Tips Sukses Magang untuk Mahasiswa Semester Akhir - Menjalani magang pada semester akhir kuliah menjadi kesempatan yang baik untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja yang sebenarnya. Magang pada akhir kuliah kerap menjadi kewajiban dan salah satu syarat kelulusan. Magang akan memberikan banyak sekali pengalaman berharga. Kamu bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya.
Tips Sukses Magang untuk Mahasiswa Semester Akhir
Tips Sukses Magang untuk Mahasiswa Semester Akhir

Selama magang kamu akan berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu dan keahlian yang telah dipelajari selama masa kuliah. Kamu juga mendapatkan kesempatan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Agar masa magang kamu menyenangkan dan memberi hasil maksimal, berikut ini adalah beberapa tips magang untuk mahasiswa tingkat akhir yang boleh dicoba.

1. Ketahui dengan Baik Perusahaan Tempat Kamu Magang


Jangan magang di perusahaan yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Selalu cari informasi yang lengkap mengenai tempat magang yang akan kamu pilih agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa perusahaan mungkin akan menerapkan disiplin dan budaya kerja yang ketat.

Kamu harus bekerja keras dan membiasakan diri dengan semua hal tersebut. Sulit? Mungkin saja. Untuk itu, kamu harus mengenal dengan baik terlebih dahulu perusahaan yang akan dimasuki nanti saat magang.

2. Berusaha untuk Disiplin dan Menjaga Etika selama Magang


Meski hanya seorang anak magang, bukan berarti kamu bisa bersikap seenaknya dan tidak mematuhi semua aturan perusahaan. Sangat penting untuk selalu disiplin dan menjaga etika selama magang di perusahaan. Bahkan, lebih daripada karyawan tetap lainnya di sana.

Jangan pernah melupakan disiplin mendasar. Sebab ini dapat membuat reputasi kamu di tempat magang menjadi sangat buruk. Misalnya, datang terlambat dan tidak menyelesaikan tugas Anda dengan baik.

3. Jalin Komunikasi yang Baik selama Magang


Mulailah menjalin komunikasi yang baik selama magang. Hubungan yang baik sejak awal akan sangat membantu kamu untuk bertanya-tanya soal tugas atau ketika berada dalam kesulitan. Jika merasa nyaman dengan kondisi lingkungan kerja perusahaan, kamu dapat bekerja dengan lebih baik dan maksimal.

4. Sesuaikan Diri dengan Budaya Perusahaan


Bagaimanapun penampilan kamu selama ini, pastikan telah menyesuaikannya dengan budaya yang berlaku di perusahaan tempat kamu magang. Jangan sampai datang dengan pakaian kasual, sedangkan kamu bekerja di perusahaan yang mengharuskan karyawannya berpakaian formal.

Hal-hal seperti ini sangat penting. Sebab akan memengaruhi kenyamanan dan perhatian para karyawan lainnya di sana. Bukan hanya penampilan, cara kamu bersikap harus diperhatikan. Jangan sampai berulah dan bertingkah sehingga dapat mengganggu kenyamanan karyawan lainnya di sana.

5. Jangan Malu untuk Meminta Saran dan Arahan


Selama magang, kamu akan membutuhkan saran dan arahan dari supervisor atau staf yang ada di sana. Bila sewaktu-waktu membutuhkan saran ataupun arahan dalam menjalankan tugas, kamu tidak perlu sungkan untuk bertanya. Bertanya sejak awal akan jauh lebih baik daripada kamu mengerjakan sesuatu yang tidak dipahami.

6. Selesaikan Kewajiban Tepat Waktu dan Maksimal


Jangan menunda-nunda pekerjaan, bahkan meski supervisor tidak mengawasi kamu dan memberi kebebasan penuh untuk menyelesaikannya. Kamu tetap harus disiplin dan menyelesaikan berbagai tugas-tugas itu dengan baik dan tepat waktu sehingga semua tanggung jawab dapat selesai dengan maksimal. Kalau selalu bersikap seperti ini, tugas kamu tidak menumpuk nantinya.

7. Buktikan bahwa Kamu Layak Dipertimbangkan


Lakukanlah kewajiban dengan sebaik-baiknya. Buktikan bahwa kamu layak dipertimbangkan untuk kemudian hari menjadi karyawan di tempat kamu magang. Hal ini tidak ada salahnya. Selama kamu melakukannya dengan cara yang benar dan porsi yang tepat.

8. Walaupun Magang Selesai, Tetaplah Berhubungan Baik

Selalu bersikap baik selama masa magang dan tetaplah berhubungan baik setelahnya. Ini akan membuat kamu tetap terhubung dengan mereka dan bisa kembali bekerja sebagai karyawan bila sewaktu-waktu ada kesempatan.

Persiapkan Diri dengan Baik Sejak Awal

Meskipun hanya menjalani magang, kamu tetap harus menganggap ini sebagai hal yang serius dan wajib dilakukan sebaik mungkin. Upayakanlah untuk selalu disiplin dan bersikap baik selama magang sehingga kamu bisa nyaman saat menjalani magang. Persiapkan diri dengan baik sejak awal agar masa magang berjalan baik dan memberi hasil yang maksimal.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: