Tips Menjaga Keuangan Supaya Terus Stabil untuk Jangka Panjang - Menjaga keuangan agar selalu stabil menjadi hal yang sangat penting. Sebab kondisi keuangan memengaruhi kualitas kehidupan secara keseluruhan. Jika kondisi keuangan memburuk, pemenuhan sejumlah kebutuhan akan terganggu.
Tips Menjaga Keuangan Supaya Terus Stabil untuk Jangka Panjang
Tips Menjaga Keuangan Supaya Terus Stabil untuk Jangka Panjang

Kemungkinan imbasnya akan berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. Karena itu, penting bagi Anda untuk menghindarinya sejak awal. Jangan sampai kondisi keuangan yang tidak stabil ini justru membawa Anda ke dalam krisis keuangan berkepanjangan.

Upayakan untuk selalu menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil dan berjalan lancar dengan beberapa cara berikut ini.

1. Dengan Anggaran, Pengelolaan Keuangan Jadi Lebih Baik


Stabil atau tidaknya kondisi keuangan Anda dipengaruhi pengaturan dan pengelolaan semua pos yang terdapat dalam keuangan. Untuk itu, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menyusun anggaran keuangan.

Dalam anggaran tersebut, semua pos berada pada posisi yang seimbang dan masuk akal. Anggaran ini akan membantu Anda mengalokasikan penghasilan dan mengelolanya untuk berbagai kebutuhan, misalnya membeli kebutuhan pokok atau bayar cicilan atau investasi.

Lalu, bagaimana menyusun anggaran keuangan yang tepat guna? Formula 50/20/30 atau 50/20/30 budget menjadi cara yang efektif dalam menyusun rencana atau anggaran keuangan. Dari pemasukan yang dimiliki, alokasikan:

50% pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari semisal sewa rumah atau ongkos transportasi.
20% untuk tujuan finansial semisal tabungan, investasi, atau pembayaran kredit.
30% untuk pemenuhan kebutuhan pribadi semisal makan di luar atau menonton di bioskop.

2. Punya Tujuan Keuangan yang Ingin Diwujudkan


Tujuan keuangan membantu Anda dalam mengatur sejumlah langkah dalam pengelolaan keuangan. Dengan adanya tujuan keuangan, Anda lebih termotivasi untuk bisa mencapai hal-hal tertentu semisal tabungan pendidikan anak.

Dalam keuangan, memang mengharuskan Anda untuk memiliki tujuan yang membawa dampak baik bagi kehidupan pada masa yang akan datang. Hal ini secara otomatis tentu akan membawa Anda pada kondisi keuangan yang stabil dalam jangka waktu yang lama.

3. Mulailah Menabung Secara Teratur


Selain pemasukan diperuntukan untuk pemenuhan kebutuhan, Anda juga perlu mengamankan masa depan dengan menabung dan menyimpan 20% dari penghasilan sebagai dana simpanan.

Menabung secara teratur akan membuat Anda terbiasa akan tanggung jawab setiap bulannya. Dampaknya baik bagi keuangan untuk jangka panjang. Sebab Anda akan memiliki sejumlah simpanan tetap setiap bulannya yang jumlahnya semakin lama semakin besar juga.

4. Sisihkan Dana untuk Investasi


Selain menabung, investasi adalah langkah tepat lainnya yang wajib Anda lakukan untuk mengamankan keuangan Anda di masa yang akan datang. Lakukan investasi secara teratur setiap bulannya dengan mengambil 20% dari penghasilan. Namun, apabila sebelumnya telah memiliki tabungan, ambilah 10% dari penghasilan untuk dialokasikan sebagai investasi.

Ada banyak pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pertimbangkan. Anda bisa memilih salah satu instrumen yang paling tepat dan sesuai bagi keuangan Anda agar keuangan bisa berjalan dengan baik dan bahkan lebih baik lagi ke depannya nanti.

5. Kelola Uang Belanja dengan Cerdas

Dalam anggaran keuangan, jelas bahwa sekitar 50% dari penghasilan Anda sisihkan untuk pemenuhan kebutuhan harian. Akan terasa lebih baik bila Anda mengelola uang belanja dengan cerdas.

Bagaimana caranya mengelola uang belanja secara cerdas? Beberapa langkah di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mengelola uang belanja dengan cerdas.

Mengerti dengan baik, apa saja sebenarnya yang menjadi kebutuhan pokok dan wajib bagi Anda.
Menggunakan fasilitas diskon, voucher, penawaran khusus, atau program lainnya yang bisa menghemat uang ketika belanja.
Melakukan kegiatan belanja secara terencana dengan menyusun daftarnya terlebih dahulu.

6. Alihkan Pengeluaran yang Bersifat Tidak Efektif


Mulailah berhemat dan memangkas pengeluaran yang tidak begitu penting. Jika Anda serius melakukannya, dampaknya bisa saja sangat besar dan Anda dapat mengalihkannya ke dalam pos tabungan atau investasi. Penghematan ini bisa dilakukan mulai dari hal-hal kecil, seperti membatasi hangout di kafe atau mal atau mengurangi makan di food court.

Selalu Evaluasi Keuangan secara Berkala

Agar keuangan tetap stabil, Anda harus menerapkan sejumlah kebijakan dalam keuangan. Ini tidak akan sulit, terutama jika Anda memang memiliki niat yang besar untuk melakukannya. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi keuangan secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa melihat perkembangan dan pencapaian dalam keuangan Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: