Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis - Sebagai seorang pengusaha, Anda diharapkan untuk terus melakukan inovasi guna membuat usaha Anda terus berkembang dan makin menuai untung. Persaingan bisnis kian ketat, agar bisnis atau usaha yang Anda jalankan kian maju, Anda harus mulai melakukan strategi tambahan seperti memperluas bisnis yang saat ini dijalankan. Misalnya, apabila usaha Anda adalah penjual pakaian secara online, ada beragam pilihan ekspansi yang bisa dilakukan mulai dari sisi produk, pemasaran, hingga permodalan.
Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis
Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis

Apapun jenis usaha Anda , kunci sukses agar bisnis atau usaha yang sedang dijalankan makin kuat bertahan dan berkembang adalah dapat memberikan hal yang baru pada dunia bisnis yang sebidang. Atau mencoba untuk memberikan tantangan dengan membuka bisnis baru yang benar-benar berbeda.

Namun, apabila Anda mencoba melakukan ekspansi baik, bisnis yang sudah ada atau bisnis baru, Anda harus paham hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Diperlukan pertimbangan dan rencanakan yang matang. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan melakukan ekspansi untuk bisnis Anda.

1. Tanyakan Apa Alasan Anda ingin Ekspansi?


Hal utama ialah tanyakan ke diri Anda, apa hal yang mendorong Anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang ditekuni sekarang? Apakah karena telah banyaknya bisnis sejenis yang berkembang sehingga mengancam keberadaan bisnis? Atau Anda ingin membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan produk yang Anda jual? Atau ingin melakukan inovasi?

Sebagai gambaran, jika usaha Anda adalah jualan baju via online, maka ekspansi yang bisa ditambahkan untuk jenis produk baru seperti aksesoris dan ragam model terkini. Alasan dan tujuan adalah hal utama yang harus di cari tahu ketika Anda akan memutuskan untuk mengembangkan bisnis atau tidak. Sesuaikan alasan beserta tujuan sebelum mengembangkan bisnis dengan kebutuhan pasar agar usaha makin lancar dan untung.

Tips : Buatlah daftar alasan-alasan kenapa Anda ingin ekspansi bisnis? Terus belajar dan mencari inspirasi dari pebisnis sukses di bidang yang dijalani, dan belajarlah dari mereka, temukan alasan kuat yang akan menjadi motivasi untuk bisnis Anda. 

2. Kemana akan Dilakukan Ekspansi Bisnis Tersebut?


Ekspansi dapat berarti hal yang berbeda sehingga mencari tahu bagaimana tepatnya ingin memperluas bisnis Anda merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Apakah Anda ingin membuka cabang baru? Apakah Anda mempertimbangkan membuka sebuah toko online? Apakah Anda ingin go international atau mencoba ide terkait tapi yang benar-benar berbeda?Pelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan pesaing Anda dan melihat bagaimana Anda dapat mengatur bisnis Anda secara terpisah.

Carilah lokasi dengan profil yang sama dengan cabang pertama Anda dan melihat apakah ada toko yang menjual produk yang sama. Jika ada, maka lakukan inovasi yang dapat membedakan antara produk Anda dan pesaing, baik produknya sendiri atau cara penjualannya. Jika tidak ada, maka itu merupakan tambang emas yang belum dimanfaatkan.

Tips : Lakukan survei untuk strategi ekspansi bisnis yang akan Anda lakukan. Misalnya, perluasan cabang usaha, Anda dapat melakukan survei lokasi di tempat yang baru. Atau bisa pula ekspansi dalam metode pemasaran produk/jasa yang Anda jual. Misalnya, apabila Anda akan merambah ke media online, Anda bisa melakukan survei untuk toko online terbaik yang banyak dicari orang. 

3. Berapa Modal yang Akan Dibutuhkan untuk Ekspansi?


Ketika Anda akan melakukan ekspansi maka modal biaya juga harus Anda siapkan. Biaya mencakup  uang jaminan, biaya konstruksi, peralatan, tidak terduga dan sebagainya. Ketika bisnis berhasil berkembang maka pengeluaran untuk biaya sistem dan operasi juga meningkat.

Terdapat beberapa pilihan sumber uang untuk modal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan ekspansi terhadap bisnis Anda, berikut adalah beberapa pilihan produk keuangan yang dapat Anda manfaatkan sebagai sumber modal uang untuk ekspansi bisnis Anda:

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kredit ini cocok dijadikan sebagai sumber modal karena praktis dan tidak membutuhkan jaminan, dapat digunakan untuk tujuan kredit apapun jadi cocok untuk dijadikan sebagai sumber modal Anda untuk melakukan ekspansi, selain itu KTA dikenal karena pengajuan yang super cepat dan mudah dan pencairan dana yang cepat. Tapi KTA memiliki limit yang tidak banyak, Anda hanya diberikan pinjaman sesuai dengan limit dari produk KTA bank.

KMG (kredit Mullti Guna)

Salah satu asalan mengapa orang memakai Kredit Multiguna adalah karena mereka bisa mendapatkan uang banyak untuk berbagai keperluan tanpa harus menjual aset berharganya. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis dan membutuhkan dana yang cukup besar kredit multi guna dapat dijadikan pilihan karena limit pinjaman juga tinggi bahkan bisa mencapai milyaran rupiah dan waktu yang diberikan untuk melunasi (tenor) juga cukup lama minimal 5 tahun. Akan tetapi hal utama yang harus diperhatikan ialah Anda harus memiliki aset sebagai jaminan, sebaiknya.

Kartu Kredit

Siapa bilang kartu kredit hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk konsumsi pribadi saja? Jika Anda pengusaha maka bisa juga memanfaatkan sebagai salah satu sumber modal untuk melakukan ekspansi bisnis atau usaha Anda.Tapi hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih kartu kredit sebagai sumber modal ekspansi bisnis Anda. Kartu kredit harus memiliki limit kredit yang besar, persentasi tarik tunai yang mencukupi dan carilah fitur kartu kredit yang dapat dimanfaatkan seperti Cashback, cicilan 0% dan point rewards.

Tips : Pilih dan manfaatkan sumber modal yang sesuai dengan jenis usaha dan kemampuan keuangan Anda. Contohnya, apabila usaha yang Anda tekuni saat ini termasuk usaha UMKM, dan Anda tidak memiliki jaminan aset yang besar, KTA bisa menjadi solusi permodalan Anda. 

4. Apakah Anda dapat Mengatur Waktu? 


Sebelum akan melakukan ekspansi terhadap bisnis atau usaha Anda, perlu diperhatikan, nantinya, waktu Anda juga akan terbagi saat akan mengembangkan bisnis. Jadi pertanyaannya, apakah Anda adalah seorang yang dapat mengatur dan membagi waktu dengan baik? Apakah Anda mampu menangani seluruh proses ekspansi dan mengurusi bisnis Anda yang sudah ada juga secara baik?

Untuk hal ini, membuat daftar prioritas merupakan hal yang dapat Anda lakukan, agar Anda bisa membagi waktu Anda dengan baik dan mencari tahu mana yang harus Anda lakukan sendiri dan mana yang dapat Anda mempercayakan kepada orang lain baik untuk mengurus ekspansi atau bisnis yang sudah ada.

Tips : Buatlah rencana yang baik untuk membagi waktu dengan cara membuat daftar prioritas kegiatan Anda setiap hari. Buat jadwal yang matang dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Diperlukan disiplin waktu yang baik antara bisnis dan kegiatan pribadi, jangan sampai Anda tidak memiliki waktu untuk keluarga gara-gara Anda melakukan ekspansi bisnis.

Rencanakan Sebelum Memutuskan

Keuntungan yang Anda dapatkan ketika melakukan ekspansi bisnis akan sangat menggiurkan, sebab pendapatan dan untung bisnis Anda bisa berlipat ganda. Namun, pahami pula risikonya. Jadi agar Anda sukses dalam melakukan ekspansi usaha, Anda harus memiliki rencana yang matang, dan melakukannya dengan penuh percaya diri bahwa Anda akan sukses.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: