Tips Hemat Menyelenggarakan Acara Khitanan - Khitanan atau yang lazim disebut sunatan adalah salah satu tradisi yang selalu dijalankan sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai tuntutan agama, khitanan pada akhirnya berubah menjadi tradisi. Biasanya tradisi ini dijalankan dalam bentuk acara yang unik dan menarik. Meskipun zaman telah modern, acara khitanan ini masih diselenggarakan hingga saat ini.
Tips Hemat Menyelenggarakan Acara Khitanan
Tips Hemat Menyelenggarakan Acara Khitanan

Menyelenggarakan acara khitanan membutuhkan biaya yang terbilang cukup besar. Mengingat acara ini akan dilaksanakan dengan serangkaian prosesi khusus menurut adat istiadat tiap-tiap wilayah. Karena itu, butuh perencanaan yang tepat agar acara khitanan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan.

Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk acara khitanan terkadang menjadi kendala. Bisa saja saat ingin mengadakan acara khitanan, kondisi keuangan ternyata tidak memungkinkan. Untuk soal ini, tak perlu khawatir. Acara khitanan tetap bisa terlaksana dengan memanfaatkan beberapa tips hemat berikut ini.

1. Buat yang Sesuai dengan Kondisi Keuangan


Dalam acara khitanan, besar kemungkinan Anda akan dihadapkan pada banyaknya hal yang terdapat dalam acara. Namun, ada beberapa hal yang sifatnya tidak wajib. Pada dasarnya, hal-hal tersebut berdampak pada pengeluaran Anda. Mau tak mau Anda pun mempersiapkan dana yang cukup besar. Terlebih kalau Anda melibatkan kelompok penari atau penyanyi.

Bila dana yang Anda miliki kurang atau Anda memang tidak berniat untuk mengeluarkan dana yang besar, tidak ada salahnya untuk melakukan acara khitanan dengan konsep dan cara Anda sendiri. Mana saja yang tidak wajib dilakukan bisa Anda tiadakan.

Syukur-syukur kalau setelah diseleksi pengeluaran untuk acara sesuai dengan dana yang Anda persiapkan. Kalau pun nantinya tidak, Anda masih tetap bisa menggelar acara kok. Bagaimana caranya? Kekurangan dana Anda bisa disiasati dengan memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Ada banyak pilihan KTA yang bisa Anda temukan di Cermati.com. Mulai dari yang bunganya 0,98% hingga yang tenor pinjamannya sampai 72 bulan. Dan pastinya kucuran dana akan diberikan tanpa jaminan apa pun.

2. Anggarkan Biaya dengan Tepat


Susun anggaran dengan tepat sehingga Anda menjadi lebih mudah dalam mempersiapkan dana. Anda bisa mencicil dana ini sejak jauh-jauh hari. Karena itu, mulailah menabung agar Anda dapat mencukupi kebutuhan biaya khitanan saat acara tersebut tiba nanti.

Pisahkan dana khitanan ini ke rekening khusus sehingga Anda tidak mencampur aduknya dengan berbagai dana lainnya. Menabunglah dalam jumlah tetap secara disiplin. Dana yang ingin Anda persiapkan nantinya akan terkumpul sesuai dengan rencana.

3. Gelar Secara Sederhana


Acara khitanan tidak harus selalu digelar secara besar-besaran. Menggelar acara khitanan dengan sederhana akan menghemat banyak sekali uang Anda. Sekalipun sederhana, acara khitanan masih tetap bisa berlangsung dengan meriah. Menggelar acara khitanan di rumah dapat membantu Anda dalam melakukan penghematan. Dengan demikian, tujuan Anda untuk mengadakan acara khitanan berbiaya hemat pada akhirnya bisa terwujud.

4. Batasi Jumlah Tamu


Selain menggelar acara dengan sederhana, Anda juga bisa melakukan penghematan dengan cara membatasi jumlah tamu undangan. Cara ini secara langsung akan mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan. Mulai dari biaya sewa tenda, sewa bangku, hingga biaya katering.

Berbeda halnya bila Anda mengundang tamu undangan dalam jumlah besar. Anda mau tak mau mesti menggelar acara di gedung. Belum lagi Anda harus memperhitungkan biaya katering. Semakin banyak tamu, semakin banyak makanan yang harus Anda sediakan.

5. Gunakan Paket


Saat ini ada banyak jasa yang menyediakan layanan khitanan dalam bentuk paket lengkap. Dari dekorasi hingga kateringnya dimasukkan ke dalam paket. Jika menggunakan paket yang ditawarkan tersebut, Anda akan bebas dari berbagai urusan yang rumit dalam mengatur acara khitanan.

Barangkali terlintas di pikiran Anda paket khitanan tersebut mahal harganya. Ternyata paket seperti ini bisa lebih hemat. Bila Anda berniat menggunakan paket, pilihlah yang paling tepat sehingga acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Lakukan Sesuai dengan Kemampuan

Memang acara khitanan jika dihitung-hitung membutuhkan dana yang cukup besar. Namun, ternyata tidak selalu demikian. Perencanaan yang baik dapat membantu Anda untuk menggelar acara dengan baik dan juga hemat. Pastikan perencanaan acara khitanan diperhitungkan dengan baik sehingga Anda dapat menggelarnya sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: