Tips Lengkap Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah - Memiliki mobil baru memang menjadi dambaan bagi setiap orang apalagi yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki mobil, kita bisa bisa membawa keluarga saat liburan ataupun mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman.
Tips Lengkap Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah
Tips Lengkap Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah

Selain itu, manfaat pasti yang didapatkan efisiensi  dari segi biaya dan waktu. Belum lagi kalau memiliki anak yang masih kecil. Dengan memiliki kendaraan pribadi, anak-anak bisa dihindarkan dari ancaman-ancaman yang kerap kali mengancam.

Membeli mobil baru memang membutuhkan dana yang besar nilainya. Namun, beberapa tips di bawah ini bisa membantu untuk meringankan biaya tersebut. Dengan begitu, mobil baru bisa diperoleh dengan harga yang sesuai dengan kemampuan.

Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan mobil baru dengan harga murah yang bisa dipertimbangkan.

1. Fokus pada Tujuan dan Bukan Gengsi


Saat ingin membeli mobil, pertimbangkan masak-masak. Apa tujuan membeli mobil? Apakah untuk kenyamanan atau memang kebutuhan mutlak keluarga? Atau untuk transportasi ke kantor atau keperluan usaha?

Bila ditujukan untuk keperluan keluarga, mungkin yang paling cocok adalah jenis minibus. Sementara untuk keperluan usaha, bisa mobil jenis box atau pick up. Satu jenis mobil mengikuti aturan yang tidak sama dengan aturan jenis mobil lainnya. Jika memilih jenis pick up atau double cabin, perlu dipertimbangkan adanya pajak tambahan semisal biaya kir.

Pada tahap ini, sebisa mungkin Anda harus menekan rasa gengsi atau sekadar ikut-ikutan tren. Intinya, kembali seperti yang dijelaskan di atas,  pilih jenis mobil sesuai tujuan dan paling bisa memenuhi kebutuhan.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya


Bagi yang pertama kalinya membeli mobil, mencari informasi jenis-jenis mobil itu sangat penting. Selain memahami berbagai tipe, Anda juga bisa tahu mana mobil yang memiliki kualitas. Bagaimana perawatannya dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Pada era sekarang ini, mencari informasi tentang mobil bukanlah perkara sulit. Anda bisa mencari dengan berselancar di internet. Mengunjungi website produsen-produsen mobil. Membaca berita-berita otomotif. Atau membaca informasi di forum-forum otomotif.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana harga purna jual setelah penggunaan mobil tersebut di pasaran. Jangan sampai Anda memilih jenis mobil yang sulit dijual kembali.

Bila ingin mendapatkan informasi dari spesifikasi mobil sampai harga jual serta bisa membanding-bandingkannya untuk menemukan harga terbaik, di Cermati.com Anda bisa memperoleh semuanya jadi satu. Cukup mengklik menu Pinjaman (Kredit Mobil) di cermati.com, daftar mobil mulai dari harga termurah sampai termahal dari segala jenis dan merek akan tersaji di hadapan Anda.

3. Siapkan Dana Minimal 25% dari Harga Mobil


Persentase tersebut hanya berlaku jika Anda ingin membeli mobil secara kredit. Mengapa harus 25%? Sebab Bank Indonesia (BI) memberlakukan aturan Down Payment (DP) yang dibutuhkan untuk membeli mobil sebesar 25%. Ada baiknya bila Anda punya dana lebih, berikan saja DP di atas 25%. Sebab makin besar DP yang diberikan, makin kecil kredit yang dibayarkan tiap bulannya.

4. Cari Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil


Waktu yang tepat untuk mengunjungi dealer adalah ketika dealer tersebut memberikan penawaran khusus atau promo. Biasanya dealer akan memberikan diskon besar-besaran pada akhir bulan karena terkait dengan target penjualan yang ingin dicapai.

Diselenggarakannya pameran juga menjadi waktu yang tepat untuk membeli mobil. Biasanya dealer akan membuka gerai promosi di sana. Jika Anda menemukan promosi yang bagus, simpanlah brosur yang didapat dari delaer sebagai informasi untuk membuat perbandingan. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada customer service mengenai hal-hal yang ingin Anda tahu.

Sebagai informasi, saat ada promo, dealer sering memberikan diskon berupa potongan DP yang lumayan besar. Jadi, Anda bisa menghemat uang untuk pembayaran DP.

5. Tidak Terburu-Buru dan Tampil Percaya Diri Saat ke Dealer


Untuk menemukan mobil yang benar-benar sesuai kebutuhan, Anda tidak boleh tergesa-gesa. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari sistem keamanan, kenyamanan, garansi, sampai pelayanan purna jual. Bila Anda mendatangi dealer, bersikaplah sewajarnya dan katakan bahwa Anda siap untuk membeli kalau harga yang diberikan cocok.

6. Jangan Sungkan Melakukan Negosiasi


Satu hal yang penting, tapi jarang dilakukan orang adalah penawaran harga ketika mereka sudah menemukan dealer yang dirasa pas. Tidak ada salahnya Anda melakukan negosiasi harga. Siapa tahu dealer tersebut mau menurunkan harga jual mobil tersebut. Jika dealer menolak, carilah dealer lain yang memberi harga yang sesuai dengan jangkauan Anda.

7. Dapatkan yang Harganya Murah, tetapi Tidak Murahan


Banyak mobil baru dengan harga murah, tetapi kualitasnya belum tentu bagus. Paling mudah untuk menentukan bahwa mobil tersebut tidak murahan dengan memilih merek-merek mobil yang sudah terkenal. Dari beragam mobil yang ada, Anda bisa menentukan jenis atau model mana yang terkenal reputasinya di pasaran.

8. Pilih Dealer dengan Penawaran Terbaik


Setelah menentukan dealer mana yang akan Anda pilih, tetapi kemudian merasakan pelayanannya ternyata kurang bagus, Anda tidak perlu ragu untuk membatalkan pembelian dan mencari dealer lain. Cari dan kunjungi dealer-dealer yang ada sampai Anda menemukan dealer dengan penawaran yang terbaik.

Pentingnya Melakukan Test Drive


Dari semua tips di atas, sebenarnya Anda masih perlu melakukan satu hal lagi, yaitu test drive. Sangat penting untuk melakukan test drive agar Anda benar-benar mendapat jenis mobil yang tepat. Biasanya dealer akan memberikan waktu selama 30 menit untuk melakukan test drive. Dalam melakukan uji kendaraan, Anda dapat memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Mencoba berbagai macam teknologi dan fitur bawaan mobil tersebut, seperti fasilitas internet, audio, air conditioner, power window, dan lain sebagainya.
Perhatikan ukuran kabin dan kapasitas bagasi. Mungkin ini terlihat sepele, tapi mungkin nantinya Anda akan menyadari bahwa bagasi memiliki peran yang sangat penting.
Memperhatikan hal-hal teknis, seperti jenis transmisi, akselerasi mesin, handbrake, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih jenis transmisi yang paling nyaman. Secara umum, mobil di pasaran memiliki jenis transmisi manual atau automatik. Cari tahu kelebihan dan kekurangan mengenai kedua jenis transmisi tersebut.
Kenyamanan kursi sopir. Bagaimana cara mengaturnya dan apakah seat belt cukup nyaman untuk dipakai. Bagaimana bentuk dashboard? Apakah sesuai dengan postur tubuh ketika mengemudi? Mungkin saja desain kursi dan dashboard akan memengaruhi tingkat visibilitas dalam mengemudi.
Hidupkan mesin dan jalankan mobil di jalan umum. Rasakan akselerasinya, pergantian transmisinya, dan kualitas kemudi. Coba juga untuk memarkir mobil dalam berbagai macam posisi. Nanti Anda akan merasakan kelemahan atau kekurangan mobil tersebut. Penting juga untuk dirasakan adalah kualitas suspensinya. Rasakan bagaimana mobil tersebut ketika dipacu untuk menyalip kendaraan lain.
Setelah melakukan test drive dan Anda menemukan mobil yang menurut yang paling tepat, tanyakan apakah mobil tersebut sedang ready stock atau indent. Bila mobil yang tersedia sedang ready stock, Anda bisa mendapatkannya saat itu juga. Berbeda dengan indent, Anda masih harus menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan mobil tersebut. Namun, keuntungannya, Anda bisa melakukan custom atau penambahan fasilitas sesuai dengan keinginan.

Pertimbangkan Masak-Masak Sebelum Melakukan Pembelian

Sebagai aset dengan nilai yang mahal, Anda harus memperhitungkan semuanya yang terkait langsung dengan pembelian mobil. Mulai dari dana yang perlu dipersiapkan, cicilan per bulannya, keuntungan pembelian tunai, sampai fasilitas serta keuntungan lain yang didapat nanti. Karena itu, pertimbangkan masak-masak semuanya sebelum akhirnya melakukan pembelian.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: