5 Alasan Kenapa Banyak Orang Beralih ke Belanja Online - Tak bisa dipungkiri, saat ini gaya belanja masyarakat Indonesia mulai beralih. Dari bertransaksi secara konvensional, kini masyarakat kita lebih suka belanja melalui online. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto juga ikut mengakui bahwa fenomena belanja online sedang terjadi di Indonesia, dan salah satu faktornya adalah pertumbuhan e-commerce yang juga semakin pesat.

Dengan pertumbuhan tersebut, Bank Indonesia memperkirakan ada 24,7 juta orang yang berbelanja online. Nilai transaksi e-commerce diprediksi mencapai Rp 144 triliun pada 2018 ini.  Tingginya minat masyarakat untuk berbelanja lewat internet memang dipicu oleh kemajuan teknologi. Namun tak hanya itu, belanja online juga makin diminati karena menguntungkan pelakunya dari segi finansial.

Apa saja sih yang membuat banyak orang semakin beralih ke belanja online? Berikut alasannya.

1. Hemat waktu dan tenaga

Lalu lintas yang kian macet membuat semua orang harus melalui perjuangan berat untuk berpindah tempat. Tak heran jika belanja online kini dijadikan pilihan oleh mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk belanja di pusat perbelanjaan. Tanpa perlu repot melewati kemacetan untuk sampai di suatu pusat perbelanjaan, kamu bisa memperoleh barang yang diinginkan hanya dengan mengakses internet melalui smartphone kesayangan.

Kamu juga tak perlu mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, mengantre di kasir, hingga menenteng banyak barang di pusat perbelanjaan. Dengan belanja online, kamu bisa melihat-lihat barang, hingga bertransaksi kapan saja dimana saja, baik itu di kantor, di rumah, atau di dalam perjalanan sekalipun. Setelah itu, barang yang dibeli diantar langsung ke alamatmu. Hemat waktu dan tenaga kan?

2. Tersedia banyak promo

Menjamurnya e-commerce membuat pelaku toko online memberikan banyak promo untuk menarik pelanggan. Beragam promo yang ditawarkan berbagai tempat belanja inilah yang membuat banyak orang menggandrungi bertransaksi di dunia maya. Jenis promo yang ditawarkan oleh pelaku bisnis online juga beragam, mulai dari berupa potongan harga, poin reward yang bisa ditukarkan, hingga voucher belanja.

Belanja online akan jadi lebih hemat apabila kamu pandai memaksimalkan kartu kredit. Sebab, selalu ada promo, point rewards, hingga cicilan 0% yang bisa membuat belanja online menjadi lebih hemat. Tak perlu khawatir bila kamu belum punya kartu kredit. Melalui Cermati.com, kamu bisa membandingkan, memilih dan ajukan kartu kredit terbaik secara online, dan proses pengajuan yang cepat dan aman. Jadi, next shopping, pengeluaran kamu dijamin bisa lebih hemat.

3. Lebih banyak pilihan pembayaran

Seperti yang telah disebutkan di atas, banyak pelaku bisnis online yang bekerja sama dengan bank dan lembaga multifinansial sebagai partner pembayaran. Hal inilah yang membuat banyak toko online atau e-commerce yang menyediakan layanan cicilan, baik dengan kartu kredit, atau cicilan tanpa kartu kredit. Tanpa harus mengeluarkan dana besar, kamu bisa membeli barang yang diinginkan dengan mengangsurnya.

4. Punya varian barang yang lebih lengkap

Kamu pernah mendatangi sebuah pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu, tapi pulang dengan tangan kosong karena barang yang dicari tidak ada? Toko konvensional memang seringkali tidak selengkap toko online. Karena pelaku bisnis online datang dari seluruh Indonesia, bahkan penjuru dunia, kamu bisa mencari barang darimana saja, hingga mancanegara sekalipun.

5. Bisa membandingkan harga barang

Jika kamu berbelanja produk yang diinginkan di toko konvensional, tentu akan sulit untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Lain halnya dengan di toko online, kamu tinggal membuka beberapa toko online sekaligus, mencari barang yang mau dibeli, lalu bandingkan harganya satu per satu. Mau cara yang lebih mudah lagi? Saat ini banyak situs pembanding e-commerce. Bukan hanya dari segi harga jual, tapi kamu juga bisa bandingkan promo yang sedang berlangsung di masing-masing e-commerce, sehingga mendapat penawaran terbaik.

Tip aman saat belanja online

Belanja di situs dan toko terpecaya

Banyaknya kehadiran toko online saat ini membuat beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindak kejahatan. Untuk terhindar dari oknum-oknum tersebut, mulai saat ini biasakan diri untuk berbelanja di situs online resmi. Situs yang resmi biasanya mempunyai rekening atas nama perusahaan, media sosial yang aktif, dan call center yang bisa dihubungi. Sedangkan untuk toko online yang tergabung dalam marketplace, pilihlah toko dengan ulasan dan nilai yang baik.

Gunakan pembayaran yang aman

Gunakan pembayaran yang dijamin aman, misalnya dengan cash on delivery, atau kredit tanpa kartu kredit melalui Kredivo. Tidak semua penjual memfasilitasi metode pembayaran CoD, sehingga kamu bisa gunakan Kredivo sebagai pengganti CoD. Sebab  dengan Kredivo, kamu bahkan bisa melihat kondisi barang terlebih dahulu sebelum membayar barang tersebut. Jika kondisinya tidak sesuai dengan spesifikasi yang dijelaskan penjual, kamu bisa menukar barang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama penjual tanpa mengeluarkan uang sepeser pun sebelumnya.

Selain aman, melakukan pembayaran dengan Kredivo juga membuat kamu lebih ringan saat membayar. Sebab, bunga cicilan di Kredivo hanya 2,95% per bulan, bahkan lebih ringan hingga dibandingkan perusahaan kredit sejenis. Masa cicilannya juga beragam mulai dari 3, 6, dan 12 bulan, sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih waktu cicilan sesuai kemampuanmu. Menariknya lagi, kamu tak perlu membayar sepeser pun uang muka untuk transaksi ini.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: