Tips Waspadai Cuaca Ekstrem saat Liburan Akhir Tahun - Akhir tahun memang waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk berlibur. Namun di samping gejolak hasrat yang kadung liburan, siapkan diri dengan segala persiapan akan kondisi cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini. Tidak hanya liburan, rencana keluar rumah untuk sekadar bepergian saja bisa terganggu karena cuaca nan tak menentu.
Tips Waspadai Cuaca Ekstrem saat Liburan Akhir Tahun
Tips Waspadai Cuaca Ekstrem saat Liburan Akhir Tahun 

Kondisi cuaca akhir-akhir ini memang sangat tidak kondusif. Cuaca ekstrem ini dipicu oleh siklon cempaka dan dahlia, siklon tropis yang terjadi di penghujung November. Tak heran akhir-akhir ini curah hujan sangat kencang disertai angin kencang di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu buktinya adalah banjir yang menggenang di ibukota belakangan ini. Belum lagi, gempa yang baru-baru ini terjadi di Tasikmalaya, membuat niat liburan Anda gusar.

Lalu bagaimana bagi Anda yang sudah jauh-jauh hari merencanakan liburan. Lantas apakah liburan tadi harus dibatalkan? Apalagi yang berencana melipir ke pantai? Tentunya ombak pantai sedang buas-buasnya di kala musim penghujan ini. Untuk itu, jalani tips berikut agar hari tetap indah walau cuaca sedang tidak bersahabat.

Tips Bagi Pengendara Mobil

Bagi Anda yang kesehariannya mengandalkan kendaraan roda empat mungkin tidak terlalu khawatir akan cuaca hujan deras beserta angin kencang yang terjadi belakangan ini. Pasalnya, mereka merasa nyaman berada di dalam kabin tanpa takut badan dan baju kebasahan. Tak jarang mereka yang memakai mobil tidak harus menunggu hujan reda jika ingin pergi.

Namun dibalik semua kenyamanan itu, tetap harus ada sisi keamanan yang diperlukan demi keselamatan si pengemudi, penumpang, dan mobil. Apalagi kalau mobil tersebut belum memiliki asuransi kendaraan, cuaca ekstrem ini bisa saja menimbulkan risiko yang tak diinginkan dan membahayakan. Untuk itu, perhatikan hal berikut.


  1. Periksa kesehatan mobil sebelum bepergian
  2. Periksa wiper mobil, apakah masih bagus atau perlu diganti demi jarak pandang yang aman
  3. Selalu siapkan payung di dalam mobil
  4. Bawa jas hujan juga tidak apa-apa
  5. Siapkan baju ganti di dalam mobil apabila kehujanan
  6. Siapkan handuk kecil dan tisu untuk melap yang basah
  7. Hindari jalan yang berpotensi banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya
  8. Jika menemukan jalan banjir segera cari rute lain
  9. Hindari memarkir kendaraan di bawah pohon
  10. Jangan ngebut di jalan raya


Tips Bagi Pengendara Motor

Berbeda dengan pengendara mobil, pengendara kendaraan roda dua akan berpikir dua kali untuk keluar rumah saat cuaca sedang tak menentu. Mereka khawatir akan kebasahan karena hujan akan langsung menerjang tubuh pengendara motor. Tak jarang para pengendara motor membatalkan jadwal keluar mereka atau beralih ke transportasi umum demi keselamatan.

Untuk urusan bahaya, sebenarnya sama saja dengan pengendara mobil. Mengendarai motor untuk bepergian di saat cuaca tak menentu pun ada bahayanya, bahkan lebih. Untuk itu, perhatikan hal berikut sebelum memutuskan untuk bepergian dengan sepeda motor.


  1. Periksa kelengkapan dan kesehatan sepeda motor
  2. Periksa apakah ban sudah botak atau belum
  3. Selalu bawa jas hujan
  4. Bawa uang lebih
  5. Siapkan plastik untuk menyimpan ponsel dan dompet ketika hujan
  6. Jangan kebut-kebutan di jalan raya
  7. Hindari penggunaan ban ukuran kecil karena jalan yang licin
  8. Berteduhlah jika dirasa hujan dan angin cukup kencang
  9. Hindari berteduh di bawah pohon, lebih baik di teras suatu bangunan atau semacamnya
  10. Hindari banjir atau genangan air tinggi, air yang masuk ke knalpot motor akan membuat motor mogok

Tips Bagi Pejalan Kaki


Walaupun tidak membawa kendaraan dan tidak usah memikirkan keselamatan kendaraan, pejalan kaki juga harus waspada saat cuaca tak menentu begini. Sudah tentu para pejalan kaki ini tidak semuanya berjalan kaki dari rumah ke tempat tujuan. Ada sebagian dari mereka yang nantinya menggunakan kendaraan umum di sela-sela perjalanan mereka.

Maka tak heran, keselamatan pejalan kaki perlu diperhatikan. Apalagi dalam cuaca ekstrem seperti ini, penyakit bisa saja dengan mudah menyerang jika tidak ada perlindungan. Terlebih daya tahan tubuh tentunya akan menurun saat menghadapi cuaca ekstrem. Kondisi badan harus fit benar kalau sudah begini. Selain itu, perhatikan juga hal-hal berikut.


  1. Lihat ramalan cuaca sebelum bepergian
  2. Sedia payung sebelum hujan
  3. Bawa tas yang tahan air
  4. Gunakan alas kaki yang tidak licin
  5. Selalu kenakan jaket atau sweeter
  6. Hindari jalanan becek
  7. Konsumsi multivitamin
  8. Jangan berteduh di bawah pohon atau tiang listrik
  9. Tidak memainkan gadget saat hujan lebat disertai dengan petir
  10. Selalu bawa baju ganti
  11. Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Lengkapi Perjalanan dengan Asuransi Perjalanan

Ini penting bagi Anda yang bermaksud untuk liburan atau bepergian dalam jarak cukup jauh. Di cuaca ekstrem yang tidak bisa diprediksi, risiko apa saja bisa terjadi selama perjalanan. Untuk itu, selain memperhatikan keselamatan selama perjalanan, lengkapi juga diri dengan asuransi perjalanan untuk menyempurnakannya.

Banyak keuntungan yang bisa didapatan dengan menggunakan asuransi perjalanan. Selain memberikan ganti rugi atas risiko yang terjadi pada traveller, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan terhadap barang bawaan traveller. Misalnya, barang bawaan hilang atau rusak, pihak perusahaan asuransi akan menggantinya.

Selain itu, rumah yang ditinggalkan selama bepergian pun bisa dilindungi oleh asuransi perjalanan. Misalnya, rumah kebakaran atau terendam banjir selama Anda liburan. Pihak asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan polis yang tertuang pada awal perjanjian.

Berdoa Sebelum Bepergian

Bencana alam memang tidak ada yang bisa memprediksi kapan waktunya datang. Sebagai makhluk yang memiliki Tuhan, sebaiknya kita meminta perlindungan dari-Nya atas musibah yang berkemungkinan terjadi. Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk berdoa sebelum melangkahkan kaki ke luar rumah.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: