Tentang Emas dan Manfaatnya dari Berbagai Sektor - Siapa yang tidak kenal emas? Logam mulia yang biasa digunakan sebagai perhiasan ini dikenal karena keindahan dan nilai jualnya yang tinggi. Selain menjadi dambaan kaum hawa untuk memperindah tampilan mereka, emas juga bisa dijadikan investasi.

Khusus untuk investasi, umumnya, emas yang menjadi pilihan investasi ialah bentuk koin dan batangan. Alasannya, investasi emas minim resiko ketimbang investasi lainnya. Dari sisi beban pajak dari investasi emas lebih menguntungkan dan ringan karena pajak pada penjualan emas hanya dikenakan sekali saat transaksi yaitu pajak pertambahan nilai (PPh) sebesar 0.45% dari harga jual. Berbeda dengan investasi tanah yang dikenai pajak rutin seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain itu, dari sisi harga, harga emas cenderung relatif stabil. Namun  harga emas juga berfluktuasi naik turun tergantung berbagai faktor umum seperti nilai tukar mata uang dolar, tingginya permintaan, inflasi dan perubahan harga minyak dunia. Harga emas nilainya berubah-ubah setiap waktu. Saat ini harga emas batangan Antam 5 gram ada di kisaran harga Rp 2,8 juta.

Tapi tahukah Anda, selain untuk investasi, emas juga memiliki manfaat dari sisi lainnya di sektor ekonomi, sosial, agama dan lain sebagianya. Berikut ulasannya.

1. Sektor Ekonomi


Bidang ekonomi merupakan bidang sentral bagi emas. Bagaimana tidak? Emas merupakan salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Manfaat emas dalam bidang ini dapat dilihat dari kegunaan emas sebagai pengganti uang untuk bertransaksi. Faktanya sudah dari berabad-abad yang lalu emas digunakan sebagai alat tukar dalam bertransaksi.

Selain itu, emas juga digunakan sebagai cadangan devisa suatu negara karena nilai jualnya yang tinggi. Hal ini juga dikarenakan emas bersifat convertible, yakni semua negara dapat menerimanya sebagai alat pembayaran internasional yang sah. Bentuk emas yang dapat diterima sebagai alat pembayaran adalah emas batangan.

Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Bentuk non-fisik emas dapat dibeli dalam bentuk saham di bursa perdagangan.

2. Sektor Bidang Sosial

Emas identik dengan lambang kekayaan. Tidak heran kalau banyak orang yang dengan bangga memamerkan emas mereka sebagai perhiasan. Semakin banyak emas yang mereka miliki maka semakin tinggi status sosial mereka dalam masyarakat. Contohnya dalam masyarakat, di kala arisan, ibu-ibu berlomba-lomba menggunakan perhiasan yang mereka miliki guna kepentingan status sosial di kalangan mereka. Orang yang memakai perhiasan paling banyak dianggap lebih berada di antara yang lain.

Hal ini juga berlaku bagi pemilik emas yang tidak memerkan emas milik mereka. Mereka yang menyimpan emas sebagai investasi dalam bentuk batangan ataupun koin pun akan dianggap sebagai orang yang berada dan tanpa sadar mempunyai kedudukan lebih tinggi dalam kehidupan sosial di masyarakat.

3. Sektor Bidang Agama

Emas dianggap suci oleh sebagian agama. Hal ini membuat emas menjadi barang yang melambangkan keagungan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya benda-benda keagamaan yang dibuat dari emas.

Di Vihara Wat Pho, Bangkok terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas yang dinamai Reclining Buddha. Selain itu di Arakat Gallery, Amerika Serikat, banyak tersimpan arca-arca peninggalan Hindu Buddha yang terbuat dari emas.

Tidak hanya agama Hindu dan Budha saja yang mempunyai benda-benda keagamaan yang terbuat dari emas, Islam dan Kristen juga menggunakan emas untuk menghiasi tempat peribadatan mereka. Hal ini bisa dilihat dari bangunan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei yang berkubah emas dan Gereja la Compañía di Roma yang arsitekturnya berlapiskan emas.

4. Sektor Bidang Industri

Sifatnya yang lunak dan mudah ditempa serta penampilannya yang glamor dan berkilau membuat industri banyak melirik emas untuk dijadikan sebagai perhiasan. Perhiasan yang dibuat pun bermacam-macam mulai dari bentuk kalung, gelang dan cincin. Bentuk-bentuk lain juga dibuat sebagai perhiasan sesuai dengan permintaan pesanan.

Selain untuk perhiasan, industri juga sudah banyak mengaplikasikan emas ke dalam bentuk lain seperti pajangan, souvenir serta gadget yang dilapisi oleh emas. Hal ini tentu saja menambah nilai benda tersebut. Dalam industri tekstil, kain sutera juga menggunakan emas untuk bahan pembuatannya. Penggunaan emas dalam barang-barang industri tentunya membuat harga jual dari barang-barang tersebut naik dan dapat menaikan keuntungan penjualan.

5. Sektor Bidang Kesehatan


Siapa sangka ternyata emas juga mempunyai manfaat di bidang kesehatan. Selain sebagai perhiasan untuk memperindah diri, emas juga dapat digunakan untuk merias diri. Dalam dunia kedokteran modern banyak pakar kecantikan yang membuat kosmetik dengan bahan dasar emas, seperti, krim emas, masker emas, lulur emas dan masih banyak lagi.

Emas dipercaya memiliki khasiat untuk memproduksi kolagen yang akan membuat kulit menjadi lebih kencang, bersinar dan mengurangi kerutan.

Tidak hanya itu, emas juga digunakan sebagai bahan untuk membuat gigi depan palsu. Tak heran kalau Anda pernah menjumpai orang yang gigi depannya terbuat dari emas. Sifat emas yang tidak bereaksi terhadap oksidasi menjadikannya tidak akan berkarat dan aman untuk pengganti gigi.

6. Sektor Bidang Elektronik

Sifat lain emas juga dimanfaatkan manusia dalam bidang elektronik. Emas merupakan penghantar emas yang paling baik, hal ini sangat dibutuhkan untuk pembuatan komponen elektronik. Namun karena harganya yang mahal, maka substitusi dari emas bisa digantikan dengan tembaga atau logam lain yang mempunyai sifat yang sama. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi dari barang-barang elektronik yang dibuat.

Barang-barang elektronik yang menggunakan emas dalam komponennya adalah televisi, monitor, radio, prosesor komputer, USB connector dan sebagainya. Bahkan, pada kartu SIM juga terdapat kandungan emas di dalamnya, namun kandungan emas pada barang-barang tersebut tidaklah banyak hanya sekitar seperseribu gram.

Disamping itu, sifat lain emas yang yang tahan korosif juga membuat emas digunakan sebagai lapisan dari berbagai alat elektronik seperti radio, televisi, computer dan sebagainya. Lapisan emas juga dijumpai pada handphone sebagai alat pelindung, Penggunaan emas sebagai lapisan ini menambah kesan mewah dan glamor pada suatu barang.

7. Sektor Bidang Olahraga


Siapa bilang emas tidak mempunyai manfaat di bidang olahraga. Tanpa kita sadari emas juga mempunyai manfaat dalam bidang olahraga. Lagi-lagi emas direpresentasikan sebagai sesuatu yang bernilai paling tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan emas sebagai penghargaan paling bergengsi setelah perak dan perunggu. Pemenang juara 1 dari perlombaan olahraga lah yang mendapatkan penghargaan berupa emas dan membuat dia secara simbolik lebih unggul dari yang lainnya. Penghargaan dalam bentuk emas dapat dilihat dalam bentuk medali dan trofi.

Emas Kaya Manfaat

Ternyata ada banyak manfaat emas selain untuk investasi yang perlu kita ketahui. Tentunya, investasi emas menjadi alternatif yang bagus bagi Anda di masa depan, khususnya emas logam mulia. Pintar memilih instrumen investasi akan membuat Anda makin kaya, emas sangat cocok bagi Anda dan minim risiko investasi. Selain itu mengetahui manfaat emas dari berbagai sektor juga akan menambah wawasan Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: