4 Tips Psikologis untuk Menghindari Godaan Belanja Online - Aktivitas belanja menjadi momen yang “berat” bagi keuangan, di mana seringkali ada banyak godaan diskon dan juga sejumlah promo lainnya yang menggiurkan. Tak hanya toko konvensional, namun godaan ini juga banyak disebarkan oleh sejumlah toko online ternama.

Bukan hanya itu saja, berbagai penawaran menarik ini bahkan bisa saja datang dari kartu kredit atau bahkan kartu belanja yang kamu miliki. Jika tidak jeli, maka hal ini bisa saja membuat kebobolan dan membelanjakan lebih banyak uang di luar rencana keuangan yang kamu miliki.

Pada dasarnya, aktifitas belanja online yang kamu lakukan akan sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis. Hal ini bisa saja diatasi dengan cara yang tepat sejak awal.

Simak 4 tips psikologis berikut ini, yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi pemborosan akibat godaan belanja online:

1. Berpikir sebelum Membeli


Membeli berbagai barang dengan terburu-buru biasanya akan diakhiri dengan rasa penyesalan setelahnya. Bukan hanya terkait dengan sejumlah uang yang telah dikeluarkan untuk belanja tersebut, namun hal ini bisa saja semakin buruk jika ternyata barang tersebut tidak benar-benar kamu butuhkan.

Kondisi seperti ini seringkali terjadi, terutama ketika sedang belanja online. Tidak hanya itu saja, sebagian orang juga bisa saja membeli produk yang dibutuhkannya secara online, namun sekaligus membeli produk lainnya yang sebenarnya tidak diperlukan sama sekali. Kondisi di atas sangat mungkin terjadi pada setiap orang.

Hindari kesalahan di atas dengan cara meluangkan waktu terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu. Berpikirlah dengan santai dan nyaman, sehingga bisa benar-benar memahami apa saja yang kamu butuhkan dan perlu dibeli secara online. Hal ini bukan hanya akan menghemat biaya, namun juga bisa membuat kamu lebih bijak dalam mengambil keputusan.

2. Atasi Iklan dengan Cara yang Tepat


Menerima promo dan penawaran belanja terkini dari toko online favorit adalah hal yang menyenangkan. Selain bisa menghemat uang belanja, hal ini juga bisa membuat kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan nyaman.

Namun di lain sisi, hal yang satu ini justru bisa saja membuat lebih boros dan selalu memiliki keinginan belanja yang tinggi. Bukan tidak mungkin, berbagai diskon dan promo yang kamu baca di iklan ini, justru membuat lebih sering membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak begitu kamu butuhkan, bukan?

Hindari berbagai godaan iklan ini dengan tepat, yakni dengan berhenti berlangganan iklan tersebut melalui email atau bahkan ponselmu. Jika ternyata sulit untuk dilakukan, maka menghapus iklan yang muncul ini tanpa membacanya terlebih dahulu adalah cara yang tepat.

3. Cobalah untuk Lebih Percaya Diri


Rasa percaya diri juga berkaitan dengan keinginan belanja. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah, seringkali menjadi target penjualan yang baik bagi situs belanja online.

Situs-situs belanja ini bisa saja membuat orang merasa ingin membeli berbagai produk mereka, agar bisa menambah rasa percaya diri orang tersebut. Artinya, jika sejak awal telah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka godaan belanja seperti ini tidak akan menjadi masalah untukmu.

4. Kenali dan Ingat Apa Saja yang Telah Dimiliki


Belanja dan belanja lagi, hal ini bisa saja membuat tumpukan baju dan barang-barang lain rumahmu menjadi sangat banyak. Sementara, kamu tidak benar-benar membutuhkannya.

Pastikan mengingat dan menyadari apa saja barang yang telah dimiliki, sehingga tidak membelinya lagi di lain kesempatan. Selain menghemat uang, hal ini juga akan mencegah rumah berubah menjadi gudang yang dipenuhi barang-barang yang tidak pernah dipakai.

Pahami Kebutuhanmu dengan Baik

Godaan belanja online sering menjadi sesuatu yang sulit untuk dihindari, terutama bagi yang hobi belanja. Untuk mengatasi hal ini, pastikan benar-benar memahami dengan baik kebutuhanmu, sehingga tidak membeli berbagai barang yang tidak perlu. Selain itu, memiliki waktu sendiri dan juga aktifitas lainnya yang berguna, tentu akan efektif untuk terhindar dari godaan belanja.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: