Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Kue dengan Modal Kecil - Punya bakat berbisnis pasti akan membantu Anda untuk menciptakan dan memanfaatkan peluang agar bisa meraih kesuksesan. Naluri bisnis yang tajam akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis yang Anda tekuni. Sebab Anda tahu keputusan-keputusan yang harus diambil demi kemajuan bisnis. Tentu tidak semua orang memiliki hal tersebut di dalam dirinya. Karena itu, kesempatan yang baik untuk meraih pasar dan untung bisa Anda dapatkan. Kalau pun Anda bukanlah yang beruntung dalam memiliki bakat bisnis, bukan berarti Anda tidak boleh berbisnis.
Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Kue dengan Modal Kecil
Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Kue dengan Modal Kecil

Ada banyak lini bisnis yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Bahkan, di antaranya bisa dijadikan awalan oleh pemula. Saat ini berbagi informasi makin dimudahkan dan ini menjadi nilai lebih yang akan menguntungkan calon pebisnis. Dengan begitu, Anda tentu akan berpeluang dalam mengenal, merencanakan, dan memulai bisnis yang Anda jalankan. Namun, sejumlah hal tetap harus dipertimbangkan. Terlebih Anda baru pertama kali terjun ke dunia bisnis.

Salah satu bisnis yang bisa jadi awalan dengan prospek yang menjanjikan adalah bisnis kue. Peluang untuk mendapatkan pasar dalam bisnis kue terbilang cerah dan besar. Bahkan, seorang pemula sekalipun bisa mencetak untung dari bisnis ini. Jika Anda berminat untuk menjalankannya, tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa strategi di bawah ini.

1. Rencanakan dengan Matang


Apa pun jenis bisnisnya selalu membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk dalam berbisnis kue. Selalu pastikan bahwa Anda memang benar-benar merencanakan bisnis tersebut dengan matang. Tentunya berbagai hal dan langkah yang diambil memang benar-benar telah diperhitungkan dengan baik dan tepat. Hal ini akan membantu dalam mengatasi berbagai masalah yang merintangi jalannya bisnis Anda. Bahkan, di luar dugaan, perencanaan yang matang sanggup mengantisipasi beberapa masalah yang mungkin tidak diperhitungkan sejak awal.

Penting bagi Anda untuk memiliki perencanaan mendetail dan sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu, berbagai kendala dan risiko bisa diatasi dengan baik. Jangan menyusun rencana yang tidak masuk akal. Anda akan repot dalam menjalankannya dan mustahil untuk meraih sukses dalam bisnis yang Anda tekuni. Susun rencana Anda serealistis mungkin agar mudah dalam mengoptimalkan bisnis kue Anda.

2. Bidik Pasar yang Tepat

Temukan dan bidik pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Anda harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik. Artinya, Anda harus jeli dan pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memaksakan diri untuk menembus pasar yang peluangnya kecil. Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan untuk selalu berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim. Jadi, pastikan Anda menemukan pasar yang seperti itu.

3. Persiapkan Modal dan Konsep yang Jelas


Konsep dan modal menjadi poin penting yang akan membantu. Meskipun tidak selalu menjadi poin utama, kedua poin tersebut diperlukan keberadaannya dalam bisnis apa pun. Konsep yang baik dan tepat akan melancarkan Anda untuk bisa mendapatkan untung dari pasar yang Anda bidik.

Tak mengherankan jika sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu untuk membuat konsep bisnis dengan matang. Tak jauh beda dengan konsep, sejumlah modal yang Anda miliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tak ada jaminan modal besar akan melahirkan untung yang besar. Justru modal kecil yang memberi untung besarlah yang membuat orang mendapat predikat pebisnis sukses, tak terkecuali pebisnis kue.

4. Lakukan Kegiatan Produksi

Usai melaksanakan ketiga strategi di atas, saatnya melakukan kegiatan produksi. Selalu lakukan kegiatan ini dengan terencana agar semua berjalan dengan lancar. Jika kegiatan produksi sampai tersendat, bisa dipastikan bisnis kue Anda akan mengalami gangguan. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami kendala yang cukup berat akibat gangguan tersebut. Karena itu, jangan ragu untuk mengerahkan keahlian dan kemampuan sampai tingkatan yang maksimal.

5. Pasarkan dengan Cerdas


Langkah pemasaran yang cerdas harus dimiliki seorang pebisnis, termasuk Anda yang baru memulai bisnis. Hal ini mungkin akan terasa berbeda. Terlebih jika Anda baru dalam merintis usaha kue. Berbagai kegiatan pemasaran bisa diterapkan, tergantung jenis pasar yang menjadi tujuan Anda dalam pemasaran kue.

Jangan melakukan pemasaran yang biasa-biasa saja meskipun hal tersebut banyak dilakukan pebisnis lain. Mungkin saja jenis pemasaran tertentu tidak mendapat tanggapan positif dari pasar yang Anda sasar. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa langkah pemasaran yang umum dan sering dilakukan para pebisnis dalam meraih angka penjualan, antara lain:

Melakukan penawaran secara langsung kepada konsumen. Dimulai dari para tetangga di dekat tempat tinggal, rekan kerja di kantor, keluarga, dan teman-teman dekat lainnya.
Melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parsel, atau agen pemasaran kue.

6. Pilih Nama dan Promosikan dengan Tepat

Pemilihan nama yang tepat akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis kue Anda. Mengingat ketatnya angka persaingan di luar sana. Jangan memilih dan menggunakan nama yang terlalu pasaran. Hal ini justru akan membuat produk sulit dikenal dan terlihat cenderung sama dengan produk sejenis lainnya. Hindari memilih nama yang aneh dan sulit untuk diucapkan. Sebab ini justru membuat orang tidak akrab dengan produk kue yang Anda tawarkan. Temukan dan gunakan nama yang unik, mudah diingat, dan ditanggapi banyak orang.

Berbagai upaya promosi juga perlu dilakukan untuk menambah angka penjualan, terutama saat baru merintis produk ke pasaran. Lakukan beberapa kegiatan sekaligus, seperti membagikan brosur berisi produk, melakukan promosi lewat internet, atau membuat iklan di berbagai media yang mudah ditemukan para konsumen.

7. Selalu Berinovasi


Inovasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bisnis tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, bukan berarti Anda berhenti untuk berinovasi. Semapan-mapannya bisnis pada akhirnya akan ambruk karena nihilnya inovasi. Selalu lahirkan inovasi produk yang membuat pasar tetap bergairah dan setia dengan kue buatan Anda. Ingat, dunia bisnis penuh persaingan dan yang berbisnis kue bukan hanya Anda seorang.

Lakukan Setiap Strategi dengan Benar

Memulai bisnis kue menjadi salah satu bidang yang patut untuk dipertimbangkan. Mengingat segmen pasar ini tidak pernah sepi pengunjung. Berbagai tindakan dan persiapan harus dilakukan demi berjalannya bisnis tersebut. Setiap langkah sangat menentukan kesuksesan Anda. Pastikan Anda melakukan setiap strategi dengan benar sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: