4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat - Memiliki anak yang sulit makan, Anda tentu sering bingung untuk mencari cara mengatasi hal ini. Di masa pertumbuhannya si kecil akan membutuhkan asupan gizi yang seimbang, agar kelak bisa bertumbuh dengan optimal. Namun jika ternyata si kecil tidak begitu menyukai berbagai makanan sehat, maka hal ini akan menjadi pekerjaan yang rumit, bukan?

Makanan yang menarik dan enak, kerap menjadi pilihan anak-anak. Hal ini tentu tidak selalu baik, mengingat berbagai makanan enak ini bisa saja tidak sehat dan memenuhi standar gizi yang baik bagi anak.

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan dari luar, maka bukan tidak mungkin anak akan terbiasa dan justru sulit untuk menyantap makanan sehat yang baik bagi pertumbuhannya. Hindari kondisi seperti ini sejak awal, agar anak bisa dengan mudah menyukai berbagai makanan sehat yang Anda sajikan. Tidak sulit, Anda bisa saja melakukan hal ini dengan beberapa langkah yang mudah.

Simak 4 cara berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan anak mengkonsumsi makanan rumahan yang sehat:

1. Biasakan Sejak Dini


Memberikan makanan sehat kepada anak, akan sangat tepat jika dimulai sejak dini. Di usia 6 bulan bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan tambahan sebagai pelengkap ASI, dan bisa menjadikan momen ini sebagai awal yang tepat untuk membiasakan si kecil dengan makanan sehat.

Pastikan mengolah sendiri makanan anak, bahkan sejak mereka bayi. Hal ini akan menjamin kebersihan dan juga kecukupan nilai gizi di dalam makanan tersebut. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan lebih leluasa dalam memilih dan memberikan bahan-bahan makanan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Hal seperti ini tentu tidak bisa Anda lakukan saat memberikan makanan instan, bukan?

2. Olah Sendiri dan Jadikan Kebiasaan yang Menyenangkan


Penting untuk memastikan bahwa si kecil mengkonsumsi semua makanan yang dibutuhkannya dalam pertumbuhannya. Hal ini tentu bisa Anda lakukan, jika mengolah sendiri makanan si kecil dan tidak membelinya dari luar. Biasakan anak memakan makanan yang Anda siapkan, sehingga hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan baginya.

Agar si kecil lebih mudah makan, jangan lupa untuk menanyakan makanan apa yang ingin dia santap hari ini, sehingga bisa menyiapkan sesuatu yang sesuai dengan seleranya. Atau, bisa juga mengajaknya “berdiskusi” mengenai menu makanan yang diinginkannya, agar si kecil lebih mudah makan makanan sehat rumahan olahan.

3. Siapkan Minuman dan Camilan Sehat


Sebagaimana anak lainnya, si kecil juga tentu senang dengan berbagai minuman dan juga camilan yang lezat. Tak perlu khawatir dengan hal ini, sebab bisa saja menyiapkan sendiri berbagai minuman dan camilan sehat untuk si kecil.

Anda tinggal cari resep sehat di internet atau melakukan eksperimen sendiri di dapur, sehingga minuman dan juga camilan sehat yang Anda sajikan menarik dan disukai oleh si kecil. Gunakan hanya bahan-bahan makanan terbaik dan sehat, sehingga kandungan gizinya tetap lengkap dan baik untuk si kecil. Hal ini tidak akan terasa sulit, terutama jika memang senang bereksperimen dan menghasilkan berbagai menu makanan baru di rumah.

4. Beri Kejutan dan Tampilan Menarik


Sayuran dan buah merupakan dua bahan makanan yang sehat dan baik bagi si kecil, meskipun pada kenyataannya sering tidak disukai. Cobalah untuk membuat tampilan makanan yang menarik, termasuk menghias makanan tersebut dengan tambahan sayuran dan buah-buahan ini.

Agar lebih menarik dan disukai, jangan lupa gunakan kemasan yang lucu dan unik, sehingga si kecil lebih mudah suka dan tertarik dengan makanan sehat yang Anda sajikan untuknya.

Luangkan Waktu Khusus untuk Makanan Si Kecil

Memberi makanan anak kerap menjadi pekerjaan yang sulit, terutama jika ternyata si kecil tidak menyukai makanan sehat. Untuk hal ini, Anda perlu meluangkan waktu dan melakukan cara yang tepat sejak awal, agar si kecil terbiasa dan mudah memakan makanan sehat yang Anda sajikan. Berikan variasi dalam makanan sehat si kecil, sehingga terlihat menarik dan mudah disukai oleh anak.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: