Tips Memilih Kos-Kosan Terbaik - Melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi merupakan tujuan yang tepat ketika tamat dari SMA. Untuk yang sebentar lagi berstatus mahasiswa tentu saja bingung ingin kuliah di daerah asal atau di luar kota. Jika memilih kuliah di luar kota, itu tandanya kamu akan menjadi anak kos dalam waktu dekat. Namun, apakah sudah mempersiapkannya dengan matang?
Tips Memilih Kos-Kosan Terbaik
Tips Memilih Kos-Kosan Terbaik

Menjadi anak kos itu ada enaknya dan tidak enaknya. Enaknya jika punya keluarga di kota tersebut. Tidak enaknya tentu saja ketika harus belajar mandiri. Kamu juga harus bisa jaga diri sendiri, jaga kesehatan, dan mengatur keuangan dengan baik. Pasalnya, orang tua tidak lagi ada di dekatmu.

Bagi yang sebentar lagi akan menjadi anak kos, ada beberapa tips dalam memilih kos-kosan yang perlu diketahui. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Fasilitas yang Ditawarkan


Saat ingin mencari kos-kosan, kamu perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang bakal didapatkan selama disana. Kos-kosan yang satu tentu saja berbeda dengan kos-kosan yang lainnya. Setiap kos-kosan menawarkan fasilitas yang berbeda. Maka, kamu harus tahu fasilitas seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Bagi yang ingin selalu terhubung dengan internet, carilah kos-kosan yang memiliki fasilitas Wi-Fi. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, carilah kos yang memiliki lahan untuk tempat menyimpan kendaraanmu. Pastikan juga semua fasilitas yang ditawarkan mendukung semua kegiatanmu sehari-hari.

Semakin bagus fasilitas yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya. Jika ingin mendapatkan fasilitas yang memadai dan lengkap, kamu harus siap merogoh kocek yang lebih dalam.

2. Harga yang Sesuai


Di era seperti sekarang, banyak orang yang membuka bisnis kos-kosan. Masing-masing kos tentu saja menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda. Semakin lengkap fasilitasnya, biasanya harga yang dipatok juga semakin mahal. Ketika memilih kos-kosan, perhatikan terlebih dulu fasilitas, akses, dan lokasi dari kos-kosan itu sendiri. Apakah strategis atau tidak. Jika lokasi, fasilitas, dan aksesnya bagus, maka wajar jika harganya mahal.

Saat memilih kos-kosan, jangan terlalu mematok harga yang murah, namun fasilitasnya sama sekali tidak sesuai denganmu. Apalagi jika fasilitas untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari tidak memadai, seperti: Wi-Fi. Maka dari itu, ketahui dulu kebutuhan untuk memperkirakan biaya kos yang akan dibayarkan setiap bulannya. Jangan lupa untuk membandingkan antara harga kosan yang satu dengan yang lainnya untuk hasil terbaik.

3. Dekat dengan Area Kampus


Punya kos yang dekat dengan kampus tentu saja akan menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu dapat lebih menghemat biaya. Misalnya, kamu dapat berjalan kaki ketika pergi ke kampus. Selain itu, kamu juga dapat pulang balik ketika ada barang yang ketinggalan. Kalau sudah seperti ini, tentu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi lagi, bukan? Biaya transportasi dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti beli alat tulis.

Biasanya kos-kosan yang dekat dengan area kampus lebih mahal daripada kos-kosan yang letaknya jauh dari kampus. Jika memang ingin tinggal di dekat lingkungan kampus, maka harus siap membayar harga yang lebih mahal ya.

4. Keadaan di Sekitar Ramah dan Minim Kejahatan


Mengetahui keadaan lingkungan di daerah sekita kos-kosan menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Jika ingin lingkungan yang baik, kamu harus meluangkan waktumu untuk mencari kos-kosan mana yang terbaik untukmu. Hal ini tak hanya menyita waktu, namun juga tenaga. Untuk menghemat waktu, lakukan pencarian dengan cepat. Jika menunda-nunda waktu, bisa saja kos-kosan yang menjadi incaranmu sudah penuh diisi oleh orang lain.

Cari Kamar Kost Terbaik hanya dari Smartphone

Tentu akan sangat merepotkan dong, jika mencari kost saja kamu harus meluangkan waktu seharian. Mondar-mandir sana-sini, pintu ke pintu, hanya untuk bertanya-tanya soal harga dan fasilitas kost. Sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang menawarkan kemudahan mencari kostan terbaik hanya dengan bermodal smartphone dan kuota internet. Ini dia beberapa aplikasi internet yang paling banyak digunakan untuk mencari kost-kostan

1. MamiKost

Aplikasi ini akan memberikan kamu seluruh informasi mengenai kamar kost yang sedang 'available' atau kosong di seluruh Indonesia. Lengkap dengan informasi harga kost, fasilitas, dan nomor pemilik kost jika kamu mau menghubungi langsung. Selain itu informasi juga dilengkapi dengan foto, jadi kamu bisa memperkirakan sendiri apakah kamar kost yang cocok hanya dari aplikasi ini.

2. KosKost

Aplikasi ini sama seperti MamiKost, bedanya aplikasi ini hanya menawarkan informasi mengenai kost-kost yang ada di wilayah Jabodetabek. Aplikasi ini cocok untuk para mahasiswa yang sedang mencari kamar kost. Karena di aplikasi ini akan ada informasi mengenai kamar kost favorit mahasiswa lengkap dengan reviewnya.

3. Kost Hunt

Lebih spesifik lagi, aplikasi ini hanya menampilkan informasi mengenai kost-kostan di sekitar daerah Jatinangor, Jawa Barat. Jadi yang lagi merantau ke daerah Jatinangor bisa menggunakan aplikasi ini. Kelebihan lainnya, aplikasi ini juga menawarkan informasi lengkap untuk kebutuhan anak kost. Seperti jasa sol sepatu, jasa tukang pijit, jasa tukan galon air mineral, jasa pembersih alias beres-beres kostan dan jasa angkut barang.

4. Urbanindo

Tidak cuman kost-kosta. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai apartemen, kontrakan dan rumah yang akan dijual di seluruh Indonesia. Jadi kamu yang tidak hanya butuh informasi tentang kostan tapi juga properti, aplikasi ini adalah jawaban yang tepat.

5. INFO KOST

Selain informasi tentang kost-kostan, di aplikasi ini juga banyak informasi mengenai properti, terutama di sekitar daerah Bali, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, dan Palembang. Tidak hanya itu, kecanggihan aplikasi ini dari aplikasi lainnya adalah, kamu bisa mengobrol (chat) dengan pemilik kostan atau properti langsung melalui aplikasi ini.

Takut Bertanya Sesat di Jalan

Karena masih belum tahu keadaan lingkungan sekitar, jangan ragu untuk menanyakannya kepada tetangga. Cari tahu apakah lingkungan tersebut aman dari maling atau tidak. Untuk daerah yang banyak diisi oleh mahasiswa, biasanya maling sangat mudah ditemukan. Karena mahasiswa menjadi sasaran empuk untuk aksi jahat para maling tersebut.

Pilihlah daerah yang memiliki keamanan 24 jam. Sehingga rasa khawatirmu sedikit berkurang karena ada sekuriti yang akan mengamankan daerah tempat tinggalmu.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: