5 Tips Ampuh Tampil Percaya Diri di Tengah Lingkungan Kerja - Di lingkungan kerja yang penuh tantangan membutuhkan mental dan kepercayaan diri yang tinggi agar tidak merasa minder dan gampang tertekan. Baik karena tekanan pekerjaan maupun tekanan lingkungan kerja.
5 Tips Ampuh Tampil Percaya Diri di Tengah Lingkungan Kerja
5 Tips Ampuh Tampil Percaya Diri di Tengah Lingkungan Kerja

Jika perasaan minder kerap melanda, ini bisa sangat berbahaya dalam karier dan pekerjaan. Namun bukan hal yang mudah membangun rasa percaya diri yang memang sudah menurun. Tetapi bukan berarti tak mungkin mengembalikannya lagi, agar tak terpuruk dalam rasa minder berlebihan. Simak tips jitu berikut agar jadi lebih percaya diri.

1. Perlihatkan Kemampuan yang Dimiliki

Kelemahan yang dimiliki terkadang membuat seseorang terlalu takut untuk mengembangkan diri dan ragu memperlihatkan kemampuannya ketika berada di lingkungan kerja. Ini tentu kurang baik untuk perkembangan karier Anda di masa depan.

Perlu Anda ingat jika semua orang punya kekurangannya masing-masing, sehingga jangan terlalu fokus pada kelemahan tapi tak berbuat apa-apa untuk mengubahnya. Akan lebih baik jika Anda mulai mengembangkan kelebihan yang dimiliki untuk menutupi kekurangan yang ada.

Jadi jangan buru-buru minder dulu jika ada rekan kerja yang meremehkan kemampuan Anda, buktikan dengan kerja nyata.

2. Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan

Jika Anda selalu berada di zona nyaman, kapan karier akan meningkat? Lakukan hal-hal baru seperti mengikuti workshop atau seminar yang dapat memacu kreativitas sebagai seorang pekerja. Lalu kembangkan dalam lingkungan kerja dengan begitu rasa percaya diri akan meningkat seiring waktu.

Selalu perbanyak informasi dan pengetahuan yang berguna untuk mendukung karier jadi lebih baik, jangan pernah lelah untuk belajar terutama dari semua rekan kerja.

3. Jangan Selalu Bersikap Pesimis

Jika ingin membangun rasa percaya diri, maka jangan selalu merendahkan diri dengan selalu mengatakan hal-hal pesimis. Ada baiknya ubah pemikiran negatif yang selama ini muncul dalam benak Anda tersebut mulai dari sekarang.

Alih-alih selalu menolak ketika diberi tugas karena merasa tak mampu, cobalah cari solusi atau jalan keluar lain yang lebih baik. Tetapi bila Anda menerima tugas tersebut dan ternyata mampu menyelesaikannya dengan baik, ini bisa jadi batu loncatan yang luar biasa.

Pesimis seharusnya bukan sikap seorang pekerja karier, karena bisa menghambat kinerja yang seharusnya bisa semakin maksimal. Coba tantang diri sendiri untuk bekerja di atas kemampuan, jika ada kesalahan jangan malu bertanya. Yang penting selalu tunjukan usaha untuk lebih baik dan jangan pernah berpangku tangan.

4. Gunakan Keberhasilan Sebagai Motivasi

Pernah melakukan pekerjaan dan sukses hingga membuat atasan tersenyum bangga pasti akan menjadi kenangan tersendiri yang tak akan terlupakan. Nah, ingat-ingat memori yang membanggakan tersebut dan jadikan sebagai pemacu semangat untuk melakukan pekerjaan lebih maksimal.

Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan bekerja secara maksimal serta fokus pada tujuan tanpa pamrih. Karena pengakuan akan Anda dapatkan sebagai bonus kinerja yang akan meningkatkan rasa percaya diri di tengah linkungan kerja.

5. Akui Kekurangan dan Lakukan Perbaikan

Siapa yang tak pernah merasa minder dan insecure ketika berada di lingkungan kerja, hal ini pun bahkan pernah dirasakan juga oleh orang-orang yang lebih dulu sukses. Tetapi hal tersebut tak lantas membuat mereka terpuruk dan gagal. Mereka mengolah perasaan tersebut sebagai motivasi untuk berkembang jadi lebih baik lagi dari hari ke hari hingga sukses berada di tangan.

Ketika mendapatkan kritikan pedas tentang kinerja Anda, jangan langsung down. Tetapi saring makna kata-kata dari kritikan tersebut lalu gunakan sebagai pemacu semangat kerja. Setiap orang punya sisi positif dan negatif, jadi Anda tak akan mungkin menjadi sempurna tanpa cela.

Jangan terlalu diambil pusing apa yang orang lain bicarakan tentang Anda, yang penting tunjukan kinerja yang maksimal. Peduli dengan komentar rekan kerja boleh dan memang harus tetapi jadikan sebagai motivasi dan semangat kerja lebih baik bukan justru jadi minder dan tak percaya diri.

Bangun Percaya Diri, Kunci Keberhasilan

Di lingkungan kerja manapun Anda berada, atau bekerja sebagai apa pun rasa percaya diri perlu dipupuk dan ditingkatkan demi mendukung keberhasilan dalam bekerja. Percaya diri bukan berarti sombong dan menganggap diri sendiri yang paling sempurna. Tetapi percaya pada kemampuan diri sendiri dengan tidak mengabaikan kritik maupun saran yang positif dari siapapun.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: