Perempuan Berkarir di Bidang IT, Kenapa Tidak? - Perempuan adalah makhluk Tuhan paling tulus di muka bumi ini. Mungkin seperti itulah ungkapan yang pas kita jatuhkan kepada para perempuan di luar sana. Perempuan kebanyakan selalu di batasi karirnya, entah itu dibatasi oleh suaminya atau oleh orang tuanya. Buat perempuan yang memiliki keahlian di bidang tertentu tapi mayoritas di kuasai oleh laki-laki pasti suka minder dan pesimis. Contohnya saja di bidang IT.
Perempuan Berkarir di Bidang IT
Perempuan Berkarir di Bidang IT

IT yang merupakan kepanjangan dari Ilmu Teknologi merupakan ilmu yang merupakan ilmu kesukaan para kaum adam. IT jadi momok menakutkan bagi perempuan, mereka takut akan kalah dalam bersaing dengan kaum adam. Walaupun Tak jarang ada saja wanita yang membuktikan bahwa dia bisa bergelut di bidang IT. Teknologi memang tidak bisa dijauhkan di kehidupan yang modern ini. Jadi sudah merupakan keharusan kita bersahabat kepada Teknologi. Tak pandang bulu, untuk para perempuan yang ingin bergelut di dunia IT. Berikut adalah tips-tips untuk perempuan penyuka IT.

1. Cari Perusahaan yang Baik


Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi yang menerima programmer perempuan. Biasanya mereka bukan hanya melihat skill, tapi juga melihat paras. Tujuannya hanya untuk memberikan kesan yang berbeda di kantor. Di mana pekerjaan programmer didominasi oleh laki-laki dan Anda hanya seorang perempuan sendiri. Jika diperlakukan dengan baik di perusahaan itu maka itu bagus.

Tapi jika tidak diperlakukan dengan baik sebagai seorang perempuan maka saran yang lebih baik segera keluar dari perusahaan itu. Selain membuat terganggu dan tidak nyaman tentu saja itu membuat jengkel sebagai perempuan. Coba carilah perusahaan yang menjunjung tinggi kesetaraan gender dan mengedepankan hasil kerja tanpa melihat siapa yang mengerjakannya. Seorang pekerja layak dilakukan sebagai seorang pekerja.

2. Tingkatkan Skill

Jika ingin disegani sebagai seorang programmer perempuan maka saran saya tingkatkan skill Anda. Jika memang mempunyai skill yang bagus sebagai seorang programmer maka jangan heran seorang programmer laki-laki yang memiliki skill di bawah akan segan terhadap Anda. Jadi Anda akan di hormati dan dianggap sebagi rekan kerja. Coba lah belajar dari orang-orang yang expert di bidang Teknologi. Belajarlah dengan siapa saja. Tentunya jika skill bagus itu akan mendukung untuk kenaikan gaji.

3. Jangan Menyerah

Berkarir di bidang Teknologi memang tidaklah mudah. Terkadang ada saja kesalahan-kesalahan yang kita buat sehingga menghasilkan sebuah blunder. Contohnya saja ketika sedang coding lalu tiba-tiba terjadi error. Pasti Anda akan merasakan suntuk, bosan, dan sangat kesal. Tenangkanlah diri, coba lah sekali lagi sambil mencari-cari di mana letak kesalahannya. Tunjukkan bahwa Anda bisa bersaing dengan programmer yang di dominasi oleh laki-laki.

4. Cari Komunitas


Jika sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaan, maka saran yang bisa dicoba cari komunitas IT dan bergabunglah dengan komunitas tersebut. Selain silaturahmi antar programmer mungkin saja bisa menemukan seorang teman programmer wanita juga. Selain membantu pekerjaan mungkin juga bisa membagikan ilmu Anda di komunitas tersebut. Bermanfaat bukan bergabung di komunitas?

5. Buat Aplikasi Berkualitas

Jika Anda ingin dipandang sebagai programmer wanita yang handal maka buatlah aplikasi yang berkualitas.  Jika Anda membuat aplikasi yang bermanfaat untuk orang-orang dan memberikan efek yang positif bagi kehidupan. Maka Anda bisa mengambil keuntungan dari project yang dibuat. Mungkin saja Anda bisa menjual aplikasi dengan harga tinggi kepada para developer. Selain itu, Anda juga akan di cari oleh perusahaan-perusahaan besar karena keberhasilan menciptakan aplikasi yang hebat.

6. Rendah Hati

Jika sudah menjadi seorang programmer wanita yang handal maka jangan pernah sombong kepada rekan kerja. Jangan menganggap Anda paling jago. Coba lah merendah dan membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Kesuksesan tidak Memandang Gender

Dunia Teknologi memang terus berkembang dengan pesat. Siapa saja bisa menggeluti dunia itu tanpa memandang gender. Jangan berpikir hanya karena profesi tersebut dilakukan oleh mayoritas kaum pria, Anda yang perempuan merasa itu bukanlah profesi untuk Anda. Perempuan juga berhak bekerja untuk profesi apapun jika memang memiliki kemampuan dan keahlian yang setara. Jika Anda berpikir bisa, maka Anda pasti bisa.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: