Tips Bekerja dari Intern Menjadi Pegawai Tetap - Status karyawan tetap pada suatu perusahaan merupakan dambaan seluruh pekerja magang atau intern. Asuransi kesehatan dan pengobatan, jatah cuti bertambah, kenaikan gaji dan jaminan-jaminan lainnya adalah beberapa fasilitas berbeda yang didapatkan apabila menjadi karyawan tetap suatu perusahaan. Oleh karena itu, masa percobaan tersebut menjadi masa penting karena Anda harus menunjukkan kualitas terbaik agar diterima menjadi pegawai tetap.
Tips Bekerja dari Intern Menjadi Pegawai Tetap
Tips Bekerja dari Intern Menjadi Pegawai Tetap 

Tidak sedikit perjalanan karir seseorang terhenti karena masa percobaan yang gagal. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang gagal melewati masa intern, contohnya seperti persaingan yang tidak sehat di antara intern lainnya, kurangnya kompetensi pribadi, kualitas pekerjaan yang rendah. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti untuk memastikan kenaikan pangkat tersebut.

1. Menjadi Pribadi yang Berkualitas


Suatu perusahaan akan menerima pegawai yang mempunyai kualitas diri yang baik. Salah satu kualitas diri yang baik adalah disiplin diri dengan datang ke tempat kerja tepat waktu. Pegawai yang disiplin dan menghargai waktu diri sendiri dan orang lain merupakan pegawai yang akan diterima suatu perusahaan. Kualitas lainnya adalah karakter diri; tunjukkan bahwa Anda percaya diri dan ramah.

Sapalah rekan atau teman baru Anda dan terapkan sikap yang bersahabat. Pegawai yang memiliki hubungan baik dengan kolega dan atasan mempunyai poin tambah dan akan lebih diminati oleh perusahaan karena kemampuan adaptasi dan komunikasi mereka yang tinggi.

Kualitas diri yang baik dapat membantu Anda lebih menonjol dan lebih mudah diingat dibandingkan pegawai magang yang lainnya. Di mata perusahaan, Anda pun dapat menjadi contoh yang baik tidak hanya untuk intern tetapi pegawai tetap hingga atasan.

2. Mengenal Perusahaan Tempat Bekerja

Jika Anda adalah atasan suatu perusahaan besar, tentu Anda tidak ingin mempekerjakan seseorang yang tidak mengerti apa yang dikerjakan. Untuk memastikan posisi pegawai tetap, yang paling dasar adalah mengetahui visi dan misi perusahaan, kompetitor perusahaan dan rekam jejak suatu perusahaan. Politik perusahaan juga penting sebagai informasi yang membantu untuk mengetahui hal apa yang tidak patut dilakukan pada suatu perusahaan.

Selain manajemen perusahaan, Anda pun perlu mengerti mengenai budaya perusahaan, seperti kebiasaan, cara berpakaian (dress code yang biasa dikenakan) dan tutur kata di antara para pegawai. Budaya perusahaan ini membantu agar tidak terkucil dan lebih mudah membaur dengan kolega Anda. Mengetahui lebih awal dapat membuat Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan sepele yang dapat membuat Anda di-blacklist.

3. Jadilah Seorang yang Profesional


Untuk menjadi pegawai tetap, Anda perlu menghindari diri dari masalah-masalah pribadi di antara kolega. Beradaptasi dan berpikiran terbuka dapat menjadi tiket emas kenaikan pangkat. Menghindari diri dari masalah dengan fokus dalam menunjukkan performa adalah cara yang paling aman yang dapat dilakukan.

Perhatikan perkataan dan momen Anda berbicara dan hindari pernyataan fitnah atau berbohong. Apakah saat tersebut merupakan saat yang tepat untuk mengungkapkan opini Anda? Berhati-hati dalam berbicara mengingat posisi masih tergolong baru; diam adalah emas. Tanpa berbicara banyak, Anda dapat belajar dan terhindar dari menyinggung perasaan orang lain.

4. Manfaatkan Semua Kesempatan

Masa magang merupakan masa dimana Anda dapat belajar segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum menjadi pegawai tetap. Jangan ragu untuk bertanya! Berikan pertanyaan mendasar mengenai hal yang kurang Anda mengerti; seperti situasi tempat kerja, nama-nama kolega atau atasan hingga mengoperasikan suatu mesin. Bertanya dapat menunjukkan ketertarikan Anda terhadap perusahaan dan meningkatkan interaksi dengan rekan kerja.

Cara lain untuk memaksimalkan waktu magang Anda adalah dengan menyanggupi seluruh tugas yang diberikan. Tunjukkan bahwa Anda berkompeten di segala bidang dan antusias untuk mengerjakannya. Tetapi, berhati-hatilah untuk tidak menerima tugas yang kurang dapat menunjukkan kualitas diri Anda. Kuantitas pekerjaan akan dinilai bagus apabila kualitas pekerjaan tersebut juga bagus.

Pengalaman adalah Guru Terbaik

Hal terpenting adalah tetap belajar dan jangan menyerah; kesalahan yang Anda lakukan mungkin adalah pelajaran yang tak ternilai. Dengan menerapkan etos kerja yang disiplin dan tekun, Anda akan dengan mudah mencapai posisi apapun di dalam suatu perusahaan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: