Phone Banking: Pengertian dan Cara Kerjanya - Dewasa ini, banyak kemudahan yang telah diberikan oleh bank untuk para nasabahnya agar dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus repot. Phone banking merupakan salah satu kemudahan yang ditawarkan, namun banyak diantara kita para nasabah bank yang belum mengetahui lebih detil tentang apa sebetulnya phone banking itu.
Phone Banking
Phone Banking

Untuk nasabah bank yang melek teknologi, banyak diantara mereka yang lebih suka menggunakan layanan internet banking, karena modal untuk melakukan transaksi perbankan dan menggunakan layanan ini telah mereka miliki yaitu smartphone dan koneksi internet. Fitur yang ditawarkan dalam internet banking dirasakan lebih familiar dibandingkan melalui phone banking.

Namun demikian, dengan smartphone, sebenarnya para nasabah dapat menggunakan banyak layanan elektronik yang disediakan bukan hanya internet banking saja, tetapi bisa juga menggunakan fasilitas layanan phone banking. Phone banking ini justru lebih mempermudah dengan hanya telepon dan transaksipun sudah bisa dilakukan dengan panduan mesin penerima telepon atau melalui petugas bank yang melayani phone banking ini.

Layanan ini tidak perlu menggunakan gadget sekelas smartphone, hanya menggunakan handphone yang tergolong jadul ataupun menggunakan pesawat telepon di rumah saja, kita sudah dapat menikmati layanan phone banking. Bagaimana sih cara kerja phone banking ini? Penjelasan di bawah ini semoga membantu Anda mengenal produk layanan perbankan yang satu ini:

Mekanisme Kerja Phone Banking


Nomor call centre phone banking bank biasanya banyak terdapat di iklan, brosur, tertera di mesin ATM dan sebagainya. untuk memudahkan nasabah dalam menggunakan fitur layanan yang ditawarkan oleh bank. Phone banking makin menambah alternatif layanan bank untuk memudahkan kita melakukan transaksi perbankan seperti contohnya cek saldo tabungan ataupun mengecek tagihan kartu kredit.

Dengan menggunakan layanan phone banking, kita tidak perlu repot untuk datang ke bank dan melakukan transaksi, kita hanya perlu menelepon dan dapat melakukan transaksi perbankan selama 24 jam. Cara kerja layanan perbankan phone banking ini sangatlah mudah dan simpel. Hal yang harus dilakukan oleh nasabah untuk menggunakan layanan ini adalah dengan cara mendaftar ke bank terkait atau melalui atm bank tersebut.

Setelah mendaftar di bank, kita akan diberikan sebuah pin. Fungsi dari pin ini adalah untuk otoritas atau perizinan dalam melakukan transaksi melalui telepon. Setelah mendapatkan pin, kita hanya perlu untuk menelpon nomor bank yang akan dituju, untuk kemudian baik pihak bank ataupun mesin penjawab yang akan menerima telepon kita dan akan melayani serta memandu kita.

Di bawah ini contoh beberapa bank dan nomor phone banking yang disediakan untuk nasabah mereka:


  • BCA: 1500888

  • CIMB NIAGA: 14041

  • Mandiri: 14000

  • Danamon: 1500090

  • BNI: 500046

  • BRI: 14017


Dalam menunjang layanan phone banking ini, pihak bank menyediakan layanan dalam jangka waktu 24 jam.

Sebagai contoh, apabila kita perlu untuk transaksi perbankan pada pukul 12 malam, kita tidak perlu repot ke atm ataupun menunggu esok hari untuk datang ke bank, kita hanya perlu menggunakan layanan phone banking dan dapat melakukan transaksi dengan mudah. Hebatnya lagi layanan phone banking ini dapat digunakan bukan hanya untuk nasabah bank, tetapi non-nasabah juga dapat menggunakan layanan ini.

Untuk non-nasabah mereka tidak dapat melakukan transaksi perbankan dengan phone banking ini karena memang mereka tidak punya rekening tabungan di bank tersebut, namun mereka dapat menggunakan layanan ini untuk mengetahui informasi terkait produk dan layanan bank tersebut misalnya saja mencari tahu nilai tukar mata uang, suku bunga bank, ataupun produk-produk perbankan yang ditawarkan.

Ada banyak fitur dalam layanan phone banking ini, mulai dari mesin penjawab yang akan memandu anda terkait produk dan layanan sampai dengan fitur berbicara dengan customer service yang bertugas. Mesin penjawab ini memiliki teknologi yang keren yaitu interactive voice response (IVR). Di mana, mesin ini mampu untuk mendeteksi suara kita dan juga tekanan pada tombol telepon kemudian merespon kita dalam bentuk suara.

Nikmati Fitur dan Berbagai Keuntungan Phone Banking

Saat awal mula layanan phone banking ini dibuka, nasabah biasanya melakukan akses melalui telepon rumah, namun seiring dengan makin populernya telepon genggam, maka tersedia pula nomor akses khusus via ponsel bertarif panggilan flat dari manapun nasabah berada. Tujuan awal produk ini lebih banyak bersifat informasi yaitu untuk informasi jasa atau produk bank dan informasi saldo rekening yang dilayani oleh Customer Service Operator (CSO).

Seiring makin ketatnya persaingan produk antar bank, profilnya kemudian berkembang menjadi semakin variatif meliputi transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (tagihan kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (voucher dan tiket pesawat), dan transfer ke bank lain. Demi kenyamanan nasabah, phone banking ini dilayani oleh Interactive Voice Response (IVR).

Sebagai alternatif e-banking, fasilitas phone banking ini boleh dibilang lebih praktis ketimbang ATM untuk transaksi non tunai, karena cukup menggunakan handphone di manapun kita berada, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain. Selain itu masih banyak fitur dan keuntungan lain yang akan didapatkan nasabah seperti uraian berikut ini:

1. Informasi Saldo dan Mutasi

Melalui phone banking, nasabah  dapat melakukan pengecekan saldo rekening serta pengecekan mutasi untuk 5 mutasi debet dan 5 mutasi kredit terakhir dari rekening mereka.

2. Informasi Kurs

Hampir semua layanan phone banking juga menyediakan informasi kurs indikasi untuk beberapa mata uang asing.

3. Informasi Produk Bank yang Bersangkutan

Phone banking memudahkan nasabah untuk mengetahui produk bank tanpa perlu datang ke kantor cabang. Melalui telepon, nasabah bisa dengan mudah mengetahui keuntungan-keuntungan dengan menabung di Bank yang bersangkutan. Nasabah bisa menemukan produk bank yang sesuai dengan kebutuhannya. Informasi produk dan layanan bank juga bisa didapatkan oleh mereka yang bukan nasabah bank tersebut.

4. Mengubah PIN

Demi keamanan, nasabah dapat mengganti PIN Phone Banking kapanpun mereka bisa lakukan.

5. Pemblokiran ATM

Saat terjadi musibah, misal nasabah kehilangan Kartu ATM  segera hubungi Layanan Phone Banking 24 Jam setiap hari. Nasabah dapat melakukan pemblokiran ATM kapan saja dan dimana saja.

6. Pemindahbukuan

Nasabah dapat melakukan transaksi transfer antar rekening bank yang sudah didaftarkan.

7. Informasi Tarif dan Limit

Beberapa informasi tarif dan limit bisa juga didapatkan melalui layanan phone banking misalnya jenis Transaksi, Biaya Cek Saldo, Maksimum Pembayaran per hari dan sebagainya.

4 Cara Mudah Mendaftar Phone Banking

Nasabah dapat melakukan regristasi atau pendaftaran melalui customer service (CS) melalui 4 langkah mudah berikut ini:


  • Nasabah bisa langsung datang ke CS untuk mengisi formulir pendaftaran Phone Banking.
  • Isi dan lengkapi formulir pendaftaran Nasabah akan dihubungi dan dikonfirmasikan oleh CS Bank, maksimal 14 hari kerja.
  • Nasabah akan mendapatkan PIN Mailer yang akan dikirim ke alamat nasabah (berupa kertas carbonized sama seperti PIN ATM).
  • Proses terakhir, setelah Nasabah mendapatkan PIN Mailer Phone Banking, Nasabah dapat melakukan perubahan PIN melalui Layanan Phone Banking setelah fasilitas tersebut aktif dan selanjutnya Nasabah dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Layanan Phone Banking tersebut.
  • Keunggulan Produk dan Layanan Phone Banking

 Manfaat Phone Banking

Phone banking sangat praktis, di mana nasabah tak perlu datang ke bank atau ATM, mereka sudah bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan transaksi finansial termudah, yang bisa dilakukan bahkan dari rumah sendiri. Nasabah bisa menikmati kebebasan bertransaksi melalui telepon tanpa harus pergi ke bank atau antri di ATM.

Seiring gaya hidup masyarakat yang semakin butuh akses to the point, layanan phone banking tak perlu mendengar sampai instruksi selesai. Nasabah sering merasa betapa tidak nyamannya bila harus mendengar semua instruksi sampai selesai.

Saat ini layanan phone banking bisa langsung menuju layanan yang dikehendaki dan tak perlu menunggu sampai semua instruksi selesai. Jika membutuhkan, nasabah bisa melakukan penambahan nomor akses phone banking melalui ponsel. Dibalik kemudahan itu semua nasabah perlu waspada juga terhadap resiko yang menyertai produk ini seperti uraian di bawah ini.

Resiko yang Perlu Diwaspadai Dalam Menggunakan Layanan Phone Banking

Walaupun sudah dilengkapi dengan pin, layanan phone banking ini belum tentu aman. Setidaknya ada dua hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga keamanan dalam menggunakan phone banking. Tipsnya adalah kita tidak boleh memberitahukan kerahasiaan pin kita kepada siapapun dan kita jangan menyimpan atau mencatat nomer pin pada handphone kita.

Kedua hal di atas memiliki resiko jika diabaikan, misalnya saja dengan mencatat nomor pin di handphone, maka saat handphone kita hilang atau dipinjam orang, maka nomor pin kita bisa diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, juga ada ancaman dari para hacker yang sering mencoba membobol akun phone banking siapapun. Karena itu, penting untuk merubah pin dalam jangka waktu tertentu.

Manfaatkan dengan Baik

Jadi, sudah tahu kan seluk beluk dari layanan phone banking? Layanan phone banking seperti uraian di atas sebenarnya bisa menjadi alternatif layanan perbankan yang praktis, mudah, dan menarik jika Anda bisa memahaminya dan memanfaatkannya dengan baik. Jadi, tertarik menggunakannya?
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: