu Anda  juga bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook atau pun instagram untuk memasarkan produk kita.

Pintar Melihat Ceruk Bisnis, Kunci Sukses Memulai Usaha

Setelah melihat berbagai macam peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan di atas, tentunya sekarang Anda  sudah memiliki setidaknya sedikit gambaran mengenai usaha apa yang sebaiknya Anda lakukan. Jika ditekuni dengan serius usaha ini bisa menjadi sumber penghasilan utama bagi Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: