Tidak Harus Mahal: Berapa Modal untuk Investasi Berlian? - Terkadang, orang berpikir hanya akan melakukan investasi apabila ada dana lebih yang tak terpakai. Atau, juga karena beranggapan investasi itu membutuhkan dana yang besar.
Tidak Harus Mahal: Berapa Modal untuk Investasi Berlian
Tidak Harus Mahal: Berapa Modal untuk Investasi Berlian

Dalam pengaturan keuangan, melakukan investasi merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan. Ini semata-mata supaya menjadi mandiri finansial. Karena investasi merupakan jaminan untuk masa depan, yang harus disiapkan dari sekarang.

Investasi memberikan sejumlah potensi keuntungan yang cukup menjanjikan. Namun jumlah keuntungan ini tentunya akan sangat tergantung pada jenis investasi yang dipilih, termasuk risiko yang juga terkandung di dalamnya.

Di antara sejumlah instrumen investasi, yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah investasi batu berlian. Investasi berlian akhir-akhir cukup diminati banyak kalangan. Investasi batu berlian ini pun semakin menunjukkan kemilaunya.

Jika Anda tertarik untuk investasi di batu berlian ini, berapa sebenarnya modal yang diperlukan? Sebelumnya, sebaiknya pahami lebih dulu keuntungan apa yang bisa diperoleh dari investasi berlian ini.

Keuntungan Investasi Batu Berlian


Sebelum melakukan investasi, pastikan Anda memahami dengan baik jenis investasi yang akan Anda pilih nanti, termasuk melihat keuntungan yang bisa didapat dari investasi tersebut. Sama halnya dengan jenis investasi lain, batu berlian juga bisa memberikan Anda sejumlah keuntungan  sekaligus.

Apa saja keuntungan yang didapatkan ketika Anda berinvestasi batu berlian?

Manfaat ganda

Siapa yang tak suka dengan berlian? Kilaunya yang indah dan menawan tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang. Saat Anda berinvestasi pada batu alam yang satu ini, bukan hanya nilai investasinya saja, namun juga bisa menikmati kemewahannya sebagai perhiasan.

Jumlahnya terbatas dan nilai yang terus meningkat

Batu berlian merupakan batu alam yang jumlahnya sangat terbatas dan tentunya cukup sulit ditemukan. Hal sebaliknya justru terjad di pasar, di mana jumlah peminat dan permintaan semakin lama semakin meningkat. Ini menjadi keuntungan tersendiri, sebab nilai batu tersebut akan semakin tinggi seiring dengan berlalunya waktu.

Mampu melawan inflasi

Berbeda dengan investasi, biaya perawatan tentu menjadi hal yang sangat penting untuk memertimbangkan. Sebab ini akan mempengaruhi nilai investasi itu sendiri. Namun tentu tidak menjadi sebuah masalah saat berinvestasi batu berlian, karena tidak membutuhkan perawatan khusus serta biaya yang besar. Terlebih lagi, tidak banyak dipengaruhi oleh faktor inflasi.

Pasar luas dan sistem yang mudah

Berlian memiliki pasar yang sangat luas, mengingat batu alam ini diperdagangkan di semua wilayah. Bukan hanya itu saja, kepemilikan batu berlian juga terbilang sederhana dan pribadi. Bahkan tidak membutuhkan dokumen atau data diri apapun dalam transaksi jual belinya.

Berapa Harga dan Modal untuk Investasi Berlian?


Saat akan melakukan investasi, penting bagi Anda untuk mengenal dan memahami berbagai risiko yang terdapat di dalam investasi itu sendiri. Hal ini untuk menghindari dari berbagai potensi risiko kerugian di masa yang akan datang.

Di dalam investasi batu berlian yang menjanjikan banyak keuntungan, Anda bisa juga bertemu dengan berlian palsu yang cukup banyak beredar di pasaran. Pastikan Anda selalu berhati-hati dan hanya membeli berlian pada toko yang terpercaya saja.

Harga berlian sangat beragam, tergantung pada kualitas dan juga berbagai hal lainnya. Beberapa poin berikut adalah faktor yang akan ikut mempengaruhi harga batu berlian:

Berat Berlian

Harga berlian akan sangat dipengaruhi oleh berat berlian itu sendiri. Semakin berat berlian, maka semakin mahal pula harganya di pasaran.

Kualitas berlian

Bukan hanya beratnya saja, harga berlian juga akan sangat dipengaruhi oleh kualitas berlian itu sendiri. Selain bentuk dan potongannya, kualitas kejernihan berlian juga akan sangat berpengaruh pada harganya.

Berlian yang tidak cacat dan tidak tercampur dengan mineral lainnya, merupakan berlian jernih yang memiliki kualitas dan harga yang tinggi.

Kualitas sertifikasi

Sebagai batu alam yang memiliki nilai yang sangat tinggi, berlian juga memiliki sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga yang berwenang untuk hal tersebut, seperti Gemological Institute of America (GIA) dan juga American Gem Society (AGS).

Di antara sejumlah lembaga di bidang ini, GIA menjadi yang paling terpercaya dan memiliki reputasi terbaik.

Bentuk berlian

Bentuk berlian juga akan mempengaruhi harga berlian tersebut. Semakin populer dan diminati sebuah berlian, maka akan semakin tinggi pula harganya di pasaran.

Bagi Anda yang akan melakukan investasi batu berlian, pastikan Anda memahami dengan baik pasar batu alam yang satu ini. Meski tidak sulit dijual, namun akan sangat baik jika kelak Anda tidak menjualnya secara terburu-buru, sebab ini bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian di dalam keuangan Anda.

Dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi berlian akan sangat dipengaruhi oleh kualitas dan juga ukuran batu berlian yang akan dibeli. Akan sangat baik jika Anda memiliki dana khusus untuk investasi ini dan telah memiliki sejumlah dana cadangan lainnya di dalam keuangan, sehingga tidak perlu menjualnya secara terburu-buru.

Harga berlian pun variatif, mulai dari tergolong cukup murah hingga mahal tergantung dengan ukuran dan bentuknya.

Harga batu berlian murah di kisaran Rp10 juta per carat/CT (ukuran satuan berat yang digunakan untuk berlian), atau harga batu berlian termurah hanya sekitar di bawah Rp5 juta saja, Anda sudah bisa memulai investasi batu berlian ini. Cukup terjangkau, bukan?

Di mana beli batu berlian?


Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli batu berlian di toko resmi ataupun di e-commerce bahkan bisa dicicil.

Membeli berlian di saat harganya rendah adalah pilihan terbaik dan melepasnya di saat harga sedang tinggi. Ini akan memberikan Anda potensi keuntungan yang cukup besar ketika dijual pada saat harga berlian tinggi.

Beli dengan Hati-Hati pada Tempat yang Tepat

Meski menjanjikan potensi keuntungan yang besar, batu berlian tetap rentan dengan pemalsuan. Pastikan Anda berhati-hati ketika membelinya, yakni dengan cara mencermati detil serta sertifikasi batu berlian tersebut.

Membeli berlian di toko yang tepat dan terpercaya adalah pilihan yang sangat baik, sebab hal ini bisa menjamin keaslian berlian. Jangan lupa untuk membeli dan menjualnya di waktu yang paling tepat, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal atas investasi berlian ini.


Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: